Sambal Cabe Rawit Merah Mentah Pakai Siraman Air Jeruk Nipis , Inilah Resepnya

Source: food.detik.com

Hai, Miks!

Menu makanan segar dan  sehat berbahan herbal  sangat banyak  ragamnya. Nah salah satu menu  segar dan pedas adalah sambal cabe rawit merah pakai siraman air jeruk nipis.

Bahan – bahannya;

  1. Cabe rawit merah 100 gram
  2. Bawang merah 5 siung atau sesuai selera
  3. Jeruk nipis 1 buah
  4. Garam secukupnya

 

Cara mengolahnya

Cabe rawit merah dibersihkan. Setelah itu bawang kupas sekitar 5 siung atau sesuai selera boleh lebih. Apabila semua bahan disiapkan dan dibersihkan. Kemudian cabe rawit merah di uleg atau di giling pakai batu gilingan cabe (kalau di masyarakat suku Minang) pakai garam secukupnya sesuai selera. Setelah cabenya mulai halus, kasih bawang merah. Setelah itu potong jeruk nipis dan peras airnya kemudian siriman ke cabe yang di giling atau uleg tersebut. Aduk-aduk rata antara cabe yang telah disiram air jeruk nipis.

 

Kemudian siap dihidangkan. Hidangan atau menu ini enaknya makan, ketika hari-hari hujan. Bisa juga pagi hari atau sore harinya.

 

Lalapannya

Lalapan yang langka atau jarang adalah antara balutan pucuk daun pepaya dengan duan jambu mente.

  1. Pucuk Daun Pepaya

Pucuk daun pepaya. Memang tak semua orang suka lalapan atau sayuran daun pepaya, karena rasanya pahit. Pucuk daun pepaya muda, mudah mendapatkannya. Menanamnya mudah diperkrangan rumah. Tetapi banyak pernah coba rasanya fresh dan menyehatkan.

  1. Pucuk Daun Jambu Mente

Daun pucuk jambe. Pucuknya rasanya manis dan segar. Tetapi pucuk daun jambe mente memang tak mudah mendapatkannya. Tidak semua daerah ada tanaman tersebut. Apabila nanti dipasangan dengan pucuk daun pepaya. Memang jambu mente ini,  sulit menanamnya di perkarangan rumah, karena tanaman ini hanya tumbuh di daerah-daerah tertentu.

Apabila sudah pernah mencoba lalapan kedua pucuk daun tersebut, akan ketagihan. Tentu akan coba lagi dan coba lagi. Memang sambal ini, jarang dibuat dan disajikan dijamuan jamuan pada umumnya. Tetapi ini hanya pesan khusus atau inisiatif membuat sendiri, karena ingin menu tersebut.  Begi juga menu ini  tidak  ada di restoran-restoran atau rumah makan di manapun. Kecuali dipesan untuk dibuatkan, mungkin bisa.

 

Nah, Miks, itulah salah satu menu segar dan sehat dari bahan herbal. Selain rasanya segar dan sehat, menambah selera makan. Silahkan coba.

 

 

 

 

1 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like