Tips Menulis yang Menarik dan Berkualitas

Source: Unsplash.com

 

Tips Menulis yang Menarik dan Berkualitas

By : Rika NH

Hai Miks!

Bagi sebagian orang, membuat tulisan hingga menjadi sebuah artikel atau naskah sangatlah mudah. Akan tetapi bagi sebagian orang lagi, menulis adalah pekerjaan yang sangat sulit dan memerlukan energi dan pikiran yang luar biasa.

Tidak hanya bagi penulis saja, saat ini keterampilan menulis sudah dibutuhkan oleh banyak orang.  Apalagi di era digital, ketrampilan menulis mutlak diperlukan. Apalagi dalam situasi pandemic seperti ini, semua bidang harus bergerak secara digital. Otomatis ketrampilan menulis semakin penting dikuasai.

Tetapi terkadang, memulai menulis tidaklah mudah. Apalagi bila harus menulis yang bagus dan berkualitas. Banyak kendala yang menyebabkan seseorang tidak kunjung menyelesaikan tulisannya.  Mulai dari kurangnya pengetahuan, mood yang tidak bagus

Tips agar kita bisa menghasilkan tulisan yang menarik

1.      Jangan Takut Salah

Sering kita khawatir dan takut salah dalam menulis, sehingga ide-ide yang sudah ada dalam pikiran kita tak kunjung tertuang dalam tulisan. Jangan takut salah dalam menulis, tuangkan saja sesuai apa yang kamu ketahui dan pikirkan.

 

2.      Menulis Sesuai Kata Hati

Menulislah seperti air mengalir, apa yang ada di hati itu yang kamu tuliskan. Niatkan tuliskan untuk kebaikan dan manfaat untuk orang lain.

 

3.      Kumpulkan Ide-ide Berdasarkan Pengalaman atau Yang Kita Lihat

Sejenak tuliskanlah ide-ide yang tiba-tiba datang dari pengalaman kamu, dari apa yang sedang kamu lihat atau dari apa yang sedang viral di dunia maya. Biasakan membawa buku kecil atau notes, untuk mencatat ide-ide yang tiba-tiba hadir.

4.      Mulailah Menulis dari Hal yang Paling Dipahami.

Setelah mengumpulkan ide, pilihlah yang paling kamu kuasai ya Miks! Coba gali pengetahuanmu tentang ide yang akan kamu tulis tersebut dan langsung tuliskan tanpa berhenti.

 

5.      Bayangkan Seolah-olah Sedang Menulis Diari atau Sedang Bercerita.

Agar tulisanmu lancar mengalir, bayangkan bahwa kamu sedang menuangkan ke dalam buku diari. Atau bayangkan bahwa kamu sedang bercerita kepada sahabatmu.

 

6.      Niatkan Menulis untuk Bermanfaat Bagi Orang Lain.

Menulislah tentang sesuatu yang menurutmu dibutuhkan oleh orang banyak. Apabila membaca tulisanmu, orang akan merasakan manfaatnya dan terbantu dengan ilmu yang didapat dari tulisanmu

 

7.      Banyak Membaca dan Belajar untuk Memudahkan dan Menghasilkan Tulisan yang Berkualitas.

Rajin membaca dan belajar dari buku, dan tulisan-tulisan lain yang bermanfaat untuk memperkaya wawasasan dan menghasilkan tulisan yang bagus dan berkualitas.

 

8.      Mulailah Menulis!

Kapan lagi menjadi tulisan kalau tidak segera dimulai. Mulailah menulis sekarang juga, ikutilah kata hatimu dan tuangkan pengetahuanmu menjadi tulisan yang menarik dan berkualitas.

 

Nah, Miks, sudah paham ya step by stepnya memulai menulis? Setelah paham, yuk kita mulai praktek menulis. Jangan merasa ragu dan takut salah ya. Kapan lagi kalau tidak sekarang kita menulisnya?

Tantangan Makmood Publishing Hari ke – 1
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like