6 Upaya Agar Tetap Sehat dan Bugar di Masa New Normal

Hai, Miks!

Saat ini kita akan memasuki masa New Normal. New Normal adalah masa kembali melakukan aktifitas sebagaimana yang terjadi sebelum pandemi, dengan membiasakan hal-hal baru. Pengumuman new normal dari pemerintah ini disambut antusias sebagian besar masyarakat, karena berarti perekonomian akan kembali bangkit. 

Satu hal yang perlu diingat, masa new normal bukan berarti pandemi Covid-19 sudah berakhir. Hendaknya tetap waspada dan tetap menjaga kesehatan. Karena sejatinya, sehat adalah investasi terbaik. Apa yang sebaiknya dilakukan agar tetap sehat dan bugar di masa new normal?

1. Tetap Disiplin

Pada masa PSBB masyarakat diimbau untuk melaksanakan kebiasaan sehat agar terhindar dari jangkitan virus Covid-19. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker, menghindari kerumunan dan menjaga jarak. Seperti yang dikemukakan di atas, bahwa pandemi belum berakhir. Jadi, walaupun sudah kembali beraktifitas, tetap disiplin melaksanakan kebiasaan baik saat PSBB, ya. 

2. Rutin Berolahraga 

Olah raga merupakan salah satu cara agar badan tetap bugar. Karena dengan olah raga aliran darah akan lancar dan stamina dalam kondisi prima. Saat PSBB ruang gerak menjadi terbatas, demikian pula ruang untuk berolah raga. Sehingga, tidak semua jenis olah raga bisa dilakukan. Walaupun sudah memasuki masa new normal sebaiknya olah raga dilakukan di rumah saja. Keinginan berolah raga di tempat umum ditunda dulu.

Saat ini olah raga bersepeda sedang digemari sebagian besar masyarakat. Hal ini tren yang bagus. Namun, bila diamati kedisiplinan masyarakat masih kurang, dan abai terhadap imbauan pemerintah untuk menjaga jarak. Oleh karena itu, pilih tempat yang tidak terlalu ramai untuk bersepeda. Melakukan beberapa keliling di komplek perumahan tidak masalah, kan?

3. Hindari Konsumsi Makanan Cepat Saji 

Akses internet yang lebih mudah saat ini memberikan banyak pilihan kepada masyarakat. Salah satunya pilihan untuk berbelanja. Selama masa PSBB sebagian besar ibu rumah tangga memilih berbelanja on-line.  Bahkan banyak pedagang sayur yang membuka layanan antar untuk menghindari terjadinya kerumunan. 

Hal serupa terjadi kepada pedagang masakan cepat saji. Masakan ini terbilang laris dan diburu pada masa PSBB. Namun, harus berhati-hati dalam mengkonsumsi masakan siap saji. Karena bahan-bahan apa saja yang dimasukkan ke dalam masakan tidak diketahui, sehat atau tidak. Apakah membuat alergi atau tidak. Jadi, pemesanan masakan siap saji sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan. 

4. Mengatasi Keluhan Sakit dengan Obat-obatan Alami

Sebagai ibu rumah tangga, ada kalanya mengalami keluhan ringan seperti sakit kepala, bersin, batuk, atau sakit pencernaan. Jangan buru-buru minum obat kimia, ya, Miks! Saat ini banyak alternatif penyembuhan untuk mengatasi gejala sakit yang ringan. Obat kimia yang berada di pasaran memang tidak boleh sering-sering dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, karena akan memperberat kerja ginjal. Dengan memilih obat-obatan alami bisa menjadi salah satu cara agar tubuh tetap bugar. 

5. Cukup Istirahat dan Hindari Begadang

Dalam sehari, tubuh memerlukan tidur selama delapan jam. Istirahat merupakan mekanisme tubuh untuk menjaga kebugaran. Kekurangan istirahat membuat tubuh tidak fit, metabolisme terganggu, dan mudah sakit. 

Malam dari jam sepuluh sampai jam satu dini hari adalah waktu tubuh menetralisir racun (detoksifikasi) yang ada di dalam tubuh. Tubuh seharusnya dalam keadaan tidur agar detoksifikasi berlangsung optimal. Kebiasaan begadang akan mengganggu proses detoksifikasi, sehingga racun dalam tubuh tidak terurai sempurna dan menumpuk dalam tubuh. Agar tetap sehat dan bugar, sebaiknya hindari begadang. 

6. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C berfungsi memperkuat imunitas tubuh. Tubuh yang mudah terserang sakit biasanya karena kekurangan vitamin C.  Vitamin ini banyak terkandung dalam buah dan sebagian dalam sayur. Jadi, jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan dan sayur agar tetap sehat dan bugar. Bagi yang tidak suka makan buah atau sayur, bisa mengkonsumsi vitamin C yang sudah diekstraksi dalam bentuk tablet. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sesuai dosis, ya, Miks!

 

Demikian 6 upaya yang bisa dilakukan agar badan sehat dan bugar di masa new normal. Mudah dilakukan dan simpel. Hal yang perlu diingat, agar tetap semangat dan optimis menjalani aktifitas. 

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like