Yuk Ikut Lestarikan Masakan Nusantara dengan 5 Langkah Mudah

Source: diadona.id

Siang Miks!

Kalau bicara mengenai masakan, pastinya tidak akan pernah ada habisnya yaa

Mengapa ? karena masakan selalu berkembang ilmunya dan bertambah modern penyajiannya.

Namun untuk masakan daerah, biasanya para koki yang memasak, tetap mempertahankan keaslian resep, bahkan mempertahankan cara memasaknya.

Sebagai contoh masakan daerah Jogjakarta, yaitu gudeg. Walaupun proses dan pengemasannya sudah modern, seperti gudeg kaleng, namun cara memasaknya masih menggunakan alat dan resep yang tradisional.

Apa sih yang Miks ketahui tentang masakan nusantara?

Masakan Nusantara adalah salah satu tradisi kuliner yang berasal dari setiap daerah di Indonesia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara. Yang mana memiliki peranan penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum.

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiricabaitemu kuncilengkuasjahekencurkunyitkelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan, dan tradisi-adat yang mengikuti masakan tersebut.

Di zaman modern saat ini, banyak generasi penerus bangsa yang ingin melestarikan kuliner masakann nusantara dengan gaya lebih modern. Sebagai contoh sekarang banyak kafe anak muda yang menyajikan nasi kucing. tentunya Miks tahu donk apa itu nasi kucing? nasi kucing adalah nasi sekepal dibungkus dengan daun pisang, diisi dengan lauk sambal bandeng, atau lauk sambal ikan teri, atau lauk sambal  telur dadar atau oseng tempe. Porsinya yang kecil dan menyerupai porsi makanan kucing adalah alasan di balik nama nasi kucing.

Bagi penyuka kuliner malam dan kuliner jalanan, nasi kucing sangat cocok untuk disantap dengan sate usus, sate telor puyuh, sate jamur dan lain sebagainya yang bisa untuk menjadi lauk tambahan. melihat banyak pemintanya, generasi muda milenial membuat bisnis nasi kucing menjadi sangat menarik.

Di beberapa ibukota sudah ditemukan nasi kucing dengan berjualan menggunakan mobil. Mobil ini di hias bahkan menggunakan mobil mahal, seperti Land Rover. Dengan ciri khas masakan nusantara namun penjualannya menggunakan sesuatu yang modern, dan tetap mempertahankan kearifan lokalnya, membuat nasi kucing menjadi menu yang selalu di rindukan oleh pelanggannya.

Lalu bagaimana sih cara mempertahankan kuliner nusantara agar tetap menjadi tren masa kini?

1. Dimulai dari keluarga

Keluarga memiliki peranan penting agar kearifan lokal nusantara dari suatu masakan tetap terjaga dan lestari. Bermula dari masakan keluarga yang turun temurun maka sudah menjadikan menu nusantara hadir di rumah, dinikmati oleh seluruh anggota keluarga

2. Berikan cerita di balik masakan  nusantara tersebut pada anak kita

Mensajikan masakan nusantara di rumah, tak lengkap rasanya jika tidak diceritakan cerita di balik masakan tersebut, sebagai contoh filosofi nasi kucing yang sudah dijelaskan diatas.

3. Menggunakan rempah-rempah dari negeri sendiri

Kecintaan kuliner masakan daerah, harus di dukung dengan penggunaan rempah-rempah yang berasal dari daerah masakan tersebut. Sehingga cita rasanya tidak hilang dan tetap dapat dirasakan oleh generasi tua dan muda.

4. Jadikan sebagai suatu bentuk usaha

Indonesia sangat terkenal dengan pariwisatanya, maka sejalan dengan semakin meningkatnya turis yang masuk untuk berlibur di Indonesia, alangkah sayangnya jika tidak kita jadikan peluang usaha yang menghasilkan. Tidak usah repot-repot dari daerah mana, pilih saja dari daerah kelahiran Anda, maka akan lebih mudah mewujudkannya.

5. Pengemasan Produk dengan Mengikuti Teknologi Modern

Jika Anda sudah berkecimpung dalam kuliner nusantara, maka perlu dipikirkan untuk memodernkan dalam pengemasan, sehingga produk akan bisa dikenal tak hanya di dalam negeri tapi bisa sampai di luar negeri. Dengan pengemasan yang menarik, simple, ringkes, namun tetap membawa keaslian khas daerahnya, menjadi kelebihan untuk produk tersebut agar dapat mendunia.

Itulah 5 langkah agar dapat ikut melestarikan masakan daerah Indonesia.

Kapan giliranmu Miks?

Mari kita jaga kelestarian masakan nusantara khas daerah kita masing-masing.

 

Salam Merah Putih,

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-4

 

1 Shares:
6 comments
  1. Waahh baguss sekali topiknya, saya salah satu penggemar masakan Nusantara. Terimakasih sudah ikut melestarikan kekayaan Nusantara kita melalui tulisan yang inspiratif ini.
    Salam Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like