Hasri Ainun Habibie, Sejuta Inspirasi untuk Wanita Indonesia

Source: tribunnewswiki.com

Hai, Miks!

Warga Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Hasri Ainun Habibie. Seorang wanita yang mampu membuat bapak teknologi Indonesia jatuh cinta hingga akhir hayatnya. Bahkan, pasangan romantis Bapak Habibie dan Ibu Ainun dimakamkan berdampingan di Taman Makam Pahlawan.

Sosok pendamping dari presiden Indonesia ketiga ini sangat menginspirasi, bukan hanya bagi orang-orang di sekitarnya. Namun, bagi wanita Indonesia. Saking menginspirasinya, banyak karya yang diciptakan untuk mengenang namanya. Dalam industri perfilman, beberapa karya film tercipta dari sosok Habibi dan Ainun. Selain itu, di bidang medis dibangun Rumah sakit Mata Ainun dan Rumah Sakit khusus ginjal. Semua terinspirasi dari sosok wanita Ibu Ainun.

Berikut beberapa inspirasi dari seorang ibu Ainun :

1. Sosok Wanita Lembut dan Tegas

Sebagai seorang ibu sekaligus istri, sosok ibu Ainun memiliki sifat lembut sekaligus tegas. Beliau sangat lembut mendidik anak-anaknya, hingga kedua putranya sangat mencintai beliau hingga dewasa. Begitupun sebagai seorang istri, Bapak Habibie sangat betah berdiskusi dan menceritakan masalahnya kepada ibu Ainun.

2. Sosok Wanita Tegar

Dalam film Habibie Ainun 1, terlihat perjuangan pasangan romantic ini dalam membangun rumah tangga mereka di negeri orang. Saat itu, Bapak Habibie sedang melakukan study di Jerman dan membawa Ainun ikut serta. Di tengah keterbatasan dan harus hidup berjauhan dari keluarga. Sosok Ainun merupakan penguat untuk Habibie tetap berjuang bersama.

3. Sosok Wanita Setia

Dalam setiap momen perjuangan, kegiatan, dan pencapaian seorang Habibie selalu ada sosok Ainun di sampingnya. Meskipun kondisi sangat menyulitkan dan membuat lemah, tapi ibu Ainun tidak pernah meninggalkan Bapak Habibie sendirian. Ia selalu mendampingi dalam suka dan duka. Selalu ada saat Bapak Habibie menangis atau pun tertawa.

4. Sosok Wanita Cerdas

Salah satu yang membuat Bapak BJ Habibie sangat mencintai Ibu Ainun adalah kecerdasan seorang Ibu Ainun. Terbukti, Ibu Ainun berprofesi sebagai seorang dokter. Selain itu, wawasan Ibu Ainun juga pastinya sangat luas. Karena, beliau berhasil menjadi teman diskusi terbaik Bapak BJ Habibie dan melahirkan anak-anak yang cerdas juga pintar.

5. Sosok Wanita yang Memiliki Jiwa Sosial Tinggi

Sepanjang hidupnya, Ibu Ainun mendedikasikan diri terhadap kegiatan-kegiatan sosial. Salah satunya di bidang kesehatan. Lewat Palang Merah Indonesia (PMI) Ibu Ainun membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan kesehatan, khususnya di bidang kesehatan mata. Bahkan, atas dedikasi beliau yang sangat tinggi di bidang kesehatan, pemerintah Gorontalo mendirikan dan meresmikan RS Provinsi dr. Hasri Ainun Habibie di Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Demikian inspirasi dari seorang dr. Hasri Ainun Habibie yang telah meninggalkan Indonesia dengan kebaikan yang akan selalu dikenang. Sosoknya menginspirasi wanita Indonesia untuk terus berkarya dan bermanfaat bagi sesama di tengah tugas pokok sebagai ibu sekaligus istri.

Salam hangat,

Retno Qren

Tasikmalaya, 17/6/20

Tantangan Menulis Makmood hari ke-3

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like