Ingin Tetap Sehat dan Bugar di Masa New Normal? Yuk, Lakukan 5 Tips Ini

Source: pexels.com

Hai, Miks!

New normal atau kenormalan baru yang mulai diterapkan setelah sekitar 3 bulan kita membatasi semua aktivitas hanya di rumah, sering menjadi kekhawatiran. Banyak orang merasa takut untuk kembali melakukan aktivitas di luar rumah di tengah terjadinya wabah COVID-19. Belum ditemukannya vaksin pengendali virus COVID-19 semakin menambah kecemasan.

Apa sih sebenarnya pengertian new normal?

Menurut juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, yang dikutip oleh https://tirto.id.com, new normal merupakan tatanan,  kebiasaan, dan perilaku yang berbasis pada adaptasi, untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Kebijakan new normal ini diambil agar masyarakat tetap bisa beraktivitas meskipun masa pandemi belum usai. Orang-orang tetap bisa bekerja dan melakukan banyak hal yang produktif. Namun, kita tetap perlu menerapkan aturan atau tata cara hidup sehat yang mungkin agak berbeda dari sebelumnya guna mencegah terjadinya penularan wabah yang lebih besar.

Selain selalu menggunakan masker dan melakukan social distancing atau menjaga jarak setiap kali berada di luar rumah, bagaimana sih menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar di masa new normal? Yuk, cek 5 tips berikut ini.

  1. Mengatur Pola Makan

Memperbaiki pola makan dengan makan tepat waktu serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi perlu dilakukan untuk menjaga stamina tubuh.

Sayuran dan buah-buahan bisa menjadi pilihan menu untuk menjaga kesehatan. Kandungan anti oksidan yang tinggi pada makanan yang kita konsumsi menjaga kekebalan tubuh kita untuk menangkal berbagai macam penyakit.

  1. Cukup Beristirahat

Tidur malam adalah istirahat yang paling sempurna. Saat kita tidur, organ tubuh tidak hanya beristirahat tapi juga melakukan detoksifikasi atau pembersihan racun secara alami.

Detoksifikasi tubuh saat tidur terjadi mulai pukul 23.00 hingga pukul 03.00 dini hari. Jika pada pukul 03.00, kamu tiba-tiba merasa ingin batuk, padahal tidak sedang sakit, maka sebenarnya organ paru-parumu sedang mengalami proses detoksifikasi. Atau saat kamu merasa mulas dan ingin buang air besar di antara pukul 05.00 hingga pukul 07.00, maka itu pertanda usus besar sedang melakukan proses pembersihan racun.

Jadi, mulailah stop begadang. Tidurlah tepat waktu.

  1. Berolahraga

Pilihlah olahraga yang ringan dan mudah dilakukan. Joging, peregangan tubuh, yoga ringan, atau senam bisa dijadikan pilihan untuk menjaga kebugaran.

Saat berolahraga, tubuh melepaskan hormon kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan stres. Lalu tubuh mulai memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin ini diyakini memberikan manfaat positif bagi pikiran, juga bisa meredakan kecemasan dan depresi.

  1. Refreshing

Menjaga agar mental dan pikiran tidak terlalu lelah juga merupakan upaya menjaga kesehatan. Kalau kita mendengar kata refreshing, pikiran kita biasanya akan tertuju pada aktivitas semacam piknik atau rekreasi.

Refreshing ini berasal dari bahasa Inggris yang maksudnya adalah hal yang bersifat menyegarkan. Kata yang tepat untuk menggambarkan sebuah penyegaran mental dan pikiran, sebenarnya adalah refreshment.

Di masa pandemi ini, refreshing tidak harus dilakukan di lokasi yang jauh dengan ongkos mahal. Melakukan aktivitas di rumah bersama keluarga seperti menonton film favorit, mendengarkan musik, bernyanyi, berkebun, memelihara binatang, bersenda gurau bersama anggota keluarga bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran.

Saat melakukan refreshing, pikiran kita akan merasa lebih santai dan muncul perasaan gembira atau bahagia. Hal ini bisa menghindarkan kita dari resiko gangguan mental seperti depresi.

  1. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Selain menjaga kebersihan lingkungan, beberapa hal seperti mandi usai berkegiatan di luar rumah, cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik, hingga penggunaan hand sanitizer menjadi sebuah kebiasaan baru yang harus kita lakukan untuk menjaga diri dan keluarga kita agar terhindar dari paparan virus.

Nah, demikian tips menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di masa new normal. Mari menjaga kesehatan orang-orang terdekat kita dengan peduli pada kesehatan diri kita. Salam sehat.

 

#Tantangan Makmood Publishing_Hari Ke 8

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like