7 Masakan Nusantara Berbahan Dasar Pare

Source: primarasa.co.id

Halo, Miks!

 

Peria atau Pare adalah tumbuhan yang masuk ke dalam kategori labu-labuan. Tumbuhan merambat ini mengandung albumin, karbohidrat, dan pigmen. Biasa digunakan sebagai obat gangguan pencernaan, bahkan bisa menurunkan kadar gula. 

 

Tumbuhan yang berasal dari Asia Tengah ini sering dikonsumsi sebagai komponen sayur dalam sajian makanan. Setiap daerah di Indonesia mempunyai cara unik dalam pengolahan pare. Apa saja itu?

 

1. Nasu Kaju Paria

Nama lain dari masakan ini adalah Kambu Paria. Berasal dari Bugis. Masakan pare ini berkuah. Kuahnya berwarna kuning kental karena diberi kunyit dan santan. Sementara pare sendiri diolah khusus. 

 

Pare dipotong menjadi beberapa bagian, dibuang isinya. Lalu diisi campuran kelapa parut – teri – cabai yang sudah dihancurkan, dan telur . Pare lalu dikukus. Tahap akhir, pare dimasukkan ke dalam kuah santan kuning. 

 

 2.Gulai Pario Minang

Pario adalah nama lain pare di Sumatera Barat. Di sana, pare diolah menjadi gulai. Gulai Minang yang gurih dan kaya rempah membuat rasa pahit pare tidak terasa. Penambahan teri dalam gulai membuat masakan ini bisa dijadikan sebagai lauk. 

 

3. Tumis Pare Ulo

Pare Ulo atau pare belut bentuknya berbeda dengan pare pada umumnya. Bentuknya kurus memanjang seperti belut. Ingin merasakan pare tapi tidak kuat rasa pahitnya? Bisa coba pare ulo. Pare Ulo bisa dibuat tumis, dengan campuran teri. 

 

4. Pare Isi Ikan Tongkol (Papare)

Masakan ini berasal dari Manado. Kukusan pare yang dibelah memanjang tanpa putus, diisi dengan tumis tongkol suwir. Tahap akhir pare dilumuri telur kemudian digoreng. Rasa pedas tumisan suwir tongkol membuat masakan ini menggugah selera dan bikin ketagihan. 

 

5. Keripik Pare

Camilan ini berasal dari Boyolali. Pare ternyata bisa diolah menjadi keripik. Cara pengolahan seperti keripik pada umumnya. Pare dicelupkan ke dalam adonan tepung beras dan tepung sagu yang kental kemudian digoreng. Rasanya gurih dan renyah, tidak pahit 

 

Sebelum diolah, pare direndam dalam air gula dan garam, untuk menghilangkan rasa pahit. Carannya, dua buah pare yang sudah dipotong tipis direndam dengan air secukupnya, diberi satu sendok gula dan garam. Direndam selama satu jam. Kemudian dicuci bersih. 

 

6. Pare Tauco Mercon

Pembuatan tauco Mercon hampir sama dengan tumis pare. Penambahan tauco dan cabai yang banyak membuat rasa tumis lebih unik dan tentu saja pedas, seperti ledakan mercon. 

 

7. Pare Nenek

Masakan ini menggunakan bumbu untuk kering tempe. Yang unik dari pare nenek, masakannya kering tanpa kuah. Wujudnya seperti kering tempe. Penambahan kunyit dan terasi membuat rasa pare nenek lebih khas.

 

Oke, Miks! Demikian tujuh masakan nusantara berbahan dasar pare. Resep lengkap bisa dicari di internet. Selamat mencoba!

 

Ditulis untuk Tantangan Menulis Makmood Publishing hari ke-4

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like