No. 4 Para Pria Wajib Tahu! 7 Rahasia Dibalik Daun Katuk

Source: hot.liputan6.com

No. 4 Para Pria Wajib Tahu! 7 Rahasia Di Balik Daun Katuk

 

Hallo, Miks!

Di tengah wabah virus Covid-19 seperti saat ini, kita di paksa hidup dalam situasi new normal. Dan untuk dapat melalui kehidupan secara new normal, di perlukan stamina yang prima. Dengan stamina yang prima tidak akan mudah terjangkit virus.

Oleh karena itu, sebaiknya beri tubuh dengan asupan makanan yang bernilai gizi tinggi. Makanan bergizi tinggi, tidak harus dari bahan makanan yang mahal harganya. Dan salah satunya ada pada daun katuk, sayuran murah tapi bernilai gizi tinggi. Pada umumnya, masyarakat hanya tahu manfaat daun katuk untuk memperlancar ASI. Padahal, kandungan nutrisi pada daun katuk sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Daun katuk termasuk dalam jenis sayuran, yang memiliki nama latin Sauropus Adrogynus serta termasuk famili Euphorbiaceae. Di Indonesia, tanaman ini biasanya tumbuh di dataran dengan ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut. Daun katuk dapat tumbuh hingga mencapai tinggi tiga meter dengan cabang-cabang yang cukup lunak.

Berdasarkan penilitian oleh para ahli, daun katuk juga mengandung mangan, energi, hidrat arang, abu, karoten, air, pirolidion, metil piroglumatan, p-dodesilfenol, lemak, protein, kalsium, zat besi, fosfor, Vitamin (A, B dan C) dan juga memiliki kandungan efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza. Sayuran ini tidak kalah fungsinya bagi kesehatan dengan jenis sayuran lain.

Daun katuk dapat diolah dengan berbagai varian, untuk dijadikan menu masakan yang enak dan sehat bagi keluarga.

Inilah, 7 rahasia dibalik daun katuk yang sangat penting untuk diketahui.

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh.

Daun katuk mengandung vitamin C yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari buah jeruk dan jambu biji. Kandungan zat besi yang terkandung didalam daun katuk juga tinggi, sehingga dapat mejaga kekebalan tubuh agar tubuh tetap sehat dan bugar.

  1. Mengobati Influenza

Bagi penderita influenza sangat dianjurkan mengkonsumsi sayur daun katuk, dikarenakan kandungan efedrin pada daun katuk mampu mengobati flu. Terlebih jika dikonsumsi dalam kondisi masih hangat.

  1. Menjaga dan Mencegah Osteoporosis

Dengan rutin mengkonsumsi daun katuk, serangan osteoporosis atau pengeroposan tulang dapat dicegah. Dikarenakan kandungan kalsium pada daun katuk juga mampu menjaga kesehatan tulang. Hal ini sangat dianjurkan bagi wanita menjelang menopause.

  1. Meningkatkan Vitalitas Pria

Daun katuk ini tidak hanya baik untuk wanita, bahkan para pria juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Kandungan fitokimia pada daun katuk terbukti dapat meningkatkan kulitas dan kuantitas spema menjadi lebih baik

  1. Mengatasi Diabetes

Berdasarkan hasil penelitian Hamidun Bunawan dari Institute of System Biology-Malaysia, menginformasikan bahwa daun katuk memiliki manfaat untuk antidiabetes dan berpengaruh pada penurunan gula darah manusia. Hasil penelitiannya menunjukkan, orang yang mengkonsumsi daun katuk memiliki indeks glikemik lebih rendah dibanding yang tidak mengkonsumsi.

  1. Mengobati Luka

Dilansir dari NCBI, berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun katuk mampu meningkatkan kontraksi pada luka di permukaan kulit. Sehingga membuat luka cepat menutup dan sembuh.

  1. Antioksidan

Dikutip dari hasil penelitian Food Chemistry, daun katuk juga memiliki zat antioksidan cukup tinggi sehingga sangat baik dan secara efektif melawan radikal bebas juga menangkal berbagai serangan virus.

Daun katuk ini dapat diolah dengan berbagai varian untuk menjadi makanan yang bergizi bagi keluarga.

Salah satunya dapat dioleh seperti kudapan teman ngeteh atau ngopi seperti berikut ini.

Bolu Kukus Mekar Daun Katuk

(Cookpad.com, resep Iiswatizin, 23 Juli 2019)

Bahan-bahan :

  • 250 gr tepung terigu
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt soda kue
  • 200 ml santan
  • ½ sdt pasta pandan
  • 200 gr gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 125 ml minyak sayur
  • 10 tangkai daun katurk (blender dengan air santan dari bahan diatas)

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan bahan sesuai resep, kocok telur dengan whisker hingga berbusa dan sisihkan.
  2. Panaskan dalam panci bahan santan, gula pasir, garam dan aduk hingga larut. Angkat dan dinginkan, setelah dingin masukkan pasta pandan lalu aduk rata, sisihkan.
  3. Cuci bersih petikan daun katuk lalu rebus hingga layu, angkat dan blender dengan 50 gram rebusan santan, kemudian saring dan sisihkan.
  4. Dalam wadah terpisah, ayak tepung terigu dan masukan baking powder, soda kue, sisa rebusan santan juga daun katuk yang sudah diblender serta minyak lalu aduk hingga rata.
  5. Tuang adonan kedalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi papercup hingga penuh. Masukkan kedalam panci kukusan yang sudah dipanaskan diatas kompor, tutup dengan tutup panci yang sudah terbungkus serbet. Kukus selama 20 menit dan matang merekah. Angkat dan sajikan.

Mudahkan, Miks!

Setelah tahu rahasia dan cara mengolahnya, sekarang tak perlu ragu untuk berkreasi dengan daun katuk ini, Miks.

Daun katuk selain bergizi tinggi, juga murah dan mudah di dapat. Baik dipasar maupun di tukang sayur. Untuk mengolahnya menjadi aneka masakan pun, mudah dan tidak butuh waktu lama. Memberikan asupan makanan bergizi tinggi bagi keluarga tercinta, tidaklah harus merogoh kocek dengan bahan yang mahal. Saatnya berkreasi dengan bahan daun katuk untuk hasil olahan yang ekonomis dan bernilai gizi tinggi bagi keluarga.

Selamat berkreasi mengolah daun katuk menjadi hidangan yang istimewa, ya, Miks!

 

 

 

 

Tantangan Menulis Makmood Publishing hari ke-5

1 Shares:
2 comments
  1. Menarik ! Alam Indonesia luar biasa keanekaragaannya. Tampaknya, kita tidak perlu membeli suplemen vitamin impor yang mahal, cukup dengan mengikuti saran penulis artikel ini mbak Maria T.I. Sumitro. Lagipula enak dibaca, gaya nulis jelas dan elegan.
    Daun katuk ternyata manjur untuk banyak hal. Khususnya manfaat daun katuk untuk laki-laki 🙂 Hmmm by the way, apa harus menjelajahi gunung untuk memetik daun katuk, atau bisa dibeli di toko herbal ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like