7 Trik Sehat dan Bugar di Era New Normal!

Source: pexels.com

Hai, Miks !

Setelah aturan new normal diberlakukan tentunya banyak peraturan baru yang perlu kita adaptasikan. Di tengah kasus covid yang masih belum pasti kapan akan berakhir. Bukan saja keuangan yang menjadi titik fokus sekarang berhubung banyaknya dilakukan pengurangan karyawan agar ekonomi perusahaan tetap stabil.

Jauh lebih dari itu kesehatan pun akan jauh lebih penting untuk senantiasa dijaga. Baik yang hanya aktif di rumah maupun yang harus aktif di luar rumah agar menghindari diri dari meminta-minta. Bukankah tangan di atas lebih baik ketimbang tangan di bawah? Nah, lantas bagaimana caranya menjaga tubuh agar lebih sehat dan bugar di era new normal saat ini?

1. Makanlah yang Cukup

Makan makanan yang bernutrisi dan bergizi sudah pastinya kita lakukan. Nah, bagaimana dengan makan makanlah yang cukup? Terkadang kita masih agak sulit untuk memberikan lidah kita istirahat apalagi pasca stay at home, di mana aktivitas makan kita ketika di rumah bisa dipastikan lumayan bertambah.

Nah, dengan belajar makan secukupnya sebagaimana anjuran Nabi ternyata tak sekadar menjalankan sunnah, tapi lebih dari itu justru dengan cara inilah akan menyehatkan tubuh. Bagaimanapun segala sesuatu yang berlebihan tidak akan menyehatkan, meskipun efeknya belum dirasakan sekarang. Kita tentu tak ingin mengisi hari tua hanya untuk masa perawatan bukan?

2. Istirahat Secukupnya

Bekerja memang sangat mengasyikan apalagi bila yang dikerjakan adalah pekerjaan yang diidam-idamkan. Namun, jangan lupa untuk tetap memberikan jatah tubuh beristirahat. Anda tentu tak ingin sakit hanya karena dikejar deadline bukan? Itulah pentingnya Anda perlu mengatur waktu secara tepat agar porsi bekerja dan istirahat bisa berjalan seimbang.

3. Budayakan Olahraga di Rumah

Di era new normal kali ini ada baiknya Anda tetap memilih berolahraga di dalam atau halaman rumah. Banyak jenis olahraga dan senam yang bisa Anda download untuk tetap mendapatkan gerakan-gerakan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jangan lupa untuk m mengajak anak-anak agar mereka pun ikut merasakan manfaat berolahraga.

4. Tingkatkan Ibadah

Selain meningkatkan aktivitas fisik dengan rutin berolahraga. Meningkatkan ibadah pun diyakini sangat baik bagi kesehatan. Bila dengan olahraga fisik kita akan semakin sehat dan bugar, maka dengan beribadah jiwa dan hati Anda akan semakin sehat dan bugar. Bukankah di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat? Nah, ibadah adalah salah satu cara terbaik agar jiwa tetap tumbuh dan berkembang.

5. Rutinkah Sedekah

Sedekah tak hanya membersihkan harta namun, secara perlahan dan pasti membuat pemberinya semakin sehat. Dengan memberikan sedekah maka kita akan bahagia. Karena bahagia yang bersumber dari kebaikanlah yang membuat kita terasa lebih sehat dan semangat menjalankan hari.

6. Selalu Berpikir dan Berperasaan
Positif

Pikiran dan perasaan memang tak tampak dari luar namun, siapa sangka yang tak tampak dari luar inilah yang terkadang menjadi sumber penyakit. Nah, itulah pentingnya kenapa kita harus senantiasa menjaga pikiran dan perasaan agar selalu positif.

Berapa banyak penyakit yang timbul karena perasaan takut, kecewa yang berat lantas berujung pada stres hingga depresi? Dan semuanya tak lain disebabkan oleh pikiran dan perasaan yang negatif. Jadi, tetaplah berusaha dan belajar untuk berpikir dan berperasaan positif.

7. Konsumsi Herbal di Rumah

Sebagaimana yang kita tahu bahwa dengan mengkonsumsi herbal, maka kesehatan akan lebih terjaga ketimbang mengkonsumsi obat-obatan kimiawi. Sebisa mungkin jagalah kesehatan Anda dengan mengkonsumsi herbal yang ada di sekitar rumah. Kata dr. Zaidul Akbar, sehat itu sebenarnya murah bila kita tahu bagaimana caranya.

Cukup dengan merendam kunyit, jahe, sereh, semangka dan apa saja bahan herbal yang ada di rumah itu sudah menjadi bagian dari ikhtiar Anda untuk tetap sehat secara sederhana. Sebab yang mahal itu bukan menjaga kesehatan, tapi mengobati karena Anda kurang menjaga kesehatan yang ada saat ini.

Itulah 7 trik menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar di era new normal. Semoga kita semua senantiasa terus belajar untuk berpola hidup sehat. Semoga trik di atas bermanfaat ya, Miks!

Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Makmood Publishing hari ke-8

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like