5 Menu Sehat dari Herbal yang Wajib Anda Coba!

Source: harapanrakyat.com

Hai, Miks!

 

       Berbagai macam herbal yang berasal dari alam baik berupa tanaman obat-obatan maupun ekstrak tumbuhan dapat membantu memulihkan kesehatan. Tanaman tersebut seperti jahe, daun kelor, ginseng, jamur, dan lain-lain yang bagus untuk kesehatan.

Lantas menu sehat ala herbal baik pada makanan atau minuman, apa saja, nih? Silakan Anda simak ulasan singkat berikut ini.

  1. Sambal Herbal Jamu

Namanya aneh? Mungkin karena beru mendengarnya. Sambal teri biasa hanya ditambahkan jahe dan kunyit. Jahe dan kunyit kan biasa sebagai obat herbal dan sekarang menjadi bahan pelengkap sambel herbal. Silakan Anda coba sendiri sambal herbal jamu ini yang terdiri dari bahan, cabe, bawang putih, jahe, kunyit, ikan teri, dan penyedap rasa jika diperlukan.

  1. Sayur Bening Daun Kelor

 

Jangan sepelekan daun kelor yang aromanya kurang sedap. Tetapi jika menilik manfaatnya, aroma daun kelor akan diabaikan. Daun kelor dibuat sayur bening dengan ditambah kencur. Dijamin aroma kencurnya akan menambah segar sayur bening. Nikmat disantap dengan sambal terasi.

 

  1. Sop Ayam Herbal

Memasak sop ayam dan menyantapnya sudah biasa, kan? Tetapi bagaimana dengan sop ayam herbal? Rasa sop ayam akan terasa berbeda tetapi tetap nikmat dan menyehatkan badan. Herbal untuk sop bisa dibeli di toko obat. Cara memasak sop ayam herbal sama seperti memasak sop ayam pada umumnya, hanya ditambahkan rempah atau herbal untuk sop tersebut.

  1. Wedang (Minuman) Temulawak

Minuman temulawak mungkin sudah sering Anda jumpai dan nikmati. Tetapi  sudah tahukah manfaat dari temulawak itu sendiri? Temulawak itu sendiri merupakan salah satu rempah asli Indonesia yang sering ditambahkan untuk minuman herbal. Temulawak biasanya untuk jamu anak-anak yang kurang nafsu makan dan juga mengatasi gangguan pencernaan serta kolesterol jahat. Wedang ini dapat diracik sendiri di rumah, tidak perlu membeli yang instan atau yang siap minum.  100 gram temulawak dan 50 gram kencur diiris tipis, disangrai,  kemudian diblender atau ditumbuk..Dua bahan tersebut direbus sampai mendidih dengan ditambahkan asam jawa dan 20 gram jintan. Jangan lupa tambahkan gula aren 200 gram dan beberapa daun pandan agar rasa dan aroma wedang temulawak lebih nikmat.

  1. Wedang Serai

 

Minuman berikutnya yaitu dari serai. Serai yang dikenal banyak orang untuk penyedap masakan, bisa juga dijadikan minuman yang sangat nikmat. Kandungan serai di dalamnya membuat Anda lebih rileks, mengurangi stress, dan dapat juga untuk meredakan demam serta batuk. Rebus 500 ml air dan 3 batang serai yang telah dimemarkan, biarkan sampai mendidih. Kemudian tambahkan gula batu sesuai selera dan wedang serai siap dihidangkan. Mudah, bukan?

Itulah kelima menu sehat ala herbal yang mudah dibuat sendiri di rumah. Mulailah hidup sehat dengan mengonsumsi herbal baik untuk minuman maupun sayuran. Anda mau mencobanya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

#Day5

#TantanganMenulisMakMoodPublishing

#Menusehatdariherbal

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like