5 Kiat Jitu agar Anak Nyaman di Hari Pertama Sekolah

Source: pexels.com

Hai, Miks!

            Hari pertama sekolah merupakan pengalaman mengasikkan sekaligus menegangkan bagi anak-anak yang baru menginjakkan kaki di bangku sekolah. Bagi orang tua yang baru pertama kali melepas buah hati ke sekolah juga merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Ada anak yang mampu menyesuaikan dengan lingkungan baru dengan cepat namun ada juga yang lambat menyesuaikan, tidak mau ditinggal, bahkan sampai mogok sekolah.

         Untuk mengatasi anak merasa nyaman di sekolah saat hari pertama, ada lima kiat jitu yang wajib Anda perhatikan, antara lain :

 

  • 1. Perkenalkan Anak Kepada Guru

 

Memperkenalkan anak kepada guru cukup membuat anak merasa percaya diri dan nyaman berada di sekolah dengan teman-teman dan lingkungan yang serba baru. Dia merasa ada guru yang akan melindunginya. Guru perlu diberi tahu jika anak Anda mempunyai kekurangan atau misalnya agak susah beradaptasi. Anda juga jangan memberikan kesan guru itu galak, apa yang diajarkan harus dituruti sehingga anak akan takut kepada guru. Berikan pengertian kalau guru adalah pengganti orang tua saat di sekolah. Kesan baik terhadap guru yang Anda ceritakan akan membuat hati anak tenang dan akhirnya merasa nyaman.

 

  • 2. Cara Mendapatkan Teman Baru

 

Ada anak yang sulit mendapatkan teman baru karena tidak suka bermain dengan banyak teman atau lama beradaptasi dengan teman baru. Jangan ajari anak untuk memilih akrab dengan salah satu teman barunya pilihan Anda. Biarkan anak bebas berkenalan, memilih teman barunya sesuai dengan kehendaknya, hingga merasa akrab. Berikan pengertian saja, bahwa berteman itu bisa dengan siapa saja karena semua teman itu baik.

 

  • 3. Tempat Duduk

 

Tempat duduk atau bangku sekolah bisa jadi penyebab anak merasa tidak nyaman di sekolah dan akhirnya enggan bahkan mogok sekolah. Seperti memilih teman baru, memilih tempat duduk pun berikan kepada anak sepenuhnya. Anda tidak perlu risau jika anak tidak mau duduk di bangku terdepan. Tidak semua anak yang duduk di belakang akan bodoh karena tidak fokus dan tidak memperhatika saat guru mengajar. Anak pintar belum tentu yang selalu duduk di depan, maka biarkan anak memilih tempat duduk sendiri yang dirasa paling nyaman.

 

  • 4.  Perlengkapan Sekolah

 

Perlengkapan sekolah juga menjadi salah satu faktor anak tidak nyaman. Bisa saja karena perbedaan fisik pensil, pulpen, atau tempat pensil yang berbeda dengan teman-temannya membuatnya murung dan tidak semangat di sekolah. Anda wajib memberikan pengertian pelan-pelan bahwa bagaimanapun bentuk alat tulisnya  tetapi secara  fungsi sama. Misalnya penghapus untuk menghapus, atau tempat pensil memang digunakan untuk menyimpan alat-alat tulis. Dengan demikian anak tidak meras minder atau resah karena perbedaan alat tulis dengan teman-temannya.

 

5. Hindari  Pergi tanpa Pamit

 

Pergi dari hadapan anak secara diam-diam dan tanpa pamit kepada anak bukanlah cara yang  tepat. Justru akan menimbulkan pertanyaan mengapa harus ditinggal secara diam-diam. Pergi dengan berpamitan yang baik dan meyakinkan bahwa anak akan baik-baik saja di sekolah, membuat anak tenang dan nyaman. Begitu juga jika Anda sudah mengucapkan salam perpisahan dan sampai jumpa saat pulang sekolah, segeralah pergi jangan berlama-lama. Jika sudah berpamitan tetapi Anda masih terlihat mengawasinya justru membuatnya ragu ada apa dengan sekolahnya. Berikan pelukan mesra atau tos saat akan meninggalkannya dan dengan senyum bahagia.

Itulah kelima kiat agar anak Anda tetap merasa bahagia dan nyaman di hari pertama sekolahnya. Selamat mencoba semoga berhasil.

#Day2

#TantanganMenulisMakMoodPublishing

#parenting

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like