5 Keuntungan Menerbitkan Buku di Penerbit Indie yang Wajib Anda Tahu

Source: pexels.com

Hai, Miks!

 

Anda sedang bimbang ingin segera menerbitkan buku di mana? Menerbitkan buku di Penerbit Indie menjadi salah satu jawaban yng tepat. Anggapan masyarakat yang berkembang bahwa menerbitkan buku di Penerbit Indie hanya bagi penulis yang naskahnya ditolak di Penerbit Mayor. Tetapi ternyata menerbitkan buku di Penerbit Indie lebih menjanjikan dan menguntungkan.

 

Penulis terkenal pun banyak yang memulai menerbitkan bukunya di Penerbit Indie sebelum akhirnya naskah mereka dipersunting di Penerbit Mayor, seperti Beatrix Potter, Thomas Paine, Virginia Woolf, dan masih banyak lagi. Bahkan Dee Lestar masih tetap memilih jalur penerbitan indie.

Masih ragu juga menerbitkan buku di Penerbit Indie? Agar semakin memilih jalur penerbitan indie, mari disimak keuntungan jika menerbitkan di Penerbit Indie.

 

  1. Buku Pasti Terbit

Di Penerbit Indie, naskah yang kita serahkan sudah pasti menjadi buku, baik dalam skala besar maupun kecil dan juga tidak memerlukan waktu yang lama hanya untuk sebuah kepastian buku akn terbit atau tidak.. Jika memilih jalur penerbit mayor, belum tentu buku akan terbit karena banyak proses yang harus dilalui ditambah lagi persaingan yang begitu ketat dalam kelolosan sebuah naskah atau tulisan

 

  1. Birokrasi yang Lebih Singkat

Tidak seperti di Penerbit Mayor dengan birokrasi yang panjang dan tentu saja tidak sebentar. Penerbit Indie identik dengan mandiri, bebas, dan merdeka. Wajar jika birokrasi dalam Penerbitan Indie lebih singkat dan ringkas. Dengan birokrasi yang lebih singkat pastinya akan menghemat waktu dan biaya. Birokrasi ini meliputi waktu seleksi, proses editing, dan masih banyak lagi sampai buku terbit.

 

  1. Sistem Pre Order (PO)

Sistem Pre Order atau yang dikenal dengan sistem PO. Sistem PO ini hanya mencetak buku sesuai pemesanan atau permintaan penulis berapa pun jumlahnya.  Namun jika di Penerbit Mayor, mencetak buku harus dalam jumlah besar dan jika ada buku tidak laku harus diretur.

 

  1. Penentuan Harga Buku

Sistem penjualan atau penentuan harga buku diserahkan sepenuhnya kepada penulis. Penerbit Indie hanya memberikan harga produksi. Hasil keuntungan keseluruhannya akan menjadi milik penulis. Untuk penjualan buku pun, Penerbit Indie akan membantu memasarkannya.

 

  1. Biaya Desain Kover, Lay Out, sampai ISBN Gratis

Semua biaya mulai dari prose editing, desain kover, lay out, sampai terbit ISBN adalah gratis. Penerbit Indie tentu saja mandiri dalam menentukan biaya tesebut. Silakan dibandingkan dengan harga di penerbitan mayor. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan bagi penulis perorangan maupun kelompok atau komunitas.

 

Bagaimana setelah membaca lima keuntungan menerbitkan di Penerbit Indie? Di Penerbit Indie sangat cocok bagi yang menulis karena passion, namun jika mencari prestige, silakan menerbitkan di Penerbit Mayor dengan sabra mengantri dan persiapan dana yang lebih besar tentunya. MakMood Publishing yang merupakan Penerbit Indie juga menyediakan jasa penerbitan secara cepat tanpa proses yang ribet dan harga terjangkau. Mulai dari Rp 150.000 Anda sudah bisa menerbitkan buku di Makmood Pusblishing dengan minimal cetak 30 buku. Atau bisa memilih paket Rp 400.000 tanpa ketentuan minimal cetak buku. Biaya tersebut tentu saja sudah termasuk desain kover sampai ISBN.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menerbitkan buku.

 

#TantanganMenulisMakmoodPusblishing

#Day7

#SeputarPenerbitan

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like