Hubungan Parenting dengan Tumbuh Kembang Anak

Source: pexels.com

Hubungan Parenting dengan Tumbuh Kembang Anak
Oleh : Puji Astuti

Parenting adalah suatu pola asuh dari orang tua dalam memberikan pendidikan pengasuhan terhadap anak. Di era digital seperti sekarang ini peran serta orang tua terhadap anak sangat diperlukan. Karena orang tua adalah figur dari anak tersebut. Kenapa demikian, tentu saja pengajaran dan tingkah laku orang tua akan tertanam dalam otak anak. Apa lagi disaat usia masih anak-anak, umur nol sampai tiga tahun adalah golden periode yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak.

Contohnya saja anak yang hidup dalam keadaan keluarga yang broken home tentunya akan membuat psikis anak terganggu juga, mulai dari anak bersikap pemarah, atau cenderung melakukan kenakalan. Kenapa demikian karena ia mencontoh dari perilaku orang tua. Demikian pula sebaliknya anak yang hidup dalam lingkungan yang penuh kasih sayang akan menghasilkan individu yang lebih disiplin tentunya perilakunya pun menjadi lebih tertata.
Dengan demikian parenting ini saling berhubungan dengan tumbuh kembang anak. Oleh karena itu kita sebagai orang tua hendaknya senantiasa mendampingi anak dalam kesehariannya, dan memberikan contoh perilaku yang baik pula, agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik. Apalagi jika anak masih balita, orang tua harus memperhatikan benar apa yang dilakukan anaknya.
Peran serta orang tua dalam mendidik anak yang masih balita dapat dilakukan beberapa di antaranya:
1. Mendampingi anak ketika bermain gadget atau menonton televisi, karena tidak semua tontonan bagus untuk anak kecil, sehingga kita sebagai orang tua mengarahkan mana tontonan yang bagus untuk mereka.
2. Berkata lembut dan sopan, karena memori anak berusia hingga lima tahun sangatlah tajam, satu kali saja kita membentak atau marah pada mereka akan dapat merusak seribu sel otaknya.
3. Berperilaku sesuai kaidah agama dan norma kehidupan, tujuannya adalah agar anak kita mencontoh apa yang kita perbuat.
4. Memberikan mainan yang mengasah otak dan meningkatkan kreativitasnya, misal alat tulis ataupun mainan yang bersifat menimbulkan keringat
5. Ajak serta anak saat kita melakukan kegiatan sesuai dengan fitrahnya, misal anak perempuan saat kita masak ajak serta di dapur, jika anak laki-laki saat Ayahnya sedang mencuci sepeda atau memperbaiki sesuatu ajak serta ia, tentunya dengan pengawasan juga.
6. Ajak anak saat sedang melakukan ibadah, misal Shalat atau mengaji, hal ini akan menjadikan anak tumbuh menjadi individu berakhlak.
7. Ajarkan anak untuk menghormati baik kepada yang lebih tua maupun kepada sesama.
8. Ajarkan anak tentang agama sedini mungkin agar anak paham betul mengenai kehidupan dan menjadi pribadi yang jujur.

Tentunya selain hal di atas perlu kita ingat semua yang kita lakukan untuk mendidik anak tidak luput dari kuasa Yang Di Atas Allah, S.W.T jadi selain ikhtiar-ikhtiar tersebut, tentunya juga kita harus senantiasa mendoakan anak-anak kita agar senantiasa mendapat perlindungan dari-Nya. Karena Allah adalah sebaik-baik pelindung dan pemberi pengajaran.
Semoga parenting dalam mengasuh anak yang saya jabarkan di atas bermanfaat dan mungkin bisa dijadikan salah satu referensi ya. Ingat buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

Semangat mengasuh buah hati.

Tantangan Makmood Publishing day -2

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like