Mengisi Hidup Dengan Indah Se-Indah Namanya

Foto: lintassulawesisite.wordpress.com

Mengisi Hidup Dengan Indah Se-Indah Namanya

 

Hallo, Miks!

Dibawah terik matahari yang bersinar dengan garangnya dijalanan yang penuh lumpur pekat, ada sesosok perempuan cantik mengendarai motor trail yang penuh beban dan sedang berusaha keras bertarung terlepas dari kubangan lumpur tersebut.  Peluh yang bercucuran diwajah cantik berbingakai kacamata nan modis, menjadi pemandangan unik tersendiri sehingga semakin menambah sisi maskulin tanpa meninggalkan keanggunannya. Sambil tetap duduk diatas jok motor trailnya, sosok cantik itu terus menerus berusaha dengan keras memajukan serta memundurkan motornya untuk dapat melalui jalanan itu. Dalam benaknya hanya ada satu tujuan, agar beban yang diatas motor berupa sembako dan lainnya dapat segera terdistribusikan untuk warga yang membutuhkan dan telah dengan sabar menunggu dipelosok sana.

Siapakah sosok perempuan cantik, anggun nan maskulin dan mempesona yang sedang berjuang dengan motor trail dijalanan berlumpur itu? Perempuan cantik itu bernama Hajah Indah Putri Indriani. S.Ip. M.SI., Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Sosok cantik berprestasi yang telah berusia 43 tahun ini juga seorang ibu dari dua orang anak.

Sebelum terjun ke kancah politik, sosok ibu dua anak ini lebih dikenal di kalangan akademis sebagai salah satu staf pengajar program Sarjana (S1), program ekstensi dan program pasca-sarjana Ilmu Politik FISIP UI.

Di samping itu, juga tercatat sebagai staf pengajar Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial pada dua universitas lain di Jakarta, Universitas Bung Karno dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Selain mengajar, nama Hj. Indah Putri Indriani.S.Ip.M.SI. juga pernah tercatat sebagai salah seorang Tenaga Ahli untuk Komisi II DPR RI Bidang Pemerintahan Dalam Negeri & Otonomi Daerah.

Sepak terjangnya sebagai Wakil Bupati Luwu Utara periode tahun 2010-2015 melalui program kerja  yang  diciptakan, telah berhasil dengan gemilang dimana program itu sendiri bersinergi dalam mengupayakan pemberdayaan masyarakat. Penerapan programnya yang bersinergi dalam mengupayakan pemberdayaan masyarakat, memakai  dua strategi. Pertama, pengembangan kapasitas yang membisakan peningkatan daya kritis masyarakat untuk secara aktif terlibat dalam proses penyusunan, pengawasan, dan pemberian solusi terkait implementasi kebijakan publik. Kedua, advokasi kebijakan yang mendorong terciptanya inovasi kebijakan dan peraturan untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat.

Selama berkecimpung didunia perpolitikan di Indonesia, perempuan cantik kelahiran 7 Februari 1977 ini sudah banyak menorehkan prestasi yang mumpuni dan tak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti sosok berbintang Aquarius ini terpilih kembali menjadi Bupati Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan untuk periode 2016-2021 dan selama kepemimpinannya banyak prestasi yang sudah diperolehnya.

Banyak penghargaan yang sudah diraih selama menjabat sebagai Wakil Bupati, hingga terpilih kembali sebagai Bupati Luwu hingga saat ini. Antara lain penghargaan perencanaan terbaik tingkat Sulawesi Selatan kategori inovasi bidang perencanaan, opini WTP oleh BPK bidang Keuangan.

Percepatan pelayanan akte kelahiran gratis bidang kependudukan, kabupaten layak anak tahun 2017. Juara satu pengelola sistem informasi kesehatan teladan se-Sulawesi Selatan bidang kesehatan, BKD Award sebagai pengelola kepegawaian terbaik Sulawesi Selatan tahun 2018 dan puluhan penghargaan lainnya.

Sebagai bupatipun, perempuan cantik ini dikenal sebagai pribadi yang mempunyai jiwa sosial sangat tinggi dan menjadi pemimpin yang menjunjung tinggi nilai toleransi terhadap warganya. Terbukti tanpa perlu sungkan sang Bupati yang berhijab ini, melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Gereja Jemaat Ebenhaezer Masamba, yang terletak di Kelurahan Bone, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan dan secara pribadi menyumbang 100 sak semen.

Untuk membantu peningkatan ekonomi didaerahnya, setiap panen raya para petani dibantu dengan memborong hasil panennya yang kemudian dibagikan secara gratis kepada warganya.

Bahkan tak segan turun tangan secara langsung ke masyarakat untuk membagikan Bansos secara merata hingga kepelosok-pelosok yang sulit dijangkau. Terlebih dimasa pandemic covid -19 ini, dengan mengendarai motor trailnya dan tanpa kenal lelah hampir selalu terjun langsung untuk mendistribusikan bantuan kepada yang membutuhkan hingga yang tempat terpencil sekalipun.

Maka tak heran, jika ibu dua anak ini sangat dicintai warganya. Bukan hanya cantik secara fisik tapi juga memiliki jiwa yang dermawan dan etos kerja yang ciamik. Nama Indah sangatlah sesuai untuk disematkan pada dirinya. Tidak hanya indah secara lahiriah tetapi juga indah dalam mengisi kehidupannya.

Banyak hal positif yang dapat dipetik dari sosok perempuan cantik Bupati Luwu ini, dan diterapkan dalam kehidupan kita. Yuk, simak hal positif apa yang dapat dipetik dari sosok bupati cantik ini, Miks.

  1. Pergunakanlah Fisik dan Kecerdasan Untuk Kebaikan

Dianugerahi fisik dan kecerdasan yang sempurna tidaklah cukup, jika tidak dipergunakan dan dimanfaatkan dengan baik sebagai sarana dalam menimba ilmu serta mengamalkannya dikehidupan kita untuk kebaikan.

  1. Isilah Hidup Dengan Prestasi yang Bermanfaat

Segala kesempurnaan yang ada, baik fisik maupun kecerdasaan pakai dan gunakanlah dengan mengisi kehidupan yang bermanfaat untuk banyak orang.

  1. Jadilah Sosok yang Rendah Hati dan Tidak Sombong

Tetaplah menjadi pribadi yang rendah hati dan tidak sombong, sekalipun sudah terkenal dan menyadang banyak prestasi. Sejatinya seperti filosofi padi, semakin tinggi semakin merunduk. Semakin berprestasi dan tinggi jabatan yang diraih, haruslah semakin berjiwa rendah hati dan tidak sombong. Karena semakin tinggi apa yang kita raih juga semakin kencang badai yang menghadang.

Sosok perempuan cantik Bupati Luwu adalah sosok Kartini masa kini, yang tahu bagaimana cara mengisi kehidupannya dengan baik untuk bermanfaat bagi banyak orang.

Paras cantik nan elok serta etos kerja yang ciamik, juga dilandasi dengan sifat dan sikap yang baik serta kecerdasan yang patut disejajarkan dengan kaum adam, maka yakinlah kehidupan perpolitikannya akan semakin gemilang dimasa mendatang.

Sejatinya kitapun dapat berbuat hal yang sama seperti sosok ini, tidak harus menjadi bupati. Isilah kehidupan kita dengan hal-hal positif, yang dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup orang banyak sesuai keahlian kita masing-masing. Walaupun kehidupan yang kita lakukan penuh prestasi, tetaplah berjiwa sosial tinggi dan bersikap rendah hati serta tidak sombong. Seperti sosok perempuan cantik tersebut diatas, yang sudah mampu mengukir dengan indah kehidupannya seindah namanya.

Lalu, hal baik dan positif apa yang akan kita ukir dalam kehidupan ini, Miks? Semoga apa yang disampaikan ini menginsipirasi, ya, Miks!

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke – 3.

 

 

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like