Ingin Makanan Enak dan Sehat? Yuk, dicoba 5 menu ini.

Source: cookpad.com

Halo, Miks!

Siapa yang tidak kenal menu nasi padang? saat pandemi Covid-19 mulai merebak, nasi padang disinyalir bisa mengobati penyakit yang disebabkan virus Corona ini. Menurut kabar, kandungan herbal dalam nasi Padang cukup banyak. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan Herbal?

 

Herbal adalah tanaman yang mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit. Jenis herbal bisa berupa buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah. Semua bahan tersebut memberikan efek yang baik untuk kesehatan bila diolah dengan benar. Jangan salah, bahan herbal bisa juga dimasukkan ke dalam masakan, lo. 

 

Berikut beberapa makanan yang mengandung herbal dan khasiatnya. 

 

  1. Kue dan Cake Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang tumbuh di benua Asia. Khasiatnya yang baik untuk pencernaan dan bagus untuk detoksifikasi membuat jahe kerap digunakan dalam pengobatan. Dalam masakan, jahe juga digunakan sebagai bumbu pelengkap. Kandungan senyawa keton bernama Zingeron, membuat jahe terasa pedas. 

 

Ingin menu luar biasa tapi sehat? Coba menu kue dan cake jahe. Rasanya pasti bikin ketagihan. 

 

2. Nasi Goreng Ketumbar

 

Bentuk ketumbar yang kecil berbanding terbalik dengan manfaatnya yang besar. Aroma yang unik memberikan kesan alami pada setiap masakan. Ketumbar juga memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit, seperti wasir, diabetes, dan nyeri sendi. 

 

Ketumbar biasanya digunakan dalam masakan berbahan dasar daging, karena bisa menyamarkan bau amisnya. Ternyata ketumbar juga bisa dipakai dalam pembuatan nasi goreng. Resep lengkap bisa dicari di internet. 

 

3. Puding LumutHerbal

 

Puding ini dibuat menggunakan agar-agar ditambah beberapa herbal seperti jahe, serai, dan kayu manis. Serai sendiri bermanfaat sebagai antioksidan dan detoksifikasi. Adapun kayu manis bersifat anti-inflamasi dan dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Jadi puding ini bisa juga dikonsumsi untuk penderita diabetes. Tentu saja setelah berkonsultasi kepada dokter.

 

4. Keripik seledri

Daun seledri berwarna hijau mempunyai aroma yang unik, khas dedaunan. Sering dipakai sebagai bumbu sop. Khasiatnya menurunkan tekanan darah, meringankan nyeri sendi, dan anti radang. Cara konsumsi seledri untuk pengobatan adalah dengan direbus dan diambil airnya. Yang jarang diketahui, ternyata seledri bisa dibuat menjadi keripik, Lo, Miks! Layak untuk dicoba. 

 

5. Bakwan Daun Kelor

Daun kelor atau Morinanga mengandung karbohidrat dan vitamin C yang tinggi. Bahkan daun ini disinyalir dapat mengatasi stunting di negara Afrika, karena kandungan karbohidrat yang tinggi. 

 

Daun kelor biasanya diolah menjadi sayur pelengkap menu makanan. Ada alternatif lain dalam memasak daun kelor, salah satunya Bakwan Daun Kelor. Sepertinya, menu ini cocok buat para penggemar gorengan. 

 

Demikian lima menu makanan yang berbahan dasar herbal. Bila ingin makan enak tapi tetap baik untuk kesehatan, cobalah menu di atas!

 

Ditulis untuk Tantangan Menulis Makmood Publishing hari ke-5

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like