Tips dan Trik Menulis

Source: unsplash.com

Tips dan Trik Menulis

Oleh : Puji Astuti

Hai Miks,

Apa kabar semuanya, di rumah memang membuat kita jenuh ya, ingin melakukan kegitan bermanfaat hanya dengan di rumah saja ternyata bisa lho. Kita bisa mulai dengan menulis, namun ada kalanya terkadang sebagai penulis pemula ada rasa bingung dan tidak percaya diri saat ingin menulis, itu hal yang wajar tentunya, nah kali ini saya akan mencoba mengshare tips menulis agar pembaca sekalian tidak bingung dalam membuat tulisan. Berikut tipsnya :
1. Buatlah tema terkebih dahulu (apa yang ingin di tulis), ini penting ya karena jika kita tidak tahu apa yang akan kita tulis, justru akan semakin membuat bingung, dengan kita memilih tema kita jadi kebih fokus dan nantinya tidak akan lompat kemana-mana.
2. Kemudian buatlah kerangka tulisan, ini akan memudahkan dalam menulis nantinya, kerangka ini biasa terdiri dari awalan (pembukaan), isi, akhiran (penutup). Awalan di sini bebas bisa dengan gaya santai atau yang lebih formal, tergantung apa yang akan kita tulis, untuk isi usahakan sesuai tema dan tidak melenceng, sehingga yang membacapun akan senang dan tidak bingung, jangan lupa untuk tidak menyingkat kata, dan biasakan mengecek tulisan agar tidak ada typo selain itu bisa mengecek KBBI agar tulisan sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang benar dan untuk penutup kita bisa menyertakan bahasa yang sederhana dan sampaikan harapan agar tulisan kita dapat berguna bagi orang lain.
3. Ada baiknya mencari referensi bisa membaca buku atau mencari informasi di internet. Ini dapat membantu penulis agar tulisannya lebih apik.
4. Tulislah tulisan yang bermanfaat bisa pendapat, saran, atau sekedar curhatan, namun tetap gunakan bahasa yang baik dan sopan tentunya.
5. Jangan menjadikan menulis sebagai beban, jadikanlah menulis sebagai hiburan atau sekedar melepas penat. Sehingga kita bisa lebih rileks dalam membuat tulisan.
6. Bagi yang mempunyai balita, usahakan menulis saat anak bisa diajak kompromi, misal saat mereka tidur agar konsentrasi kita saat menulis tidak bercabang.
7. Jangan lupa berdoa sebelum menulis agar, pikiran fokus dan mendapat keberkahan.
Itu tadi beberapa tips yang dapat pembaca lakukan untuk memulai menulis ya. Jangan ragu untuk mencoba ya, karena jika kita tidak mencoba kita tidak akan tahu di mana letak kesalahan kita. Semoga tips yang saya bagikan dapat membantu pembaca sekalian.

#challenge makmood publishing day 1

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like