Tulisan Anda Ingin Diterbitkan, Coba Lakukan Ini

Hai Miks!

Anda suka menulis? Yess, tentu saja menulis adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, dimana kita bebas menuangkan gagasan dan pikiran kita ke dalam tulisan. Pastinya setelah menulis kita menginginkan tulisan kita dibaca orang lain, syukur- syukur tulisan kita bermanfaat buat orang lain. Rasanya semua penulis memimpikan tulisannya diterbitkan menjadi buku, selain ada rasa kepuasan tersendiri, tulisan yang dibukukan merupakan jejak sejarah yang tak akan lekang oleh waktu. Ibarat pepatah Gajah mati meninggalkan gading, begitupun penulis meninggalkan tulisan yang dibukukan.

Apalah daya, siapalah kita. Menerbitkan buku seperti hal yang yang sulit dan mustahil. Berapa biaya yang diperlukan? Harus kirim naskah ke penerbit mana? Apa layak naskah tulisan kita kirim ke penerbit mayor (penerbitan  yang besar dan terkenal), kan seleksi naskahnya ketat? Itu dulu pertanyaan yang sering muncul di benak saya pribadi saat keinginan menerbitkan tulisan saya ke dalam sebuah buku. Dimana ada kemauan di situ ada jalan, tak disangka setahun terakhir sudah terbit 15 buku antologi, simak caranya Miks.

  • Rajin menulis dan mengumpulkan naskah tulisan dengan bermacam tema yang kita dapat dari curhatan teman, pengalaman pribadi, keadaan sekitar dan lain sebagainya.
  • Ikuti berbagai kelas kepenulisan yang bisa mendukung perbaikan tulisanmu sehingga menjadi naskah yang layak diterbitkan.
  • Gabung ke komunitas kepenulisan biar bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman. Komunitas kepenulisan juga sering kali mengadakan ruang konsultasi gratis seputar kepenulisan.
  • Giat mencari dan mengikuti even Nulis Bareng (NuBar), karena melalui even NuBar yang hasilnya adalah buku antologi yang ditulis bareng teman penulis lainnya, kita tidak perlu repot mencari dan menghubungi penerbit. Cukup menyerahkan naskah tulisan lalu diterbitkan penerbit indie (penerbit independen) yang seleksi naskahnya tidak ketat, proses penerbitannya lebih mudah.
  • Setiap even NuBar, ada tema yang diusung, jika Anda sudah punya tabungan naskah yang sudah dikumpulkan, akan lebih mudah untuk gabung di even NuBar sesuai tema yang sudah Anda miliki.
  • Rajin baca buku untuk memperkaya referensi tulisan Anda, sehingga pas dengan khalayak yang dituju dan tulisan Anda memilik “selling point” nilai jual yang tidak dimiliki penulis lain, sehingga layak diterbitkan.
  • Lakukan publikasi sendiri dengan tulisan Anda melalui Blog dan media sosial pribadi, siapa tahu tulisan Anda dilirik penerbit.

Oke Miks, Selamat mencoba ya

#Tantangan Makmood Hari ke-7

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.