Ayo Membuat Pepes Ikan Patin

Source: cookpad.com

Ayo Membuat Pepes Ikan Patin

Hai, Miks!

Pernah menikmati pepes ikan patin? Pepes yang terbuat dari ikan patin, salah satu jenis ikan air tawar yang sekarang banyak dibudidayakan di tambak. Ikan yang tekstur dagingnya lembut ini banyak dibudidayakan di Kalimantan Timur. Pepes patin juga menjadi salah satu masakan khas daerah Samarinda, Kutai Kartanegara dan juga Balikpapan.

Mengikuti anjuran untuk membiasakan diri mengkonsumsi ikan, membuat kita harus pandai menggali resep baik resep-resep asli daerah maupun modifikasi ala kita sendiri, sehingga membiasakan makan ikan yang sangat baik ini akan menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Pepes patin atau pais patin, cara membuatnya tidaklah begitu sulit. Bahan-bahannyapun banyak tersedia di pasar tradisional. Jadi, ayo kita mulai menyimak bagaimana cara membuatnya.

Bahan-bahan
1. 1 kilogram ikan patin
2. 5 siung bawang merah
3. 3 siung bawang putih
4. 4 buah kemiri
5. 1 ruas jempol terasi
6. 1 ruas jempol asam jawa
7. Jahe secukupnya
8. 1 ruas kunyit
9. 7 buah cabe merah besar
10. 10 buah cabe rawit
11. 4 batang serai
12. Garam dan gula secukupnya
13. Daun kemangi secukupnya
14. Daun pisang untuk membungkus.
15. Air perasan jeruk nipis secukupnya

Cara membuat

1. Bersihkan ikan patin, bagi menjadi tiga bagian dan lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis, diamkan beberapa saat.

2. Haluskan semua bumbu. Sebaiknya menghaluskan bumbu dengan diuleg menggunakan cobek saja. Karena bumbu yang dihaluskan dengan menggunakan cobek, teksturnya lebuh bagus, tidak terlalu lembut dan aromanya lebih kuat.

3. Setelah bumbu selesai dihaluskan, masukkan ikan patin lalu lumuri dengan bumbu halus, dan diamkan sekitar 15 menit agar bumbu meresap sebelum proses pematangan.

4. Siapkan daun pisang yang sudah di jemur sebentar atau dipanaskan diatas api agar daun pisang lembut dan tidak mudah sobek saat proses pembungkusan.

5. Ikan yang sudah didiamkan dengan campuran bumbu, diaduk lagi dengan daun kemangi yang sudah dipetik perlembarnya.

6. Bungkus tiap potong ikan dengan daun pisang dan semat dengan lidi atau tusuk gigi.

7. Panaskan dandang, setelah air di dandang mendidih, masukkan bungkusan ikan dan kukus lebih kurang selama30 menit.

8. Setelah ikan matang, pepes bisa dikeringkan dengan memanggangnya menggunakan Teflon atau panggangan biasa yang menggunakan arang. Proses pemanggangan ini adalah untuk membuat pepes tidak terlalu basah dan aroma bumbu bisa lebih keluar.

9. Sajikan dengan nasi hangat dan sambal tomat.

Pepes patin ini bisa tahan hingga 3 hari. Simpan di dalam kemasan kedap udara, masukkan dalam lemari es. Saat akan dihidangkan, bisa mengulang proses pemanggangan dengan menggunakan Teflon dan dengan api kecil. Jika memiliki microwave, juga bisa digunakan untuk memanaskan sebelum dihidangkan.

Bagaimana Miks? Mudah bukan cara membuatnya.

Selamat mencoba dan selamat menikmati. Jangan lupa, membiasakan diri makan ikan akan membuat tubuh lebih sehat.
Sampai jumpa di resep-resep lainnya.

Tantangan Makmood Publishing hari ke-4

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like