Amankah Olahraga Outdoor Saat New Normal? Berikut Protokol Kesehatan yang Harus Dilakukan

Source: mistar.id

Hai Miks, sudahkah olahraga hari ini?

Semua orang sepakat kalau olahraga sangat penting untuk meningkatkan stamina dan kesehatan. Apalagi di tengah pandemi Corona yang hingga saat ini masih belum pulih seratus persen. Tetapi apakah olahraga di luar rumah masih aman dilakukan saat kalimat New Normal gencar digaungkan?

Pandemi yang terjadi selama beberapa bulan ini mengharuskan setiap orang semakin peduli dengan gaya hidup sehat. Tak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk kepentingan orang banyak. Melakukan protokol kesehatan akan sangat membantu agar penyebaran virus Corona ini dapat dihentikan.

Begitu pula dengan aktivitas olahraga. Jika memang memungkinkan, lebih baik lakukan kegiatan ini di rumah saja. Ada banyak olahraga yang dapat dilakukan dalam ruangan. Misalnya yoga, aeorbic, zumba, senam cardio, jogging di halaman, lompat tali, angkat beban, naik turun tangga dan masih banyak lagi.

Ketika Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) telah dilonggarkan, maka beberapa orang mulai ingin lakukan olahraga di luar. Namun ini merupakan hal yang harus dipertimbangkan dengan baik agar tidak merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Jika memang kondisi tidak memungkinkan, lebih baik Miks lakukan olahraga di rumah saja.

Ada beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan saat lakukan olahraga di luar rumah, yaitu:

  • Pilih olahraga yang aman

Tidak semua jenis olahraga outdoor aman untuk dilakukan. Olahraga yang melibatkan banyak orang dan menggunakan fasilitas air masih harus dihindari karena berpotensi besar terhadap penyebaran virus Corona.

  • Gunakan masker

Alat yang satu ini tidak boleh lepas walau sedang berolahraga. Upaya ini untuk antisipasi dari penyebaran droplet serta media penyebaran virus lainnya selama beraktivitas di luar rumah.

  • Tetap menjaga jarak

Tak perlu lakukan kontak fisik dengan siapa pun juga. Jika memang jenis atau fasilitas olahraga melibatkan orang banyak, maka batasi interaksi berlebih untuk menjaga keamanan.

  • Semprotkan cairan disinfekstan pada alat olahraga umum

Mungkin saja Miks akan lakukan olahraga di fasilitas umum dan gunakan peralatan di sana bersamaan dengan pengunjung lain. Bawalah cairan disinfektan lalu semprotkan sebelum menggunakannya.

  • Cek suhu sebelum masuki ruang olahraga umum

Sebelum masuki fasilitas olahraga umum, biasanya penyelenggara akan melakukan rappid tes. Ini sangat membantu untuk memantau kondisi kesehatan pengunjung dan membuat suasana olahraga menjadi nyaman.

  • Membawa alat minum sendiri

Minum menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipersiapkan saat berolahraga. Bukan hanya untuk menghilangkan haus dan dahaga, tetapi ini juga berguna untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh. Namun saat ini, lebih baik jika kita menyiapkannya sendiri dari rumah.

  • Cuci tangan setiap selesai olahraga

Menjaga kebersihan tangan merupakan upaya yang sangat tepat setelah melakukan berbagai aktivitas. Apalagi jika Miks lakukan olahraga outdor, pasti harus segera mencuci tangan setiap kali selesai melakukannya.

Ok Miks, itu adalah protokol kesehatan yang harus dilakukan saat olahraga outdoor di kondisi new normal. Upaya ini harus dilakukan agar niat menjaga kesehatan tidak berujung penyesalan karena abai dengan aturan yangsudah ditetapkan.

Tetap bijak dalam melakukan aktivitas di luar ruangan. Tetap sehat dan selalu waspada ya, Mik!

 

Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari Ke-8

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like