Menjaga Kesehatan dengan Ramuan Herbal

Source: cookpad.com

Halo Miks!

Indonesia adalah negara yang subur dan kaya akan tanaman herbalnya. Sejak jaman dulu, nenek moyang kita sudah memanfaatkan herbal atau tanaman obat sebagai pengobatan saat mereka sakit. Nah, karena sekarang kita sedang mengalami pandemi COVID-19 yang menuntut kita untuk selalu sehat, tidak ada salahnya kalau kita mulai kembali kepada ramuan-ramuan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Inilah beberapa minuman herbal yang dapat kita manfaatkan dan cara membuatnya.

  1. Kunyit Asam

Kunyit asam bisa digunakan untuk membersihkan dan menetralisir racun-racun yang ada dalam tubuh kita. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pegal saat kita kelelahan, membuat kulit lebih cerah dan bisa juga untuk menghilangkan bau badan. Kunyit asam juga baik dikonsumsi wanita yang sedang haid, karena bisa meredakan nyeri saat haid. Ternyata manfaatnya cukup banyak ya. Cara membuatnya juga tidak sulit, kok.

Bahan-bahannya:

½ kg kunyit,

½ kg asam jawa,

¼ kg gula jawa,

½ sendok teh garam

2 liter air.

Cara Membuat:

Rebus semua bahan sampai mendidih dan gula larut. Setelah mendidih, angkat dan tunggu hingga hangat. Lalu simpan kunyit asam di tempat tertutup dan bersih. Bila memungkinkan, lebih baik disimpan dalam botol kaca. Bisa diminum saat hangat atau dingin.

  1. Wedang Secang

Wedang Secang atau minuman yang berbahan dasar kayu secang ini punya banyak manfaat, lo. Manfaat mengkonsumsi Wedang Secang antara lain meningkatkan stamina, membantu penyerapan vitamin C, mengobati masuk angin dan sakit perut, mengatasi masalah obesitas, mengobati dinding usus dan bisa sebagai antibiotik alami. Cara membuatnya mudah sekali.

Bahan-bahannya:

7 serut kayu secang

2 ruas jahe

1 batang serai

1 buah gula aren

1 batang kayu manis

2 buah cengkeh

4 gelas air

Cara Membuat:

Cuci dan kupas jahe, bakar sebentar kemudian digeprek. Masukkan jahe dan bahan-bahn lain ke dalam panci. Masak sampai mendidih dan air berubah kemerahan. Angkat, kemudian tunggu hingga hangat. Bila ingin meminumnya dalam keadaan dingin, maka bisa ditambahkan es batu.

  1. Beras Kencur

Minuman khas Indonesia ini banyak manfaatnya, lo. Rasanya segar apaalgi bila diminum dalam keadaan dingin. Sesuai dengan namanya minuman ini berbahan dasar beras yang dihaluskan dan kencur. Manfaat meminum beras kencur antara lain adalah menambah nafsu makan bagi anak-anak, mengobati masuk angin, mencegah dan mengobati jerawat, mengencangkan kulit dan masih banyak manfaat lainnya. Sekarang Beras Kencur  dijual oleh penjual jamu tradisional atau di supermarket, tapi bila Anda ingin membuat sendiri juga bisa.

Bahan-bahannya:

200 gram beras putih

6 ruas kencur

2 ruas jahe

600 ml air

1 sdm asam jawa

¼ kg  gula jawa

Cara membuatnya:

Rendam beras selama semalam. Bersihkan kencur dan jahe, geprek lalu rebus bersama bahan yang lain. Masak sampai mendidih. Beras yang sudah lunak kemudian diblender, lalu masukkan ke dalam ramuan yang sedang dimasak tadi. Aduk sampai rata kemudian angkat dan diamkan hingga dingin. Saring lalu simpan ke dalam tempat tertutup atau botol kaca.

  1. Ramuan untuk Regenerasi Sel dari dr. Zaidul akbar

Ramuan ini mungkin bukan jamu tradisional Indonesia, tapi bahan-bahannya menggunakan rimpang asli negeri kita. Membuatnya mudah dan banyak manfaatnya. Manfaat utamanya adalah untuk membantu regenerasi sel-sel tubuh manusia. Sangat baik bila dikonsumsi secara rutin.

Bahan-bahannya:

1 telunjuk kunyit

1 jempol jahe

1 batang serai

3-5 butir kurma, buang bijinya

1 buah jeruk nipis, diperas ambil airnya

1 sendok makan madu

300 ml air

Cara membuat:

Bersihkan, kupas dan geprek kunyit dan jahe. Masukkan ke dalam panci dan rebus dengan bahan-bahan yang lain, kecuali kurma, jeruk nipis dan madu. Setelah mendidih, angkat lalu diamkan sampai hangat. Blender ramuan dengan kurma sampai halus, tambahkan perasan jeruk nipis dan madu. Ramuan bisa langsung diminum, atau disaring terlebih dahulu jika suka.

 

Itulah beberapa minuman herbal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Semuanya menggunakan bahan-bahan alami dan tidak menggunakan pengawet. Semoga informasinya berguna, ya.

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-5

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like