5 Kuliner Nusantara dari Olahan Mie yang Bikin Lapar dan Ngiler

Source: tripzilla.id

Halo, Miks!

 

Indonesia terkenal sebagai penghasil rempah yang berlimpah dan banyak makanan Khas Indonesia yang tercipta dan dikenal sampai penjuru dunia. Mulai dari rendang, soto ayam, sate, nasi goreng, sampai bakso. Bahkan di luar negeri harga makanan khas ini dibandrol dengan harga yang cukup fantastis.

Hampir setiap daerah memiliki kuliner dengan cita rasa yang berbeda dan khas. Kali ini akan membahas kuliner nusantara yang berasal dari olahan mie. Apa saja itu dan berasal dari mana saja? Simak, yuk.

 

 

  1. Mie Kocok

 

Bandung, selain dikenal dengan batagor, ada juga camilan dari mie yaitu mei kocok. Mie kocok ini terbuat dari mie kuning dengan kuah kaldu sapi yang kental ditambah irisan kikil, bakso, dan taoge. Irisan daun bawang dan bawang goreng sebagai taburannya. Disebut mie kocok karena saat proses penyajiannya, semua bahan dikocok-kocok di dalam suatu wadah logam yang bolong-bolong dan bergagang sambal dicelupkanya ke dalam air panas.

 

  1. Mie Celor

 

Palembang tidak saja dikenal dengan pempek ikan yang khas, tetapi ternyata ada olahan dari mie juga. Namanya Mie celor. Pelengkap mie celor antara lain tauge, irisan telur rebus,daging udang atau sapi suwir, irisan seledri, dan tidak ketinggalan irisan daun bawang serta bawang goreng sebagai taburannya. Me celor disajikan dalam campuran kuah santan yang direbus bersama udang kering  atau kaldu ebi. Aroma mie celor sangat khas yang berasal dari kaldu udang kering dan rasanya cenderung asin dan gurih tentunya.

 

  1. Mie Ongklok

 

Jawa Tengah, khususnya Wonosobo juga mempunyai masakan dari olahan mie, yaitu mie ongklok. Mie berkuah dengan campuran bahan lain berupa kol, potongan daun kucai dengan kuah kental yang berasal dari tepung kanji. Disebut mi ongklok karena tempat mencelupkan mie ke dalam air mendidih menggunakan ongklok. Ongklok merupakan keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu.

 

  1. Mie Cakalang

 

Mie cakalang berasal dari Manado. Disebut mie cakalang karena di dalamnya terdapat irisan daging cakalang. Mie Cakalang disajkan dengan kuah bening dengan merica, tidak lupa sayuran hijau seperti sawi hijau dan irisa daun bawang. Sambal cabai hijau atau cabai merah sebagai penambah rasa pedas sesuai selera Anda.

 

  1. Lontong Mie

 

Olahan mie yang satu ini berasal dari Surabaya, berbahan dasar mie dan lontong. Uniknya, lontong mie ini dilengkapi dengan petis. Kuah petis yang berwarna hitam kecoklatan namun menjadikan aroma dan cita rasa yang khas dan unik. Kuahnya sedikit mengental dengan bahan-bahan di dalamnya berupa mie kuning, tauge rebus, irisan tahu goreng, dan udang goreng. Tentu saja tidak lupas taburan bawang goreng di atasnya.

Itulah kelima olahan makanan khas daerah yang ada di Indonesia yang berbahan dasar mie. Hidangan ini sangat cocok disantap ada sore hari atau saat cuaca sedang dingin. Silakan dipilih sesuai selera dan selamat menoba. Semoga bermanfaat.

 

#TantanganMenulisMakMoodPublishing

#Day6

#KulinerNusantara

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like