Wajib Dicoba! 10 Masakan Khas Solo yang Menggelitik Lidah dan Bikin Nagih

Source: dapurresepnusantara.blogspot.com

Wajib Dicoba! 10 Masakan Khas Solo yang Menggelitik Lidah dan Bikin Nagih

 

Hai, Miks!

Membahas tentang menu masakan daerah harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan Menu. Menu/me-nu sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya daftar atau rangkaian jenis makanan dan minuman yang tersedia dan dapat dihidangkan. 

Mengingat pulau yang ada di Indonesia sangat banyak dan setiap pulau terbagi menjadi beberapa daerah. Maka tidak heran jika setiap masakan memiliki cita rasa yang khas sesuai daerah masing-masing. Seperti sajian masakan daerah khas kota Solo, yang tidak hanya menggelitik lidah tetapi juga sudah melegenda hingga saat ini. Dan selalu bikin kangen untuk datang kembali, sekedar menikmati sajian kulinernya. Namun, kali ini tidak semua masakan dari kota Solo akan dibahas ya, Miks.

Miks, ini ada 10 makanan dan minuman khas kota Solo diantara masakan yang ngehits lainnya. Dan wajib masuk daftar untuk dicoba saat liburan nanti.

  1. Selat Solo

Makanan yang satu ini adalah perpaduan rasa khas Jawa dengan Eropa, sajian utamanya berupa potongan daging yang dimasak menyerupai bistik. Disajikan dengan kuah yang super gurih karena dihasilkan dari berbagai macam bumbu rempah, dilengkapi dengan sayuran seperti wortel, buncis, potongan tomat, kentang goreng, telur pindang, acar timun dan tak lupa taburan bawang goreng plus krupuk udang. Selain memiliki cita rasa yang unik, perpaduan rasanya manis nan gurih yang melted dilidah. Makanan ini sangat nikmat disantap dengan penambahan sedikit sambal sehingga semakin menggugah selera.

  1. Nasi Liwet

Nasi liwet menjadi ikon kuliner khas kota Solo, sebelum disajikan dengan pelengkapnya biasanya nasi dimasak terlebih dulu dengan bumbu rempah dan sedikit santan sehingga menghasilkan rasa gurih yang khas. Umumnya nasi liwet disajikan dalam daun pisang yang dipincuk, dengan pelengkap suwiran ayam, telur rebus, santan kental gurih dan sayur labu siam. Dikarenakan porsinya yang sedikit, masyarakat Solo lebih sering menikmati dikala sarapan pagi.

  1. Tengkleng Kambing

Olahan berbahan pokok kambing ini juga menjadi makanan khas Solo yang wajib dicoba saat berkunjung kesana. Tetapi bagi yang tidak suka daging kambing, saat ini sudah tersedia juga tengkleng sapi. Cita rasa tengkleng ini hampir sama dengan gulai tetapi kuahnya lebih cair dan tidak pekat. Kuah yang sedap kaya akan rasa dengan potongan tulang dan daging yang empuk, sangat pas disajikan dengan wadah picuk daun pisang sehingga semakin menambah rasa yang sempurna. Terlebih jika disantap dengan sedikit sambal, kucuran jeruk nipis atau limau dan krupuk.

  1. Sate Buntel

Sate Buntel terbuat dari daging kambing atau sapi yang dicincang dengan ukuran kecil, lalu ditusuk menggunakan lidi dan ditutup dengan lemak daging. Sate buntel ini juga dibakar layaknya sate pada umumnya. Sebagai pelengkap sate buntel disajikan dengan sambal kecap atau saus kacang, dan sangat cocok sebagai teman makan nasi atau lontong.

  1. Tahu Kupat

Berbahan dasar tahu goreng yang disajikan dengan ketupat serta ditambah siraman bumbu kacang nan pedas gurih. Yang membedakan tahu kupat Solo dengan tahu kupat daerah lain adalah adanya potongan bakwan, kembang kol dan juga midan. Makanan ini terhitung makanan yang merakyat sehingga cukup mudah dijumpai di beberapa jalan protokol di kota Solo.

  1. Ontbijtkoek

Ontbitjtkoek adalah kue jadoel yang khas dari negri kincir angin Belanda, kue ini sangat populer sejak dulu di Solo. Mengingat kota Solo sempat dijadikan markas oleh tentara Belanda pada masa penjajahan, maka kue klasik nan legit kaya akan rasa rempah ini merupakan sajian mewah pada masa itu. Kue ini terbuat dari olahan campuran telur, butter, tepung, aneka rempah segar dengan taburan potongan kenari baik didalam maupun diatas kue, sangat enak dinikmati saat minum teh maupun kopi.

  1. Serabi Notosuman

Panganan ini, menjadi jajanan yang populer dan kerap dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Solo. Banyak daerah yang juga mempunyai panganan sejenis serabi, tetapi yang berbeda dari serabi Notosuman ini adalah perpaduan rasa gurih dari santan kental dan tepung beras. Nama Serabi Notosuman sendiri diambil dari nama Jalan Notosuman yang dijadikan tempat mangkal usaha serabi ini. Serabi Notosuman semakin berinovasi dengan topping yang beraneka ragam tanpa menghilangkan cita rasa keasliannya.

  1. Semar Mendem

Kudapan yang satu ini disebut Semar Mendem, karena bisa bikin  mendem atau mabuk ketika menyantapnya. Kudapan yang berbahan dasar lemper dibungkus kulit dadar ini, disajikan dengan saus fla santan manis nan gurih. Legit dan gurihnya ketan dengan isian ayam serta balutan dadar, berpadu manis secara creamy dari siraman sausnya, membuat siapapun yang menyantapnya ketagihan.

  1. Wedang Ronde

“Wedang” yang berarti minuman hangat dan “ronde” adalah bola-bola bulat dalam bahasa Jawa. Awalnya merupakan hidangan khas Tiongkok yang diadaptasi ke dalam kuliner Jawa bernama tangyuan. Wedang ronde yang sudah familiar ini merupakan tangyuan dalam versi manis. Karena semua bahan ada unsur manisnya, seperti dari bola-bola ketan yang berisi cincangan kacang dan gula merah. Wedang ronde biasanya disajikan dalam mangkok kecil, berisi bola-bola ketan, taburan kacang, irisan roti tawar, kolang kaling dan kuah rebusan jahe campuran rempah lainnya seperti kayu manis, cengkeh dan pandan. Umumnya wedang ronde disantap dimalam hari untuk mengusir rasa dingin, dikarenakan kuah perpaduan jahe dan rempah-rempah lainnya mampu menghangatkan tubuh.

  1. Es Dawet Telasih

Solo terbilang kota yang cukup panas, dan sangat tepat jika menyantap nikmatnya minum es disiang hari. Dan es dawet Telasih bisa menjadi salah satu pilihan ketika ingin menikmati minuman segar. Es dawet telasih berisi bubur sumsum, cendol, tape hijau, biji selasih, gula merah cair, dan sedikit santan dan tak lupa potongan es batu sebagai pelengkapnya. Dan minuman ini sangat terkenal serta mudah didapat dengan harga yang terjangkau.

 

Kota Solo memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat liburan tiba. Kota ini tidak hanya terkenal lewat wisata batik dan bangunan bersejarahnya, tetapi juga terkenal akan masakan daerahnya yang sangat beragam. Untuk menemukan dan menikmatinyapun, sangat mudah karena dapat ditemukan di area perkotaan dengan harga yang terjangkau tanpa harus bikin kantong bolong.

Semoga daftar masakan khas Solo diatas, bisa membantu para Miks, saat liburan tiba nanti, ya, Miks.

 

Tantangan Menulis Makmood Publishing hari ke-4

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like