Kue Khas Riau, Kekayaan Budaya yang Menginspirasi

Source: lifestyle.okezone.com

 

Apa kabar, Miks!

Siapakah yang pernah menjelajah pelosok negeri kita tercinta ini? Apa yang istimewa dari setiap kunjunganmu ke seantero Nusantara selain tempat-tempatnya yang indah? Nah, ada satu yang selalu menjadi tujuan perjalanan kita. Apa itu? Ya, Miks! Pasti kita akan mencari tempat-tempat makanan tradisional yang luar biasa lezat dan bikin nagih.

Kekayaan alam kita yang sangat beragam dan istimewa, melahirkan banyak resep-resep menu yang berbeda-beda di setiap daerah yang kita kunjungi. Antar daerah, antar pulau, bahkan antar suku, semua mempunyai menu-menu istimewa yang tersohor di pelosok negeri. Bahkan ada kuliner dari Minang yang mendunia, dan disebut sebagai makanan terenak di dunia. Ya, rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Mengalahkan makanan-makanan modern yang disukai generasi milenial seperti pizza dan Kentucky.

Kali ini kita akan menjelajah dan mengenal kuliner nusantara dari pulau Sumatera. Kuliner yang akan kita tampilkan adalah kue-kue khas Riau, pulau Sumatera. Riau yang merupakan tanah Melayu, terletak di pulau Sumatera bagian tengah Wah, kuenya betul-betul mengundang selera, Miks! Yuk, kita simak, kue apa saja ya.

  1. Lapek Bugih

Lapek Bugih merupakan kue khas Kabupaten Kampar, Riau, terbuat dari beras ketan putih dan beras ketan hitam. Dulu makanan ini merupakan makanan yang dibuat untuk kum bangsawan, tetapi saat ini semua lapisan masayarakat Riau. Lapek Bugih menjadi salah satu wisata kuliner  di Pekanbaru dan sekitarnya.

 

  1. Bolu Kemojo

Disebut dengan bolu kemojo karena bentuknya yang seperti bunga kamboja.

Bolu kemojo dibuat seperti bolu yang lain hanya ditambahkan santan dan pewarna hijau dari daun suji. Bolu kemojo banyak dijumpai di gerai-gerai oleh-oleh Pekanbaru dan menjadi favorit oleh-oleh dari wisatawan yang datang ke Pekanbaru.

 

  1. Kue Asidah

Kue Asidah ini termasuk kue yang unik , karena rasanya yang manis tetapi disajikan dengan bawang goreng. Kue asidah terbuat dari cengkeh, pandan, dan kayu manis untuk memperkuat bau dan rasanya. Bentuk kue asidah ini seperti bunga mawar atau berbentuk daun. Agak sulit menemukan kue asidah ini di Riau saat ini.

 

  1. Lempok Durian

Lempok durian merupakan makanan khas Riau yang dibuat dari buah durian yang memiliki tekstur seperti dodol, berwarna coklat, sedikit kenyal, dan lembek. Biasanya berbentuk lonjong dan kemasannya ada yang sudah dipotong ada yang masih utuh lonjong. Banyak ditemui di gerai-gerai oleh-oleh di Pekanbaru maupun di Pasar Bawah yang merupakan sentra wisata belanja di Pekanbaru.

 

  1. Roti Jala

Roti jala adalah makanan khas Riau yang terbuat dari tepung. Bentuknya berjaring-jaring kotak. Untuk penyajiannya disuguhkan dengan kuah kari isian daging dan ayam. Roti jala juga bisa disantap dengan saus durian yang sangat lezat rasanya. Saus dengan cita rasa yang khas tersebut memang sangat unik dan Riau banget. Roti jala banyak ditemui dimana-mana, karena merupakan makanan yang sangat familiar bagi masyarakat Riau.

 

  1. Kue Bangkit

Kue bangkit khas Riau ini disebut juga kue bangket. Kue ini banyak ditemui juga di tanah Melayu ini, seperti Malaysia, Sumatera Barat, Jambi. Bentuknya cantik menyerupai bunga dan berwarna putih. Bertekstur lembut dan empuk saat dimakan. Sangat enak dan mengundang selera untuk terus makan kue bangkit ini.

 

  1. Pancake Durian

Pancake durian khas Riau ini sangat enak dan bikin nagih. Pancake isi durian ini memilik tekstur yang lembut, dibungkus dengan kulit yang beraroma durian. Akan lebih lezat lagi bila dimakan pada saat dingin. Banyak ditemui di gerai-gerai oleh-oleh Pekanbaru.

 

  1. Keripik Nanas

Buah nanas banyak ditemui di Riau, maka selain dibuat selai. Nanas juga sangat enak dijadikan keripik. Rasanya gurih, manis, asam, dan enak banget. Keripik nanas bisa menjadi pilihan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Riau.

 

Nah, Miks, ternyata banyak ya kue-kue khas Riau yang bisa kita jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Riau ataupun untuk acara keluarga dan acara penting lainnya. Dijamin rasa dan penampilannya yang cantik,  membuat kepingin makan terus.  Ternyata, setiap daerah di nusantara kita, mempunyai kekhasan kuliner yang merupakan kekayaan budaya kita yang menginspirasi ya, Miks. Jangan lupa, kalau berkunjung ke Riau, mampir ya mencari kue-kue yang lezat ini.

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-6

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like