4 Kutipan Ali Bin Abi Thalib Yang Menginspirasi

Source: republika.co.id

4 Kutipan Ali Bin Abi Thalib Yang Menginspirasi

Hai Miks, pasti sudah tahu dong dengan Khulafaur Rasyidin yang terakhir. Ya beliau adalah Ali bin Abi Thalib. Selain sebagai Khulafaur Rasyidin beliaunjuga sebagai menantu nabi Muhammad Saw.
Pernikahan dengan putri Nabi yang bernama Fatimah Az-Zahra. Memiliki dua putra dan putri yaitu Hasan, Husein, Zainab dan Ummu Kultsum.

Terlahir dari ayah bernama Abu Talib bin Abdul Muthalib, yang merupakan kakak kandung ayah Nabi. Ibunya bernama Fatimah binti As’ad bin Hasyim bin Abd. Manaf Diberi nama Haidarah kemudian diganti oleh dipindahkan menjadi Ali.

Ali kecil kompilasi 6 tahun diasuh oleh Nabi. Seperti Nabi pernah diasuh oleh Ali Ali Abi Thalib. Ketika menerima 8 tahun Ali mendapatkan dakwah Islam yang kedua setelah Khadijah binti Khuwailid, istri Nabi.

Ali dikenal cerdas dan mendalami ilmu agama. Layanan yang paling kompleks adalah kompilasi Nabi hijrah ke Madinah bersama Abu Bakar Ash-Shiddiq, Ali diperintahkan tidur di kamar Nabi untuk mengelabui kaum Quraisy yang ingin membunuh Nabi.
Karena keberaniannya, Ali menjadi panglima perang dan memiliki pedang, Nabi yang memiliki nama Zul Faqar.

Ali memiliki kecerdasan di bidang agama bahkan Nabi bersabda “Aku kota ilmu pengetahuan sementara Ali pintu gerbangnya”

Ali bin Abi Thalib membahas berbagai sains dan tulisan-tulisan beliau yang sungguh menginspirasi dan memotivasi. Diantara Quotes dia ada empat kutipan yang begitu indahnya, yaitu:

1. “Berikan bunga yang memberikan keharuman kepada tangan yang dihancurkannya.”

Setuju nggak Miks dengan kutipan yang bagus ini. Kutipan ini bisa diterapkan jika kita disakiti tapi janganlah kita membalas dendam dengan melanggar orang tersebut. Cobalah untuk tersenyum untuk membalas perbuatan yang tidak perlu yang kita terima.

2. “Betapa bodohnya manusia. Dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tetapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya.”

Inilah kutipan yang begitu mendalam. Kita ingatkan hal ini tanpa sadar. Sebagai contohnya membuang sampah sembarangan menyebabkan aliran sungai terhambat dan kompilasi hujan menyebabkan banjir. Kita selalu menyalahkan tanpa pernah bercermin atas sikap dan perilaku kita.

3. “Jangan jelaskan tentang dirimu sendiri untuk diminta, karena yang menyukaimu tidak perlu itu dan yang membencimu tidak mempercayai itu.”

Sungguh kutipan yang sangat bijak. Mengutip ini mengingatkan kita pada kita harus tetap rendah hati jangan sombong dan harus mawas diri.

4. “Orang yang cantik tidak selamanya baik, tetapi orang yang baik selalu cantik.”

Setuju ya Miks dengan kutipan ini. Dapat kecantikan dibawa ke Arah kesombongan. Tapi kalau baik pastilah cantik, karena orang baik pasti bukan sombong.

Oke Miks semoga tokoh Ali bin Abi Thalib ini menjadi inspirasi dan memotivasi kita semua ya.

Penerbitan Tantangan Makmood hari ke-3

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like