Lakukanlah 5 Hal Ini, Agar Anak Tetap Mengembangkan Ide Kreatif dan Aktivitas Positifnya

Source: pexels.com

Halo,Miks!

Pernah atau tidak Miks , disungguhkan oleh anaknya makanan atau kue buatan dia  sendiri? Tentu pernahkan? Ketika anak kecil menyungguhkan masakannya yang dibuat sendiri, tentu bahagia dan terharukan? Apalagi yang berbuat demikian adalah anak laki-laki berumur  sembilan (9) tahun atau masih tingkat Sekolah Dasar (SD). “Duh, senangkan?

Miks  tentu ingin anak tetap melanjutkan  aktivitasnya tersebut kan?  Nah, lakukanlah lima hal ini, agar anak tetap semangat mengembangkan aktivitas positifnya.

  1. Hargai Pemberian Anak

Sekecil apapun pemberian anak, tentu dihargaikan? Nah pemberian anak kepada orang tuanya, uang untuk mendapatknya diambil dari uang jajan mereka. Uang jajan yang ditabungkan. “Duh, Yaa Allah anak ku se kecil ini sudah bisa memberikan sesuatu berharga kepada kami orang tuanya” Penghargaan orang tua terhadap pemberiannya membuat mereka senang dan gembira. Perasaan senang dan gembira tersebut, membuat mereka semangat untuk melakukan hal-hal positif lainnya.

 

  1. Berikan Pujian Terhadap Aktivitasnya

Ide kreatif dan aktivitas anak perlu dihargai, dengan memberikan pujian. Pujian itu, semakin memantik ide-ide kreatif anak lainnya. Contohnya, anak membuat nasi goreng, memasaknya  simpel  dan sederhana cara mengolahnya. Malahan kadang mereka juga berani mencoba membuat makanan yang lebih rumit mengolahnnya, seperti membuat bolu. Pujian yang diberikan orang tua, menumbuhkan sikap percaya anak. Sehingga ide kreatif  dan aktivitas anak tersebut akan terus berkembang hingga mereka dewasa.

 

  1. Berikan Dukungan Terhadap Aktivitas

Bentuk dukungan orang tua terhadap ide kreatif dan aktivitas positifnya adalah menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti anak ingin mebuat bolu, tentu perlu disiapkan, telur, tepung, vanilie atau bahan-bahan lainnya. Nah, begitu juga anak ingin membuat panah, siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Dukungan orang tua akan memberikan efek positif kepada anak-anak. Sehingga ketika dewasa mereka menjadi orang-orang mempunyai ide kreatif  dan akvitas positif dalam hdupnya.

 

  1. Berikan Penghargaan

Ide atau aktivitas mereka diberikan penghargaan, seperti memujikan hasil masakannya. Bagaimana pun rasa masakannya. Begitu juga ketika anak yang lain memperlihatkan hasil karyanya, seperti membuat busur dan anak panah. “Oh ya bagus sekali busur dan anak panah buatan anak Bunda? Walaupun anak Bunda, tidak menggunakan peralatan yang lengkap. Apalagi kalau dibuat dengan peralatan yang tentu samakan hasilnya seperti yang dibuat oleh orang-orang yang sudah ahli membuatnya.  Insyaallah mereka akan terus terpantik ide-ide dan aktivitas positif lainnya

 

  1. Bersyukur Atas Munculnya Ide Kreatif dan Aktiviats Positif Anak

Tentu semua ide kreatif dan avtivitas anak, tidak ada dengan sendirinya. Tetapi pihak  lain yang punya peran, sehingga anak menjadi seperti itu. Peran itu, adalah atas kuasa dan kehendak Allah Swt, sehingga anak-anak kreatif dan memiliki aktivitas positif. Hanya kepada Allah orang tua selalu bersyukur. Aamiin.

 

Mudahkan? Miks,  mengembangkan ide kreatif serta akvitas positif yang dilakukan oleh anak kan? Silahkan perhatikan aktivitas positif anak di rumah atau dimanapun , mereka melakukannya. Ide atau aktivitas tersebut kecil atau besar manfaatnya. Nah, siapa  lagi mengaaktifkan aktif aktivitas mereka, selain  orang tuanya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like