5 Manfaat Menjadi Ibu Rumah Tangga Tanpa Asisten, Poin Ke-4 Sangat Inspiratif!

Source: hometriangle.com

Hai ,Miks !

Menjadi ibu rumah tangga dengan memiliki beberapa balita tentunya punya tantangan tersendiri. Apalagi bila tugas mulia ini dilakukan tanpa bantuan asisten rumah. Pekerjaan rumah memang tak harus dilakukan semuanya karena akan banyak iklannya. Entah karena si kecil menangis, ingin disusui, bermain bersama dan masih banyak lagi.

Namun, jangan kecewa! Di balik kerepotan yang Anda rasakan saat ini ternyata ada hal-hal inspiratif di dalamnya. Anda bisa mendapatkan manfaat yang tidak didapat oleh ibu yang menggunakan asisten rumah tangga. Berbeda situasi dan kondisi di dalam rumah, maka berbeda pula skill dan pengetahuan yang didapat tentunya. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Menjadi Pribadi yang Fleksibel

Kenapa Anda bisa lebih fleksibel? Karena semua pekerjaan di dalam rumah pastinya diatasi dengan kerjasama. Misalnya, Anda harus membawa dua atau tiga anak ke acara hajatan. Maka anak yang dibawa akan jadi mudah terkendali karena sejak di rumah anak-anak sudah terbiasa hanya dikendalikan oleh Anda dan pasangan. Tak ada pemeran tambahan, kecuali lebaran tiba di mana semua saudara bisa berkumpul.

2. Menjadi Semakin Cekatan

Bagaimana bisa? Ya, bisa saja! Karena tanpa kehadiran asisten di dalam rumah, Anda akan terkondisikan untuk belajar dan berusaha cepat dalam segala hal. Memasak? Harus cepat sebelum semua anak bangun atau harus bersedia berhenti ketika mendengar anak menangis. Mandi? Harus cepat karena ada si balita yang sedang aktif-aktifnya, sementara yang menjaga tak lain adalah Si kakak yang juga masih balita.

Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Entah itu bertengkar, terjatuh atau lainnya. Itulah kenapa Anda harus ekstra cepat dalam melakukan pekerjaan apapun. Nah, cekatan ini tak langsung tercipta begitu saja, karena kehadiran dan kerja sama bersama anaklah yang membuat Anda semakin cekatan. Inspiratif bukan?

3. Menjadi Lebih Kreatif

Apa yang Anda lakukan bila pekerjaan sampingan telah menumpuk? Misalnya, Anda harus mengejar setoran tulisan, mengikuti challenge, harus mendapatkan customer berhubung promo produk semakin diujung deadline. Otomatis, Anda akan mencari lebih banyak waktu luang. Entah ketika anak sedang tidur, bermain atau sedang mandi. Intinya, sebisa mungkin pekerjaan dicicil agar segera terselesaikan.

Nah, sensasi ini tidak bisa didapat ketika Anda memiliki asisten atau ada keluarga yang tinggal serumah. Kenapa? Karena Anda bisa saja mengandalkan orang lain untuk meng-handle anak-anak sementara Anda menyelesaikan pekerjaan.

4. Pribadi yang Serba Bisa

Sebagaimana yang kita tahu bagaimana gesitnya wanita Jepang lewat langkah kakinya yang cepat. Meskipun zaman sudah modern, kebanyakan wanita Jepang menganggap wanita ideal adalah Ibu Rumah Tangga. Kebanyakan mereka lebih memilih mengandalkan diri sendiri tanpa adanya asisten.

Nah, wanita Jepang bisa menjadi inspirasi Anda sekarang. Percayalah, dengan melakukan semuanya sendiri perlahan, tetapi pasti Anda bisa menjadi serba bisa. Bisa masak apa saja selama terus belajar. Bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu dan banyak lagi yang bisa dilakukan.

5. Menjadi Pribadi yang Hemat

Bila sebelumnya Anda bekerja dan memiliki penghasilan sendiri lantas saat ini memilih menjadi ibu rumah tangga yang pemasukannya tidak seperti sebelumnya. Tak perlu khawatir, justru status inilah yang perlu Anda syukuri. Kenapa? Karena dengan status ini akan membuat Anda semakin hemat dalam mengolah keuangan keluarga.

Anda akan semakin lebih teliti mengeluarkan uang. Bukan lagi dengan alasan suka atau ingin untuk membeli sesuatu, akan tetapi lebih ke level sudah butuh untuk saat ini atau masih lama lagi? Bahkan untuk urusan dapur pun bisa jadi Anda akan jauh lebih hemat.

Misalnya, sampah yang masih bisa dipakai kembali seperti biji tomat, cabai rawit bisa Anda tanam kembali sehingga manfaatnya bisa didapat berkali-kali. Begitu pun dengan penggunaan sabun cuci piring. Anda bisa lebih hemat ketika menambahkan nya dengan garam dan air untuk menghemat pemakaian.

Itulah 5 manfaat yang bisa didapat ketika Anda memilih menjadi ibu rumah tangga tanpa asisten. Jadi, tak perlu kecewa dengan status yang terkadang diam-diam banyak diidamkan oleh banyak wanita ini.

Tulisan ini sedang diikutkan dalam challenge Makmood Publishing hari ke-3

4 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like