Kuliner Nusantara Yang Sudah Dikenal Di Dunia

Source:Tirto.id

Halo Miks!

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan makanan khasnya. Beragam makanan khas Nusantara tersebar di seluruh Indonesia. Makanan khas di tiap daerah berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Bahkan beberapa masakan khas Indonesia sudah terkenal dan diakui kelezatannya di mata dunia. Inilah beberapa kuliner khas Indonesia yang sudah dikenal di dunia dan sejarahnya.

 

  1. Soto

Walaupun awalnya Soto adalah masakan berkuah dari Cina, saat ini Soto adalah salah satu masakan Nusantara yang cukup terkenal. Awalnya Soto menggunakan daging babi, tapi setelah agama Islam masuk ke pulau Jawa, maka masyarakat mengganti daging babinya dengan daging sapi, kerbau, ayam atau bebek.  Ada yang kuahnya bening karena hanya menggunakan kaldu,dan ada juga jenis yang kuahnya kental dan gurih karena menggunakan santan. Masakan ini awalnya dikenal di pulau Jawa, lalu tersebar di seluruh Indonesia dengan beragam karakter dan ciri khas daerah masing-masing.

Di propinsi Jawa Tengah misalnya, ada beberapa jenis soto, seperti Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Sokaraja, Soto Purbalingga dan Soto Wonogiri yang karakteristik berbeda tiap daerah . Bahkan di Pekalongan muncul variasi soto yang berbeda yaitu Tauto Pekalongan. Soto ini menggunakan sambal goreng tauco sebagai bumbu, sehingga rasanya unik dank has, berbeda dengan jenis soto lainnya.

Di Jawa barat terdapat Soto Bandung, Soto ayam Sunda, Soto Mi Bogor, Soto Sapi Banten dan lain sebagainya. Dan ibukota kita pun terkenal dengan Soto Betawi yang kuahnya gurih dan kental serta kerupuk warna-warninya

Di Jawa Timur juga ada berbagai jenis soto yang cukup terkenal, seperti Soto Madura, Soto Lamongan dan Soto Sulung Surabaya. Ciri khas soto di Jawa Timur ini adalah adanya tambahan koya bubuk, sehingga soto menjadi lebih gurih.

Di luar pulau jawa juga dikenal berbagai macam Soto, seperti  Soto Medan, Soto Padang, Soto Banjar, Soto Makassar, Soto Manado, Soto Kikil Kendari, Soto Sasak dari Lombok-NTB, dan masih banyak lagi.

 

  1. Gudeg

Gudeg adalah masakan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, dengan proses memasak yang cukup lama. Masakan ini memiliki cita rasa gurih dan manis. Gudeg biasa dinikmati bersama nasi putih, Sambal Goreng Krecek, Telur Pindang atau Ayam Goreng .

Gudeg mulai dibuat pada masa Kerajaan Mataram Islam dibangun di Hutan Mentaok, Kotagede Yogyakarta sekitar tahun 1500-an. Saat itu banyak pohon nangka dan melinjo yang ditebang dalam masa pembangunan sehingga masyarakat berusaha memanfaatkan buah nangka muda tersebut menjadi masakan. Buah nangka yang diolah saat itu banyak sekali, hingga saat mengaduknya mereka harus menggunakan alat yang mirip dengan dayung. Proses mengaduk ini, yang disebut hangudeg dalam bahasa Jawa, membuat masakan ini pada akhirnya disebut Gudeg.

Saat ini Gudeg bisa ditemukan di warung makan, restoran atau acara-acara seperti pernikahan, sunatan dan lain-lain.

 

  1. Rendang

Rendang adalah masakan daging yang diolah dengan santan dan rempah-rempah dan berasal dari Minangkabau. Memasak Rendang sebenarnya tidak sulit, tapi membutuhkan kesabaran karena Rendang harus dimasak dengan api kecil dan proses memasaknya membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih sekitar 4 jam.

Rendang sudah dikenal dalam seni masakan Melayu sejak tahun 1550-an. Masakan ini sering dibawa sebagai bekal perjalanan saat orang Minang merantau karena Rendang adalah makanan yang tahan lama dan dapat bertahan selama berbulan-bulan. Saat ini Rendang sering diberikan sebagai bantuan pangan pada korban bencana alam karena alasan selain tahan lama, rendang juga sangat bergizi dan lezat.

 

Itulah beberapa jenis kuliner Nusantara yang sudah dikenal di dunia. Bila Anda sempat berkunjung ke daerah-daerah yang memiliki masakan tersebut di atas, jangan lupa mencoba semuanya, ya. Semoga bermanfaat.

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-6

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like