Tinggal di Pedesaan, Inilah 5 Tipsnya

Source: pexels.com

Tantangan Makmood Publishing Hari Ke-2

Selasa , 23 Syawal 1441 H/16 Juni 2020 M

 

 

Halo, Miks!

Tinggal di pedesaan ada yang suka atau ada yang tidak! Suka tinggal di pedesaan karena alamnya indah, asri, udaranya bersih dan segar. Sebab tidak suka tinggal di pedesaan, karena jauh dari keramaian, signal atau jaringan intertnetnya buruk, dan alasan lainnya. Terlepas dari rasa suka dan tidak suka tinggal di pedesaan tersebut. Tak dimungkiri oleh siapa pun alam pedesaan memang indah, asri dan udaranya bersih serta segarkan? Tinggal di pedesaan, berikut tips-tipsnya.

  1. Harus berani

Tinggal di pedesaan memang butuh keberanian. Kenapa demikian, karena suasananya sepi. Oleh karena itu butuh keberanian untuk menyesuaikan diri hidup di pedesaan. Apalagi rumah yang ditempati di tepi  hutan. Keheningan malam di rumah di tepi hutan lebih mencekam. Berbagai suara hewan terdengar, seperti kicauan burung malam, suara babi hatun, dan suara hewan lainnya.

 

  1. Suka Alam Nan Indah dan Asri

Tak dimungkiri memang alam di pedesaan indah dan asri. Apalagi alam di sana masih terawat dengan baik oleh warganya. Memang alam pedesaan seperti itu, takkan puas-puas mata memandangnya. Hamparan ladang para petani dengan berbagai tanaman yang ditanam memanjakan mata siapa saja yang memandangnya. Kemudian hamparan sawah dengan padi menghijau, laksana savana di perbukitan yang luas serta bunga-bunga bermekaran. Alam pedesaan seperti itu. Oleh karena itu,  para warganya semakin betah tinggal di pedesaan.

 

  1. Menyalurkan Hobi Fotografer Alam

Alam pedesaan nan indah serta asri, tak mungkin terlewatkan diabadikan dengan kamera khusus fotogrefer atau memakai kamera handphone. Hobi fotogrefer alam, tentu sangat senang memotret alam tersebut. Dengan demikian hobi motret tersalurkan. Motret alam dengan berbagai sisi, takkan pernah puas  merekam dan memandang hasil potretnya. Apalagi hasil potret itu disebar ke media sosial, siapa pun senang dan terhibur melihatnya. Motret alam memang tak mudah melakukannya, kalau tinggal jauh dari pedesaan. Menuju lokasi atau tempat-tempat tersedia alam ‘nan” indah butuh perjalanan jauh. Oleh karena itu, bersyukurlah tinggal di pedesaan tanpa melakukan perjalanan jauh. Dengan  leluasa dapat menyalurkan hobinya.

 

  1. Siap Sedia Kebutuhan Sehari-hari

Penyediaan kebutuhan sehari-hari di pedesaan tidak sama tinggal di perkotaan. Sebab di pedesaan tokoh-tokoh atau pasar jauh. Malahan kadang-kadang waktu tempuhnya bisa sampai berjam-jam perjalanan menuju pasar atau tokoh-tokoh . Oleh karena itu, butuh persedian cukup.  Salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan sayur, buah atau ikan tersebut adalah berkebun dan berternak. Apabila mungkin, hal tersebut di lakukan.

 

  1. Suasananya Tenang Karena Membaur Dengan Alam

Rumah di pedesaan tentu membaur langsung dengan alam. Membaur dengan alam, punya kenikmatan tersendiri. Kenikmatan seperti ini, tentu dirasakan bagi yang suka tinggal di pedasaan. Kenikmatan lain, tinggal di daerah – daerah tersebut adalah ketika berzikir tengah malam. Kesunyian malam menambah kekhusyukan saat berzikir. Malam  di pedesaan hening. Berzikir di tengah malam “nan” hening tentu menambah kedekatan kepada Allah Swt. Insyaallah apa pun tantangan atau ujian hidup yang dihadapi dapat diterima dengan sabar dan ikhlas karena Allah. Aamiin Yaa Rabbal’alamiin

 

Nah, itulah Miks lima (5) tips tinggal di pedesaan alam “nan” indah, asri, udaranya bersih dan segar. Silahkan coba. Semoga bermanfaat.

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like