Lakukan 4 Langkah Ini Agar Anak Gemar Membaca

Source: graduationsource.com

Halo Miks!

Senang ya, kalau anak-anak gemar membaca buku. Banyak anak-anak Indonesia yang kurang suka membaca buku. Mereka lebih suka bermain gawai. Tapi jangan khawatir, ada 4 langkah yang dapat dilakukan orang tua agar anak juga suka membaca.

  1. Bacakan Cerita Sejak Anak Masih Bayi

Membacakan cerita adalah salah satu cara orang tua berkomunikasi dengan anak. Dengan membacakan cerita, orang tua bisa mengajarkan nilai-nilai penting pada anak. Mungkin Anda akan bertanya, apa gunanya membacakan cerita pada bayi? Bayi memang belum mengerti perkataan orang tuanya. Tapi saat orang tua membacakan cerita pada bayi, hal itu akan merangsang ketertarikan bayi  pada suara orang tuanya, juga akan melatih kemampuan pendengaran bayi. Dan yang tak kalah penting adalah, saat membacakan cerita pada anak/bayi, itu akan membentuk kelekatan dan kedekatan antara anak dengan orang tua.

  1. Kenalkan Buku pada Anak Sedini Mungkin

Langkah berikutnya adalah memperkenalkan buku pada anak sedini mungkin. Bila anak masih terlalu kecil dan Anda khawatir anak akan merusak buku, Anda bisa memberikan buku yang terbuat dari kain. Jangan lupa ya, tetap membacakan cerita pada buku tersebut. Ajak anak mengenali gambar  dan karakter yang ada dalam buku. Ucapkan kata-kata dengan jelas, supaya anak tahu bagaimana pengucapan kata yang benar. Mengenalkan buku pada anak akan membantu mengembangkan perbedaharaan kata anak. Sebaiknya anak usia 0-5 tahunsama sekali tidak diperbolehkan menggunakan gawai. Membacakan buku akan lebih bermanfaat karena akan merangsang kemampuan mendengar dan berbicara anak. Buat anak merasa senang membaca buku.

  1. Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah

Bila ada perpustakaan di sekolah anak, biasakan anak untuk meminjam buku secara rutin. Dengan adanya perpustakaan anak dapat meminjam dan membaca berbagai jenis buku. Bacakan buku secara rutin dan ajak anak untuk memilih sendiri buku yang disukainya. Ajarkan anak untuk menjaga dan merawat buku yang dipinjam, karena buku tersebut bukan milik anak. Dengan cara demikian orang tua juga mengajari anak menyayangi buku. Orang tua juga bisa mengajarkan tanggung jawab pada anak karena buku yang dipinjam harus dikembalikan tepat waktu.

  1. Berikan Tantangan pada Anak

Langkah terakhir adalah memberikan tantangan pada anak. Kalau anak belum bisa membaca, maka orang tua tetap membacakan cerita pada anak. Untuk tantangannya, orang tua bisa menghilangkan beberapa kata saat bercerita dan meminta anak untuk menebak kata-kata yang hilang. Bila anak sudah lancar berbicara, orang tua bisa meminta anak untuk menceritakan kembali cerita yang sudah dibaca dengan  bahasa anak sendiri. Saat anak sudah bisa membaca, biarkan anak yang membaca ceritanya sendiri, lalu diskusikan kata-kata yang belum dipahami anak. Apresiasi anak saat ia sudah bisa menceritakan cerita dengan kata-katanya sendiri.

Bila anak sudah dibiasakan berinteraksi dengan buku sejak kecil, dan merasakan manfaatnya membaca buku, maka saat anak menjadi dewasa ia akan tetap suka membaca. Ini perlu dilakukan orang tua sejak dini untuk menumbuhkan kecintaan anak pada buku dan kegiatan membaca buku.

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua agar anak gemar membaca. Semoga bermanfaat.

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-2

6 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like