Tips Sukses Ujian Daring Kenaikan Kelas Untuk Anak

Source: daerah.sindonews.com

Halo, Miks!

Anak-anak sudah dua bulan lebih belajar dari rumah alias School From Home (SFH). Kini saatnya mereka ujian kenaikan kelas.

Pada masa pandemi seperti sekarang masih tidak memungkinkan untuk melakukan ujian di sekolah. Kebijakan sekolah-sekolah memberlakukan ujian secara daring (online) kepada siswa-siswinya.

Walaupun ujian dilaksanakan secara daring, anak-anak masih perlu mempersiapkan diri untuk menghadapai ujian tersebut. Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan anak suskses ujian daring kenaikan kelas.

1. Buat review materi selama SFH

Anak-anak didampingi orang tua bisa merangkum semua materi yang mereka dapatkan selama belajar dari rumah. Ajak anak untuk menuliskan kembali materinya  atau kita ketik dan berikan kepada anak dalam bentuk printout materi, agar anak mudah membaca dan mengulangi kembali semua materi yang telah ia terima selama SFH.

2. Sepakati jam ujian dengan anak

Ujian daring diberikan beberapa sekolah dalam durasi yang berbeda-beda. Nah, untuk sekolah yang memberlakukan durasi ujian dari pagi sampai sore, kita bisa sepakati kapan waktunya ujian berlangsung dengan anak-anak. Apakah ia mau pagi, siang atau sore, selama tidak melewati batas waktu yang telah ditentukan oleh sekolah. Kesepakatan waktu ini penting agar anak disiplin mempersiapkan diri saat akan mulai ujian.

3. Gunakan seragam sekolah saat ujian berlangsung

Ini sebenarnya tidak wajib dilakukan. Namun, beberapa anak akan terpacu semangat untuk mengerjakan soal ujian  daring secara serius karena menggunakan seragam sekolah, layaknya seperti suasana ujian di sekolah. Setidaknya ini mengobati rasa rindu mereka terhadap situasi di sekolah.

4. Gunakan perangkat elektronik pendukung yang ramah anak

Ujian daring sudah pasti menggunakan perangkat elektronik pendukung, seperti laptop, komputer atau gadget yang terhubung dengan jaringan internet. Pilih salah satu perangkat tersebut dengan memperhatikan keleluasaan si anak menggunakannya. Apakah ia nyaman menggunakan laptop atau ponsel. Ini penting untuk anak, agar ketika melakukan ujian ia tidak salah dalam menggunakan perangkat tersebut yang berakibat salahnya jawaban dari soal yang ia kerjakan.

5. Dokumentasikan saat ujian berlangsung

Jangan lupa untuk mendokumentasikan saat-saat anak sedang mengerjakan soal ujian daring. Selain sebagai kenangan bahwa mereka pernah melakukan ujian sekolah secara online pada masa pandemi, beberapa sekolah juga membutuhkan dokumentasi ini sebagai bukti anak mengerjakan soal ujian tersebut sendiri.

Nah, Miks! Tips ini mungkin sederhana. Namun bisa kita coba lakukan disaat musim ujian daring seperti sekarang ini. Persiapan yang baik tentu akan membuat anak-anak lebih serius ketika ujian berlangsung, walaupun suasana ujian tentu berbeda ketika mereka di sekolah.

Semoga kita bisa sukses mempersiapkan anak-anak untuk ujian daring, tentu saja berdampak pada kesuksesan mereka mendapatkan nilai akhir dari ujian tersebut.

Semangat mendampingi anak-anak, Miks!

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like