Memupuk Kedekatan Ibu Dan Anak, Bagi Wanita Karier

Source: pexels.com

 

Halo, Miks!

Di zaman ini jarang sekali ditemui wanita yang hanya tinggal dirumah, berdiam diri serta mengurus suami dan anak saja, mereka kebanyakan memutuskan berkarier diluar rumah. Saat ini menjadi wanita karier adalah impian semua wanita. Karena dengan menjadi wanita karier mereka bisa mempunyai penghasilan yang luar biasa, serta melatih kemampuan dan kemandirian wanita itu sendiri. Sebagai wanita karier yang sudah mempunyai keluarga dan anak kadang mempunyai kendala dalam pembagian waktunya. Tidak jarang anak akan rewel, ketika si ibu lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja di luar rumah, dan menginginkan ibunya menemani dan menjaga mereka sepanjang waktu.

Beberapa hal yang harus dilakukan ibu pekerja untuk memupuk kedekatan dengan anak sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Komunikasi Dengan Anak

Meskipun ibu sibuk bekerja, disela sela kegiatan meluangkan waktu menelepon, mengajak anak berdiskusi tentang segala hal seperti masalah sekolah, hobby, kesehatan, kegemaran anak. Ibu harus paham apa yang diinginkan anak, meluangkan waktu mendengarkan mereka, sehingga meskipun ibu bekerja anak merasa tidak ditinggalkan karena ada kedekatan emosi diantara mereka. Dengan semakin intens berkomunikasi kedekatan keduanya semakin besar.

  1. Mengetahui Aktivitas Anak Baik Di Dalam Dan Luar Rumah

Ibu mengetahui jadwal kegiatan anak, baik di sekolah bisa berkonsultasi dengan ibu guru dan orang yang dipecaya menjaga anak di rumah. Memastikan anak aman, selalu dibawah pengawasan orang tua, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

  1. Menyiapkan Semua Keperluan Anak

Sebelum ibu beraktivitas di kantor ada baiknya menyiapkan semua keperluan anak terlebih dahulu mulai makan, pakaian, peralatan dan lain-lain. Dalam bekerjapun ibu merasa tenang karena tidak ada kendala apapun dengan buah hatinya.

  1. Travelling Bersama Keluarga

Di saat hari libur, orang tua menyempatkan diri untuk refresing melepaskan kepenatan dan mengajak anak bermain ke tempat yang disukai anak-anak seperti wisata kuliner, bioskop, ke pegunungan, pantai, musium, kebun binatang disamping menambah pengetahuan anak juga menambah kedekatan dan kebahagiaan bersama keluarga.

  1. Menemani Dan Membacakan Buku Cerita Sebelum Tidur

Sebelum tidur orangtua menemani akan menambah kedekatan dengan anak, ibu bisa menanyakan aktivitas anak seharian, sebelum mulai membacakan buku cerita. Dengan selalu membacakan cerita,  anak akan merekam memory   bagaimana orangtua mereka mengajarkan kebaikan melalui cerita, selalu diingat dan dikenang sampai mereka dewasa.

  1. Mencari Pengasuh Yang Bisa Dipercaya

Supaya ibu tenang ketika bekerja di kantor ada baiknya mencari pengasuh yang bisa dipercaya, lebih tepat jika masih ada hubungan saudara seperti kakek, nenek, tante sehingga anak akan lebih mudah beradaptasi diasuh oleh saudara mereka. Zaman sekarang pengasuh yang baik juga susah dicari, kalau melihat tayangan televisi melihat pengasuh yang tega menyiksa anak majikan akan menjadi trauma sendiri bagi ibu yang meninggalkan buah hatinya bersama orang lain.

  1. Dukung Minat dan Hobby Anak

Setiap anak mempunyai minat dan kesenangan yang berbeda, ada yang hobby olahraga, musik, melukis, menulis. Berikanlah dukungan supaya anak merasa diperhatikan, dan senang melakukan hobby mereka. Dengan dukungan orangtua, anak akan berprestasi di bidang yang dipilihnya.

  1. Peduli Kesehatan Anak

Di masa pandemi ini orangtua harus ekstra mengawasi kegiatan anak, karena sebagai orangtua tidak akan rela jika buah hatinya terpapar virus Covid-19. Selalu menjaga kebersihan rumah, memberikan makanan bergizi, vitamin, dan mengajari anak sering cuci tangan, supaya anak selalu sehat.

 

Miks, dengan selalu menjalin komunikasi, melakukan aktivitas bersama dan memperhatikan perkembangan anak disela kesibukan kerja, akan mengobati kesedihan karena harus ditinggal oleh ibu untuk bekerja. Ibu harus pandai membagi waktu antara karier, anak serta keluarga. Karena kebahagiaan keluarga diatas segalanya.Semoga bermanfaat.

 

Tantangan Makmood Publising hari ke-2

 

 

 

 

39 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like