Wajib Dicoba, 3 Menu Makanan Daerah Sumatera yang Belum Banyak Orang Tahu

Source: genpi.co

Hai, Miks!

              Indonesia sangat terkenal dengan  penduduknya yang ramah tamah, aneka ragam suku dan bahasa, serta kekayaan masakan daerah dari setiap suku bangsa. Setiap daerah dari Sabang sampai Merauke begitu banyak masakan yang menggugah selera dengan aneka rempah khas Indonesia.

            Masakan khas daerah ini menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi kekayaan Indonesia yang tidak ternilai harganya. Anda sudah mencoba masakan dari daerah mana saja? Mari kita simak ulasan singkat mengenai masakan daerah yang ada di Sumatera.

  1. Sumatera BaratMenyebut Sumatera Barat pasti sudah terbayang rendang dengan citarasa yang kuat dan nikmat tentunya. Tetapi selain rendang ada juga makanan yang khas dari daerah Pariaman Sumatera Barat, yaitu Sala Lauak.

    Sala Lauak berbahan dasar ikan yang digiling halus kemudian dicampur dengan bumbu dan tepung terigu. Tampilan Sala Lauak bulat seperti bakso. Hanya mempunyai tekstur agak keras karena dengan proses digoreng. Gurih dan kriuk dan lembut di dalam.

     

  2. Sumatera SelatanSumatera Selatan? Langsung muncul di benak Anda pempek palembang, kan? Padahal selain pempek ada banyak makanan yang terbuat dari ikan tenggiri juga, antara lain Tekwan. Tekwan atau yang sering disebut baksonyo Wong Palembang. Tekwan berbahan dasar tepung tapioka yang tentu saja dicampur dengan daging giling ikan tenggiri. Berbentuk bulat kecil dan diberi kuah udang mie putih, jamur kuping, dan irisan bengkoang. Jangan lupa ditaburi bawang goreng dan irisan daun bawang. Bagaimana menggoda selera, kan? Yang kedua yaitu model. Bahan dasar model sama dengan pempek kapal selam. Bedanya, jika model  diisi dengan tahu, dan saat menghidangkannya dicampur dengan kuah  yang terbuat dari kaldu udang berwarna bening. Pelengkapnya berupa bihun atau mi putih, timun, dan ebi. Cocok disantap pada sore hari atau cuaca sedang dingin.

     

  3. Sumatera UtaraSumatera Utara juga mempunyai masakan daerah yang mungkin Anda belum tahu. Naniura. Naniura merupakan masakan berbahan ikan mas. Ada yang menyebutnya shasiminya orang Sumatera Selatan. Tahu, kan, sashimi? Makanan dari Jepang. Naniura memang berbahan dasar ikan mas mentah yang diberi campuran rempah dan asam. Proses pematangan ikan mas ini melalui pemberian asam. Hmmm… segar dan nikmat, ya?

     

Itulah tiga masakan khas dari daerah Sumatera yang cukup menggoda selera yang selama ini belum banyak orang tahu. Anda wajib mencobanya agar tidak penasaran. Selamat browsing dan mencoba!  

 

#TantanganMenulisMakmoodPublishing

#Day3

#MenuMasakanDaerah

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like