Penulis, Tentu Harus Mengenal Seputar Penerbitan, Inilah Penjelasannya

Source: pexels.com

#Tantangan Menulis di Makmood Publishing Hari Ke-7

 

Halo Miks!

Berkimpung di dunia kepenulisan tentu harus mengenal seputar penerbitankan?. “Oh tentu!  Apakah sebagai penulis, baik pemula atau yang telah profesional? Begitu juga editor dan profesi lainnya di dunia tulis menulis.  Walaupun laju perkembangan  digital sangat pesat, tetapi dunia penerbitan dan grafika tetap masih eksiskan? Namun, masyarakat modern belum sepenuhnya meninggalkan dunia percetakan berbahan kertas. Berikut penjelasan singkat seputar penerbitan.

  1. Wawasan Tentang Penerbitan

Secara global, istilah penerbitan atau publishing kerap merujuk pada produksi dan distribusi informasi dalam bentuk tercetak dan ditujukan untuk dapat diakses oleh masyarakat umum atau public. Orang atau individu yang memimpin organsasi atau perusahaan penerbitan disebut dengan penerbit. Tak semua penulis mengirimkan hasil tulisan atau naskahnya ke penerbit lain, tetapi ia memiliki organisasi atau perusahaan penerbitan sendiri. Berarti mereka tidak hanya mengatur dan mengembangkan isi penerbitan melainkan juga menyediakan sebagai kontributor  media untuk menyampaikan dan menyajikan tulisan atau bahan yang akan diterbitan.

Meskipun  masa sekarang era digital, dunia penerbitan buku, media massa harian, majalah dan advertising lainnya masih dibutuhkan dan bahkan semakin pesat. Hal ini membuktikan bahwa antara dunia percetakan dengan dunia digital keberadaannya tidak saling menggusur, melainkan saling melengkapi satu sama lain.

  1. Pengertian Penerbitan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penerbitan adalah sebagai proses, cara, atau perbuatan menerbitkan. Penerbitan dimaknai sebagai pemunculan atau urusan (pekerjaan dan sebagainya) menerbitkan (buku dan sebagainya).

 

Penerbitan menurut pendapat Hasan Pambudi (1981), adalah kegiatan mempublikasikan kepada umum, mengetengahkan kepada khalayak ramai kata dan gambar yang telah diciptakan oleh jiwa-jiwa kreatif, kemudian disunting oleh para penyunting untuk selanjutnya digandakan oleh bagian percetakan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa penerbitan adalah proses pencetakan mulai dari penyunting naskah penulis  sampai diterbitkan naskah serta digandakan tersebut. Hal berkaitan seputar penerbitan harus dikenal dan dipahami oleh penulis.

 

  1. Macam-macam Penerbitan Buku

Dalam dunia penerbitan buku dikenal dua jenis penerbitan.

  1. Penerbit buku mayor

Penerbit mayor adalah penerbit besar. Selain itu, punya modal besar untuk melakukan penerbitan. Pada penerbit ini, tim yang terlibat di dalamnya terdiri atas editor, lay outer, ilustrator, bagian marketing, dan distribusi. Bahwa naskah yang dierima  diedit dengan teliti, baik isi, tata bahasa, dan gaya penulisan. Selain itu, naskah juga dibuatkan ilustrasinya. Selanjutnya  baru masuk lay out, cetak, lalu didistribusikan ke berbagai  toko buku yang bekerja sama dengan penerbit ini.

 

Naskah atau buku yang diterbitkan di penerbit mayor sudah tentu ada  International Standard Book Number (ISBN) adalah kode identifikasi buku.  Pada kode ini terdiri atas 13 digit angka. Kode ini berkaitan dengan semua informasi buku seperti judul, nama penulis, nama penerbit, dan tahun terbit, tercantum dalam ISBN. Kode ISBN antara satu buku dengan buku yang tidak sama. Biaya penerbitan ditanggung oleh penerbit.

 

  1. Penerbit Indie

Berdasarkan namanya, ini merupakan penerbit independen. Proses penerbitkan naskah di penerbit ini, tidak  perlu diseleksi. Setiap  orang bisa kasih naskah untuk diterbitkan. Selain itu, penerbit indie juga punya editor dan lay outer. Tulisan atau naskah yang masuk akan diedit ringan. Para editor  memeriksa kesalahan typo atau tanda bahasa yang standar, tetapi tidak ikut mengubah isi.

 

Oleh karena itu, memakai jasa editor dan lay outer tentu saja ada biayanya. Penulis juga akan dibebankan biaya cetak. Bahwa menulis buku di penerbit indie, harus bayar. Tetapi juga lho, penerbit indie yang sama sekali nggak memungut biaya.

 

Nah, Miks itulah, wawasan singkat berkaitan atau seputar penerbitan. Silahkan kenali dan pahami lebih lanjut mengenai dunia penerbitan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like