Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tetap Sehat dan Bugar Di Era New Normal

Source: edukasi.kompas.com

Halo Miks!

Saat ini negara kita akan mulai memasuki era New Normal, atau masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Setelah berbulan-bulan terpaksa beraktivitas di rumah saja, sekarang orang-orang diperbolehkan untuk beraktivitas di luar rumah lagi, tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah, seperti selalu memakai masker, sering-sering cuci tangan dengan air mengalir atau memakai hand sanitizer, dan menjaga jarak dengan orang lain. Yang harus dipahami adalah kondisi saat ini sebenarnya belum kembali normal seperti saat sebelum adanya pandemi COVID-19. Karena itu walaupun kita sudah boleh melakukan aktivitas di luar rumah, kita tetap harus hati-hati dan waspada.

Dalam kondisi apa pun, ada virus corona atau tidak, kita tetap harus menjaga kesehatan ya, Miks. Ini sangat penting karena kesehatan merupakan senjata utama kita dalam melawan virus corona. Nah, di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk tetap sehat dan bugar di masa New Normal.

  1. Cukup istirahat dan Olahraga Teratur

Salah satu cara agar tetap sehat dan bugar adalah dengan berolahraga teratur dan cukup istirahat. Jangan sampai kurang tidur, karena hal itu akan membuat badan kita lelah dan sakit. Usahakan tidur 7-8 jam sehari dan jangan tidur lewat jam 11 malam.

Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin, 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Kalau selama masa PSBB kemarin kita hanya boleh berolah raga di rumah saja, saat New Normal kita bisa melakukan olah raga di luar rumah. Misalnya seperti jogging atau bersepeda. Lakukan olahraga bersama keluarga supaya lebih menyenangkan. Pastikan Anda dan keluarga tidak pergi ke tempat yang terlalu ramai, dan kalau memungkinkan, sebaiknya Anda hanya olah raga di sekitar rumah saja. Selalu memakai masker, dan jaga jarak dengan orang lain.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Selain olah raga, kita perlu juga mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang. Sebagai ibu atau istri, Anda bertanggung jawab atas menu makanan keluarga Anda. Buatlah menu masakan yang sehat, lezat dan bervariasi. Kurangi konsumsi lemak dan gula, perbanyak buah segar dan sayuran dalam menu harian Anda. Usahakan untuk memasak sendiri di rumah supaya Anda bisa berhemat.  Perbanyak koleksi resep masakan, sehingga Anda bisa membuat berbagai jenis masakan untuk keluarga agar keluarga tidak bosan dengan masakan Anda. Sekali-sekali boleh memesan makanan melalui layanan pesan antar, misalnya saat akhir pekan, atau saat keluarga mulai jenuh dengan masakan rumah.

Jangan lupa perbanyak minum air putih dan kurangi minuman seperti kopi, minuman ringan dan minuman manis. Air putih akan membantu tubuh kita membuang dan mengeluarkan racun dari tubuh kita.

  1. Jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Menjaga kebersihan juga wajib kita lakukan, karena virus corona akan mati jika terkena sabun. Bila Anda terpaksa keluar rumah, sering-sering mencuci tangan dengan air dan sabun atau gunakan hand sanitizer setelah Anda menyentuh sesuatu. Kalau Anda sudah harus kembali bekerja di  kantor, sering-sering bersihkan permukaan benda yang sering disentuh orang banyak seperti meja kerja Anda dan pegangan pintu ruang kerja Anda.

Saat Anda atau anggota keluarga lain sampai di rumah, lepaskan alas kaki yang digunakan di luar rumah, langsung mandi dan ganti baju Anda sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain. Baju yang Anda gunakan di luar langsung direndam dan dicuci dengan sabun cuci . Semprot atau bersihkan barang-barang seperti tas, dompet, handphone yang Anda pakai dengan disinfektan sebelum dibawa ke dalam rumah. Lakukan hal yang sama bila Anda menerima paket. Usahakan untuk tidak berdiri terlalu dekat dengan petugas pengiriman barangnya. Bersihkan rumah dan bagian-bagian yang sering disentuh banyak orang, seperti pegangan pintu, permukaan meja tamu atau lantai rumah dengan disinfektan. Ajak anggota keluarga lain untuk selalu menjaga kebersihan diri mereka juga.

  1. Patuhi Protokol Kesehatan

Saat New Normal berarti kita sudah diperbolehkan beraktivitas di luar rumah. Tapi bukan berarti kita langsung bebas pergi ke mall atau berlibur ya. Justru masa ini adalah masa yang harus diperhatikan karena bisa memicu gelombang kedua.

Nah, supaya Anda dan keluarga bisa beraktivitas di luar rumah lagi, Anda harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah. Siapkan tas/ransel New Normal yang berisi masker cadangan, hand sanitizer, sabun cair dalam kemasan, peralatan makan, alat sholat, kantong plastic untuk menyimpan masker kain yang sudah dipakai, serta tissue kering dan tissue basah. Selalu pakai masker di luar rumah, bawa masker cadangan bila Anda memakai masker kain karena masker kain hanya bisa digunakan selama 4 jam. Hindari kerumunan dan selalu jaga jarak dengan orang lain.

Gunakan kendaraan Anda sendiri jika memungkinkan, dan jaga jarak dengan orang lain bila Anda terpaksa menggunakan transportasi umum. Gunakan helm, masker dan sarung tangan bila Anda mengendarai motor.

Bila anda mengunjungi mall, usahakan tidak menyentuh banyak benda di sana. Beli barang-barang keperluan Anda dan langsung pulang. Jangan ajak anak-anak ke mall ya, Miks, atau ke tempat-tempat umum lainnya. Itu sangat berbahaya. Pergi ke mall hanya jika Anda benar-benar perlu saja.

  1. Tetap tenang dan waspada

Walaupun situasinya belum kembali normal, bila Anda mengikuti protokol kesehatan, kegiatan Anda di luar rumah akan tetap aman. Tapi bila tidak perlu sekali, sebaiknya Anda dan keluarga tetap di rumah ya. Untuk sementara waktu hindari kerumunan dan acara kumpul-kumpul dengan orang lain. Pemerintah memberlakukan New Normal ini untuk memberi kesempatan pada masyarakat agar bisa aktif lagi dan roda perekonomian berjalan kembali.  Karena itu, selama berhati-hati dan selalu mengikuti protokol kesehatan, Anda akan baik-baik saja. Yang penting tetap tenang dan waspada.

 

Nah, itulah beberapa langkah supaya kita bisa tetap sehat dan bugar di masa New Normal. Semoga bermanfaat ya.

 

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-8

 

205 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like