Intip lima Rahasia Sehat Ala Rasulullah SAW, agar Sehat dan Bugar di Masa New Normal

Source: islam.nu.or.id

Halo, Miks!

Apa kabarnya di masa new normal? Semoga selalu sehat dan bugar. Meskipun di masa new normal bisa beraktifitas seperti biasa di luar rumah, alangkah baiknya tetap menjaga diri, covid 19 belum hilang. Ini dapat dilihat dari statistik jumlah yang positif semakin hari semakin banyak saja. Untuk itu, kita lah yang menjaga diri kita sendiri. Bagaimana bisa tetap bisa beraktifitas tetapi badan tetap sehat dan bugar. Bukanlah penagkal covid adalah daya tahan tubuh?

Sebenarnya sebelum protokol kesehatan disosialisasikan, Islam sudah mengenalkan supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Misalnya tetap menjaga wudu. Rasulullah sendiri dalam hidupnya hanya pernah sakit dua kali. Pertama, ketika seorang wanita memberikan racun di makanannya. Kedua, ketika beliau sakit menjelang wafat. Bagaimana Rasulullah menjaga kesehatannya? Yuk, intip lima rahasia sehat Rasulullah saw, yang dikutip dari buku Dr. Zaidul Akbar:

  1. Menjaga Hati, iman dan pikiran

Pakar kesehatan menyatakan 80% orang mengalami sakit diakibatkan oleh mental atau pikirannya. Berfikir positiflah, tubuh kita juga akan sehat. Orang yang berfikiran positif akan mempunyai emosi yang baik pula. Nah, emosi ini datangnya dari hati, iman yang tetap terjaga. Sebagaimana Allah swt berfirman dalam ayat berikut:

“Dialah yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, mahabijaksana.” (QS AL Fath, 48:4).”

  1. Bangun pagi hari

Pernahkah terlambat bangun? Apa yang dirasakan? Rasa malas bergelayut. Badan terasa sakit-sakit bukan? Ternyata bangun pagi lalu melakukan shalat Shubuh bukan saja membuat hati tenang. Dari segi medis dapat membuat tubuh sehat. Pada waktu Shubuh ada hormon Kortison yaitu hormon yang muncul memberi tenaga bagi tubuh. Jadi, kalau waktu Shubuh tubuh tertidur. Hormon tersebut akan terlewat, berganti dengan penyakit degeneratif. Duh, serem ‘kan?

  1. Beribadah dengan benar

Rasulullah mengajarkan kepada para sahabat untuk beribadah dengan benar. Bonus dari ibadah yang benar adalah badan menjadi sehat. Misalnya, berwudu. Salah satu aktifitas wudu adalah mengisap air melalui hidung. Tahukah ternyata mengisap air dapat menghilangkan koloni atau kumpulan kuman yang bersarang dalam lubang hidung. Nah, cocok sekali saat pandemi seperti sekarang ini. Baiknya selalu menjaga wudu.

  1. Menjaga kebersihan pribadi

Dalam Islam kita mengenal kebersihan sebagian dari Iman. Ternyata mandi adalah cara paling baik membersihkan kotoran-kotoran, dan ini diajarkan oleh Nabi kepada para sahabat. Kemudian disempurnakan dengan berwudu.

Setelah beraktifitas diluar rumah, badan membawa virus-virus. Mandi sebelum bertemu keluarga adalah solusi agar tetap sehat di masa new normal.

  1. Mengonsumsi makanan yang halal dan baik

Sebagian besar penyakit datang dari perut. Tubuh kita sudah distel untuk menerima hanya yang baik. Nah, kalau perut diisi dengan yang tidak baik dan tidak halal akan mengirimkan sinyal pada pikiran. Akan ada rasa was-was. Rasa khawatir. Kemudian yang pada akhirnya menurunkan daya tahan tubuh.

Jadi, Miks! Siap hadapi new normal dengan hidup sehat. Contohlah bagaimana Rasulullah saw menjaga kesehatannya. Semangat ya!

Tantangan Makmood Publishing hari ke-8

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like