Nasi Tutug Oncom, Makanan Lezat dan Mengenyangkan Khas Tasikmalaya

Source: Channelmuslim.com

Hai, Miks!

Berbicara tentang masakan daerah memang tidak ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia, pasti memiliki masakan khasnya. Karena itulah, mereka dikenal dengan cita rasanya masing-masing.

Salah satu makanan khas yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah Nasi Tutug Oncom atau biasa disingkat nasi TO. Nasi yang dipadukan dengan olahan oncom ini, menjadi ciri khas di daerah sunda khususnya Tasikmalaya.

Asal Usul

Tidak ada yang mengetahui asal usul dari nasi TO ini. Berdasarkan kesaksian para sesepuh di Tasikmalaya, resep nasi Tutug Oncom ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Dinamakan Nasi Tutug Oncom ini mungkin karena bahan dasarnya nasi da noncom yang diolah dengan cara ditutug atau ditumbuk.

Cita rasa dari Nasi Tutug Oncom ini pun tidak diragukan lagi. Wangi oncom terbakar dan bumbu kencurnya terbadu sempurna. Rasanya ada guruh, pahit, dan asin, cocok dimakan dengan nasi hangat.

Makanan yang berbahan dasar oncom ini mudah sekali dibuatnya. Tentunya dengan pilihan oncom khusus. Di beberapa daerah, mungkin oncom juga sering ditemui. Namun, untuk membuat TO, oncom yang dipakai sebaiknya menggunakan oncom khas Tasikmalaya. Ciri khas dari oncom Tasikmalaya adalah gembur dan mudah untuk dihancurkan. Rasanya juga berbeda dari oncom di daerah lainnya.

Bahan dasar

Untuk membuat Nasi TO, memang cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan nasi hangat, oncom, bawang merah, bawang putih, kencur, cabai (optional), garam, gula (optional) dan penyedap rasa (optional).

Cara Membuat

  1. Sebelumnya, oncom utuh dibakar terlebih dahulu. Jika tidak ada alat pembakar, bisa disangrai juga. Untuk oncom yang disangrai, sebelumnya harus dibubukkan terlebih dahulu.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, dan kencur. Tutug atau tumbuk oncom bersamaan bumbu halus tadi. Jadilah tutug oncom.
  3. Siapkan sedikit minyak dan tumis tutug oncom. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa. Koreksi rasa.
  4. Campurkan tutug oncom yang telah ditumis dengan nasi hangat. Aduk hingga tercampur.
  5. Nasi Tutug Oncom siap disajikan.

Makanlah selagi hangat bersama sambel dan goreng-gorengan atau menu pendamping lainnya. Kalaupun tidak ada, cukup nasi Tututg Oncom pun sudah menggugah selera dan cukup memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein nabati keluarga.

Nah, gampangkan bikin Nasi Tutug Oncom ini? Bagi yang tidak sempat untuk membuat nasi tutug oncom, Anda bisa mencobanya dengan membeli di beberapa rumah makan yang menyediakan menu Nasi TO. Selain itu, kini juga sudah banyak Tutug Oncom kemasan yang dijual via online dengan berbagai rasa. Tidak perlu ragu, karena olahan tutug oncom yang kering, bisa bertahan beberapa lama.

Tunggu apa lagi, sajikan makanan nusantara terlezat untuk keluarga di rumah.

Retno Qren.

Tasikmalaya, 18/6/20

Tantangan Menulis Makmood Hari Ke-4

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like