8 Makanan Khas Manado yang Membuat Selera Makan Anda Pecah!

Source: cookpad.com

Hai, Miks!

Sekalipun corona belum berakhir bukan berarti kamu tak bisa mencicipi makanan khas Kota Manado yang terkenal dengan pedasnya. Nah, sudah tahu apa saja makanan khas daerah ini? Sudah pastinya pedas dan membuat Anda ketagihan! Berikut 8 makanan khas Manado yang wajib Anda coba atau jadikan target kuliner ketika berada di sana.

1. Tinutuan

Makanan khas Manado ini sudah pasti telah dikenal banyak orang. Rasanya yang khas campuran dari berbagai sayuran seperti bayam, kangkung, labu kuning, jagung, gedi memberi cita rasa tersendiri. Bukan itu saja kandungan gizi di dalamnya tak bis dibantah lagi.

Bubur Manado ini paling nikmat bila disantap selagi hangat. Apalagi di musim penghujan saat ini. Bila Tinutuan dimakan bersama Tahu isi dan Rica Roa, maka akan semakin nikmat rasanya. Pedasnya Rica Roa akan semakin membuat bubur Manado ini terasa nikmat.

2. Perkedel Nike

Bila biasanya Anda mengenal perkedel kentang, jagung, tahu atau pun tempe. Maka bila Anda sedang berapa di Manado jangan lupa untuk menjadikannya sebagai salah satu terget kuliner.

Perkedel nike ada perkedel yang terbuat dari ikan nike yang ukurannya begitu kecil. Biasanya perkedel nike ini akan lebih enak disantap dengan menu Tinutuan.

3. Klappertaart

Makanan yang katanya warisan Belanda ketika berada di Manado ini adalah makanan penutup yang lezat dan gurih. Desert yang berbahan dasarkan kelapa ini sangat enak dinikmati dalam kondisi dingin. Rasanya yang gurih berasal dari campuran kelapa, susu, mentega, tepung dan bahan lainnya.

Bila Anda belum sempat merasakan bagaimana nikmatnya perpaduan kelapa dan susu khas Manado ini. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah untuk disantap bersama keluarga tercinta. Resepnya tentu saja sudah bisa diambil hanya dengan sekali klik.

4. Sambal Roa

Sambal Roa adalah salah satu menu andalan yang wajib Anda nikmati ketika berada di Manado. Pedasnya cabai rawit yang dipadukan bersama bawang merah, tomat dan ikan Roa (sejenis ikan terbang) yang sebelumnya sudah diasap tentu saja memberikan sensasi tersendiri ketika menikmatinya.

Sambal Roa biasanya dijadikan menu pelengkap untuk dinikmati bersama Tinutuan dan pisang goreng Goroho.

5. Pisang Goreng Goroho

Pisang goreng Goroho adalah pisang yang digoreng sebelum masak. Rasanya tentu saja khas tidak seperti pisang pada umumnya. Bila pisang yang digoreng biasanya sudah dalam keadaan matang maka tidak dengan pisang Goroho. Pisang Goroho biasanya sangat enak bila disantap bersama Sambal Roa.

6. Cakalang Fufu

Ikan Cakalang atau ikan tongkol putih yang sebelumnya sudah diasap ini menjadi salah satu menu andalan yang patut Anda coba ketika berkunjung ke Manado. Ikan cakalang ini biasanya diolah menjadi ikan cakalang sous juga ikan cakalang santan. Rasanya yang khas memberikan cita rasa tersendiri ketika disantap dengan nasi hangat.

7. Gohu

Anda pernah mencobanya? Gohu terbuat dari buah pepaya mengkal yang diiris kecil memanjang kemudian disantap bersama kuahnya. Kuahnya terbuat dari campuran cabai rawit, bawang merah, gula aren, jahe. Beberapa juga ada yang menambahkan Bakasang (fermentasi dari telur/perut ikan).

Rasanya yang pedas dari kombinasi cabai dan jahe yang menyatu bersama manisnya gula aren dan asam dari cuka memberikan sensasi tersendiri ketika menyantapnya. Dan tentu saja akan semakin nikmat bila disantap dalam keadaan dingin di cuaca yang panas. Segar pedasnya menyatu!

8. Nasi Kuning

Nasi kuning memang sudah menjadi menu kuliner nusantara namun, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika menyantap nasi kuning Manado. Bedanya dengan yang lainnya adalah nasi kuning Manado dilengkapi dengan potongan atau abon cakalang. Bukan itu saja campuran daging sapi yang dipotong kecil-kecil pun memberi sensasi yang berbeda. Sangat nikmat bila dinikmati sebagai sarapan.

Itulah 8 makanan khas Manado yang bisa membuat selera makan Anda pecah tak beraturan. Bila belum sempat mencoba, Anda pun bisa membaca dan mengeksekusi resepnya yang tersebar di mana-mana ya, Miks!

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Makmood Publishing hari ke-4

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like