Mandai, Kuliner Unik Kalimantan Selatan yang Menggugah Selera

Source: beri.web.id

Mandai, Kuliner Unik Kalimantan Selatan yang Menggugah Selera

Hai, Miks!

Pernah mendengar kuliner yang bernama Mandai? Mandai adalah kuliner khas Kalimantan Selatan yang bahannya adalah kulit buah cempedak. Makanan ini sangat terkenal karena bahannya yang unik dan cita rasanya yang nikmat. Unik karena terbuat daru kulit buah yang biasanya menjadi limbah, atau dibuang begitu saja.

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari family Moraceae. Bentuk, rasa dan keharuman buah ini hampir sama dengan buah nangka, walau kadang aromanya jauh lebih kuat dari buah nangka.Cempedak banyak terdapat di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, hingga Maluku dan Papua.

Dalam pengolahannya, ada yang langsung mengolah setelah kulit cempedak dibersihkan, namun ada juga yang merendam kulit cempedak tersebut terlebih dahulu kedalam air garam dan disimpan beberapa hari didalam wadah tertutup, sebelum diolah menjadi masakan.

Nah Miks, mari kita simak resep unik ini ya.

Mandai Pedas Manis

Bahan-bahan
– 1 kilogram kulit cempedak
– 7 siung bawang merah ( 3 siung diiris dan 4 siung dihaluskan)
– 3 siung bawang putih
– 5 buah cabe merah besar
– 10 buah cabe rawit
– Gula pasir secukupnya
– Garam secukupnya
– Minyak goreng secukupny

Cara Membuat

1. Kupas bagian luar kulit cempedak, hilangkan bagian kasarnya. Iris-iris kecil. Beri garam lalu diremas remas sebentar, cuci hingga bersih, tiriskan.

2. Goreng irisan kulit cempedak hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

3. Haluskan 4 butir bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit.

4. Tumis irisan bawang merah hingga layu, masukkan bumbu halus, tambahkan gula dan garam, oseng hingga wangi. Tambahkan sedikit air.

5. Masukkan irisan mandai yang sudah digoreng, aduk hingga bumbu tercampur rata. Masak hingga air habis. Pastikan rasa garam dan gula sudah pas sesuai selera.

6. Pindahkan ke piring saji dan mandai pedas manis siap dihidangkan.

Masakan ini cocok sekali dihidangkan dengan nasi hangat. Tanpa lauk lainpun hidangan ini sudah sangat menggugah selera. Bisa juga dinikmati bersama ikan bakar atau ikan goreng.

Kuliner nusantara memang luar biasa beragam. Banyak sekali kuliner unik dan lezat yang tidak banyak dikenal orang. Untuk itu, bagi penggemar kuliner menggali dan mencari resep-resep unik nan lezat adalah sebuah keasyikan yang menantang.

Ayo perkenalkan kuliner-kuliner nusantara agar semakin beragam kekayaan budaya Indonesia yang bisa diketahui khalayak luas.

Jadi, selamat mencoba membuat mandai ya Miks! Dijamin lidah bergoyang menikmati santapan lezat ini.

Tantangan Makmood Publishing hari ke-6

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like