Membuat Minuman Herbal yang Berkhasiat untuk Mengatasi Masuk Angin dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

Source: magazine.job-like.com

Membuat Minuman Herbal yang Berkhasiat untuk Mengatasi Masuk Angin dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

Hai, Miks!

Akhir-akhir ini kita dituntut untuk semakin ketat menjaga kesehatan dan berhati-hati dalam aktifitas kita sehari hari. Selain pola hidup bersih seperti rajin mencuci tangan, kita juga harus meningkatkan imunitas tubuh kita agar tak mudah terserang penyakit.

Ditambah musim hujan yang mulai datang dan pastinya membuat udara dingin. Jika kita tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka udara dingin dapat mengundang beberapa macam penyakit seperti flu, batuk dan masuk angin.

Banyak jenis vitamin yang berfungsi sebagai booster bagi imunitas tubuh kita tersedia di apotik-apotik. Namun banyak pula resep-resep herbal yang dapat kita buat sendiri dirumah. Selain harganya bisa lebih terjangkau, resep herbal juga hamper tidak memiliki pengaruh bahan-bahan kimia.
Salah satunya adalah resep herbal yang baik untuk mengobati masuk angin, juga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

Ayo kita simak.

Minuman Tolak Angin

Bahan :
– 5 cm jahe
– ½ sendok teh pala bubuk
– 2 sendok makan madu murni
– 1 sendok the air perasanjeruk nipis
– 3 butir cengkih
– 3 lembar daun mint
– 1 batang serai di memarkan
– 1 ½ gelas air

Cara membuat
1. Didihkan di panic 1 ½ gelas air, lalu masukkan bubuk pala, jahe yang sudah dimemarkan, serai yang sudah dimemarkan dan cengkih.

2. Rebus hingga kira-kira airnya tinggal 1 gelas. Matikan kompor.

3. Masukkan madu, air perasan jeruk nipis dan daun mint.

4. Tunggu hingga hangat, lalu saring dan siap dihidangkan.

Minuman tersebut mudah sekali dibuat dan bahan-bahannyapun mudah didapatkan karena semua asli rempah Indonesia. Khasiat dari rempah-rempah tersebut sangat banyak dan baik bagi kesehatan.

Mari kita coba melihat khasiat masing-masing rempah yang dipergunakan dalam resep kita ini.

1. Jahe

Jahe adalah rempah yang terkenal sebagai rempah yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Namun manfaat jahe ternyata banyak, diantaranya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual, mengurangi rasa sakit otot yang disebabkan oleh kegiatan olahraga dan sakit saat menstruasi.

2. Sereh

Manfaat sereh antara lain adalah sebagai anti oksidan, anti mikroba, anti peradangan, detoksifikasi, mengurangi berat badan bahkan membantu mengurangi resiko kanker. Sereh juga baik untuk membantu mengurangi rasa cemas, atau dengan kata lain mampu menenangkan.

3. Pala

Pala baik untuk meningkatkan kesehatan otak, mengurangi rasa sakit, mengobati insomnia, mengendalikan tekanan darah dan merawat kulit.

4. Cengkih

Cengkih atau cengkeh mempunyai khasiat membantu menjaga system pencernaan, mengatasi sakit gigi, menguatkan tulang, membunuh bakteri dan mencegah kerontokan rambut.

5. Madu

Si manis berwarna keemasan ini sangat baik untuk menguatkan system imun tubuh, sebagai sumber energy, mengurangi kolesterol, meredakan flu dan batuk, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

6. Daun Mint

Khasiat daun mint diantaranya adalah menjaga kesehatan gigi, meringankan kram perut saat menstruasi, meredakan sakit kepala, dan mengatasi gangguan pencernaan.

7. Jeruk Nipis

Khasiat jeruk nipis diantaranya adalah meremajakan kulit, meningkatkan system kekebalan tubuh, menjaga kadar gula darah, mengurangi resiko penyakit kanker dan membantu menurunkan berat badan.

Nah, luar biasa bukan khasiat dari ramuan herbal yang bahan-bahannya adalah rempah-rempah asli Indonesia?
Semangat selalu dalam beraktifitas, jaga kesehatan dan lindungi diri selalu sesuai protocol kesehatan yang ditentukan.
Salam sehat, salam bahagia.

17 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like