Beberapa Fakta Tentang J.K Rowling, Penulis Wanita Yang Menginspirasi

Source: harpersbazaar.com

Beberapa Fakta Tentang J.K Rowling, Penulis Wanita yang Menginspirasi

Hai, Miks!

Siapa yang tidak tahu film Harry Potter yang menjadi box office di seluruh dunia? Setiap seri filmnya meledak dan menghasilkan jutaan dollar. Bukunya pun tak kalah larisnya di seluruh dunia. Tidak hanya disukai anak-anak dan remaja, namun juga di gemari dan dibaca oleh pembaca kalangan dewasa. Siapakah yang berada dibalik kesuksesan kisah Harry Potter tersebut? Dia adalah seorang penulis wanita asal Inggris yang lahir tahun 1965. Memiliki nama asli Joanne Katheleen Rowling.
Lalu apa sajakah fakta-fakta yang ada dibalik karya besar dan kesuksesan seorang J.K Rowling yang bisa kita ketahui?

Latar Belakang Keluarga
J.K. Rowling bukanlah berasal dari keluarga penulis. Ayahnya adalah seorang insinyur pesawat yang bekerja di pabrik Rolls Royce dan ibunya adalah seorang tekhnisi sains.

Mulai Menulis Sejak Kecil
J.K. Rowling mulai menulis sejak berusia 9 tahun dan tulisan pertamanya adalah kisah tentang seekor kelinci yang sakit.
Ia juga sudah mulai menulis beberapa novel di usia remaja, walaupun novel-novel tersebut tidak pernah dipublikasikan.

Latar Belakang Pendidikan dan Pekerjaan
Ia belajar di universitas dengan jurusan bahasa Perancis, dan setelah lulus ia bekerja sebagai peneliti dan sekretaris Billingual di Amnesti Internasional. Ia juga pernah menjadi guru bahasa Inggris di Portugis.

Bacaan Favorit
J.K.Rowling sangat menyukai buku-buku cerita klasik. Dan kegemarannya akan cerita-cerita klasik inilah yang mempengaruhi kisah Harry Potter dan beberapa kisah lain hasil karyanya.

Penolakan-penolakan
J.K. Rowling pernah ditolak oleh 12 penerbit saat ia mengirimkan naskah Harry Potter. Namun ia tidak pernah berputus asa dan selalu mencoba terus mengirimkan naskahnya, hingga akhirnya naskahnya diterima dan diterbitkan oleh penerbit ke 13.
Penerbitnya pula yang meminta namanya ditulis J.K. Rowling, karena dianggap bahwa buku yang ditulis oleh seorang wanita tidak bisa menarik pembaca dari kalangan lelaki.

Memiliki Badan Amal
J.K Rowling mendirikan badan amal dan sekaligus menjadi Presiden dari badan amalnya tersebut. Badan amal yang fokus pada masalah-maslah anak Internasional tersebut diberi nama Lumos.

Nama Samaran
Tahukah anda? J.K Rowling juga mempunyai nama samaran yang di pergunakannya dalam menulis novel-novel bertema detektif dengan tokoh Detektif Cormoran Strike.
Nama sarannya adalah Robert Galbraith

Demikianlah beberapa fakta tentang penulis wanita J.K Rowling yang telah berhasil mencapai puncak sukses dan menghasilkan jutaan dollar adri buku-buku yang ditulisnya. Kisah-kisah yang ditulisnya adalah kisah-kisah yang sangat luar biasa dan menginspirasi.
Banyak hal bisa kita ambil sebagai pelajaran, diantaranya adalah kerja keras dan pantang putus asa sehingga ia dapat menembus hambatan-hambatan yang ditemui dalam merintis karirnya.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi ya Miks! Tetaplah berkarya dan mengejar impian sukses walau banyak kesulitan diperjalanan usaha tersebut. Selamat berkarya!

Tantangan Makmood Publishing hari ke-3

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like