Ingin Stamina Terjaga? Coba Deh 4 Minuman Herbal Ini

Source: lifestyle.kompas.com

Herbal atau yang lebih kita kenal dengan istilah jamu sebenarnya sudah lama digunakan oleh orang-orang terdahulu sebagai minuman, bumbu masakan, atau obat-obatan. Bagian tanaman herbal yang bisa digunakan biasanya adalah bagian daun, bunga, dan akar atau umbinya. Kencur, kunyit, jahe, temulawak, dan lengkuas adalah beberapa contoh tanaman herbal.

Akhir-akhir ini makanan atau minuman herbal kembali dicari dan digemari masyarakat. Berbagai minuman herbal ditawarkan baik berupa bahan mentah yang harus direbus dahulu sebelum dikonsumsi, maupun dalam bentuk instan, tinggal menyeduh di dalam cangkir atau gelas.

Masyarakat seperti diingatkan kembali tentang manfaat herbal ini. Mereka meyakini bahwa minuman herbal bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, bahkan membantu meringankan beberapa keluhan sakit, seperti masalah lambung atau maag dan peradangan.

Yuk, cek 4 minuman herbal berikut ini.

  1. Beras Kencur

Salah satu minuman herbal yang enak untuk dinikmati dalam kondisi hangat adalah beras kencur. Meskipun kencur yang diolah dengan beras ini terasa agak pedas, tetapi rasa manisnya yang dominan di lidah membuat anak-anak pun suka untuk meminumnya.

Kalau kalian pernah beli jamu gendong, pasti tidak asing dengan minuman beras kencur. Sekarang minuman tradisional ini juga tersedia dalam bentuk instan yang dijual di supermarket atau toko-toko tradisional.

Selain manis dan enak, beras kencur ini juga kaya manfaat loh. Sejak lama, kencur dikenal bisa mangatasi gangguan kesehatan seperti flu, batuk, dan masuk angin.

  1. Kunyit Asam

Minuman tradisional ini merupakan gabungan olahan dari asam yang dikenal sebagai pelangsing alami tubuh dan kunyit yang kaya manfaat. Kandungan kurkumin di dalam kunyit memiliki khasiat sebagai anti oksidan dan anti peradangan. Kunyit juga diyakini bisa membantu mengatasi gangguan lambung, seperti perut kembung dan maag.

Rasa masam dari kunyit asam yang segar juga enak dinikmati dalam kondisi dingin.

  1. Wedang jahe

Wedang dalam bahasa Indonesia berarti minuman. Wedang jahe adalah minuman yang terbuat dari jahe yang dibakar lalu direbus bersama air dan gula jawa atau gula aren. Rasa pedas jahenya terasa hangat di perut saat diminum.

Jahe bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, mengurangi rasa mual pada ibu hamil, juga sebagai anti peradangan.

  1. Wedang Rempah

Minuman ini merupakan olahan campuran dari beberapa jenis rempah seperti jahe, serai, kayu manis, cengkeh, kapulaga, kayu secang, ditambah gula batu atau gula aren.

Wedang rempah ini banyak dijual masih berupa bahan mentah. Rempah atau tanaman herbal yang digunakan bisa berbeda tergantung selera, tanpa meninggalkan bahan utama seperti jahe, serai, dan kayu manis.

Jika minuman tradisional yang terdiri dari dua macam rempah saja sudah kaya khasiat, wedang rempah yang terdiri dari lebih banyak bahan herbal tentu memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Demikian ulasan minuman herbal yang bisa dicoba. Yuk, jaga kesehatan dengan minum minuman herbal yang alami dan sehat.

 

#Tantangan Makmood Publishing_Hari Ke 5

 

1 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like