Ini Dia, 2 Tokoh Wanita Inspiratif di Indonesia! Kamu Juga Bisa, Miks!

Source: republica.co.id

Ini Dia, 2 Tokoh Wanita Inspiratif di Indonesia! Kamu Juga Bisa, Miks!

Halo, Miks!

Apakah kamu mempunyai idola? Apakah kamu mempunyai seseorang yang setiap mengerjakan sesuatu dan membutuhkan semangat, kamu mengingatnya? Seseorang yang menjadi panutan, seseorang yang menjadi penyemangatmu ketika kamu hampir berhenti? Siapakah yang menjadi tokoh inspiratifmu, seseorang yang menjadi role model dan panutan kita dalam melangkah dan menjalani hidup?

Setiap orang pastilah mempunyai idola dan panutan dalam hidupnya. Sadar maupun tidak sadar, setiap melangkah kita akan bertanya atau membandingkan dengan idola tersebut. Idola tersebut menyertai hari-hari kita dalam menapaki hidup. Dia bisa seseorang yang kita kenal dan dekat dengannya, bisa juga seseorang yang tidak mengenal kita atau telah tiada.

Lalu, Miks! Seperti apakah tokoh atau orang yang inspiratif itu? Orang kaya, terkenal, atau  pintar, atau orang dekat yang sering menasehatimu. Sumber inspirasi bisa kita peroleh dari mana saja. Bisa dari orang yang kita kenal, negarawan, tokoh terkenal, atau dari orang-orang sukses di sekitar kita, dan dari sosial media.

Kriteria seseorang yang inspiratif juga bermacam-macam, tergantung dari sudut pandang kita. Bagi seorang anak, tokoh hero dalam film kartun atau animasi adalah tokoh inspiratifnya. Sementara bagi seorang ibu rumah tangga, pengusaha wanita yang sukses berbisnis dan menulis adalah tokoh inspiratifnya.

Nah, Miks! Apabila kamu belum menemukan siapa tokoh inspiratifmu, inilah 2 orang wanita tangguh yang mungkin bisa menjadi tokoh inspiratif bagimu, antara lain :

  1. Hasri Ainun Besari.

Beliau adalah istri dari almarhum Bapak BJ Habibie, Presiden RI yang ke-3. Kisah cinta antara Ibu Ainun yang seorang dokter dengan Bapak BJ Habibie sangat menginspirasi, bahkan dijadikan film berseri. Cinta dan pengabdiannya kepada Bapak BJ Habibie menginspirasi banyak wanita di seluruh negeri. Akan tetapi, dibalik itu , Ibu Ainun mempunyai kepedulian sosial yang sangat tinggi.  Beliau banyak terlibat dan peduli terhadap beberapa yayasan sosial. Salah satunya adalah Yayasan Beasiswa Orbit, ibu Ainun peduli dan komitmen terhadap masa depan sumber daya manusia di negeri kita. Yayasan Orbit sampai dengan saat ini, membantu anak SMA dan Mahasiswa dalam mencapai cita-citanya melanjutkan sekolah dan kuliah.

Ibu Ainun juga semasa hidupnya aktif di PPMTI Bank Mata. PPMTI adalah Perkumpulan Penyantun Mata Tuna Netra Indonesia, bahkan beliau pernah menjadi ketuanya. Bank Mata aktif bergerak membantu masyarakat miskin, dengan program-programnya seperti donor mata bagi tuna netra, operasi kataraks bagi masyarakat miskin dan program kacamata gratis bagi anak sekolah dan  pekerja kebersihan. Sampai dengan saat ini Bank Mata masih terus bergerak membantu masyarakat Indonesia untuk bisa melihat dan mempunyai mata yang sehat.

 

  1. Moeryati Soedibyo

Ibu Moeryati Soedibyo adalah keturunan dari keluarga bangsawan Keraton Surakarta. Beliau adalah cucu dari Raja Kasunanan Surakarta, Paku Buwono X. Ayahandanya dulu seorang Bupati Demak, salah satu Kabupaten di Jawa Tengah.

Pengalamannya dibesarkan di lingkungan keraton yang mendapatkan pendidikan tradisioanl Jawa, maka dengan kemampuannya mengenal tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat menjadi jamu tradisional, mendorong ibu Moeryati untuk mendirikan perusahaan Mustika Ratu.

Ibu Moeryati mengawali usahanya dengan meracik jamu-jamu tradisional yang bermanfaat untuk merawat dan menjaga kecantikan wanita. Dimulai dari garasi rumahnya, mencari bahan baku dan meracik jamu, serta membuka salon kecantikan pada tahun 1976. Kemudian beliau menawarkan usahanya door to door tanpa mengenal lelah dan malu. Tahun 1978 Ibu Moeryati menggunakan nama Mustika Ratu sebagai nama perusahaannya. Pada akhirnya Mustika Ratu menjadi perusahaan kosmetik besar dan mempunyai pabrik dengan 800 macam produk dan usahanya telah sampai ke manca negara dan berkembang dengan pesat.

Pucuk kepemimpinan Mustika Ratu sekarang telah diserahkan kepada anaknya Putri Kuswisnuwardhani sejak tahun 2011. Sementara beliau, di usianya yang telah mencapai 91 tahun, masih terus memantau, terutama dalam bidang riset dan pengembangan produknya.

Selain menjadi inspirator dengan usahanya, Ibu Moeryati Soedibyo juga pernah menjadi anggota MPR sekitar tahun 1997-1999. Mencapai rekor MURI karena mendapat gelar Doktor tertua di Indonesia stelah berhasil menyelesaikan pendidikan Dotoral Manajemen Strategis di Universitas Indonesia.

Prestasi lainya adalah beliau telah meluncurkan beberapa buku terkait kecantikan dan perawatan secara tradisional, serta menyusun autobiografinya sendiri.

Semangat dan kerja kerasnya, serta sifat pantang menyerahnya menjadikan ibu Ainun Habibie dengan kasih sayangnya kepada sesama, dan  ibu Moeryati Soedibyo menjadi wanita tangguh yang luar biasa membersarkan Mustika Ratu dan terus berkarya turut membangun negeri. Sungguh, beliau adalah tokoh inspiratif yang bisa kita petik hikmah dan semangatnya.

Nah, Miks! Demikianlah paparan dua wanita tokoh inspiratif yang dimiliki oleh Indonesia tercinta. So, Miks! Jangan berputus asa, apa yang kita lakukan dan perjuangkan masih jauh jalannya. Tetap semangat ya Miks! Semangat mencapai tujuan, cita-cita, impian, dan harapan kita untuk mencapainya.

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-3

 

 

 

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like