Sehat Bukan Pilihan, Perjuangkanlah Dengan Tips Mudah Berikut Ini

Source: pexels.com

Salam Sehat Miks!

Sering nggak nemuin teman atau orang terdekat kita bilang bahwa pengen sehat bonusnya langsing, tapi :

  • Tidak suka minum air putih
  • Tidak suka makan sayur
  • Tidak suka makan ikan atau ayam
  • Tidak bisa nahan ngemil
  • Tidak bisa tidur lebih awal
  • Tidak bisa tanpa minuman manis
  • Tidak bisa makan tanpa kerupuk

Jadi bingung ya gimana menanggapinya, kalau Miks sendiri gimana?

Ada juga loh type badan orang yang makan segala tetapi badannya sehat-sehat saja bahkan tetep langsing.

Ada juga yang berpendapat tidak apa-apa gemuk asalkan sehat.

Atau fatalnya konsumsi pelangsing menjadi jalan tengah agar tubuh tetap langsing.

Seiring banyaknya keberhasilan seseorang yang berusaha memperjuangkan kesehatan tubuhnya dengan cara yang sehat dan benar, maka seiring itu pula banyak orang yang menempuh jalan pintas agar tubuhnya tetap terlihat langsing.

Sebenarnya mind set awal-lah yang perlu diperbaiki dalam menuju pola hidup sehat. Mengapa ini sangat penting? yup, karena pola pikir seseorang sangat berpengaruh terhadap apa yang akan dilakukannya, berpengaruh terhadap apa yang dimakannya, dan akhirnya berpengaruh terhadap hasilnya di tubuh kita.

Berkomitmenlah dengan hidup sehat, maka tubuh langsing akan menjadi bonusnya.

Lalu kapan sih kita bisa mengetahui bahwa tubuh kita ini perlu diperbaiki pola hidup sehatnya?, salah satunya dengan mengecek apakah tubuh kita penuh toksin atau racun, ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

1.BB mudah naik tapi susah turun

2. Suka ngemil

3. Jerawatan

4. Alergi sering kambuh

5. Haid tidak lancar

6. Sering pusing

7. BAB tidak lancar.

Racun yang ada dalam tubuh kita, jika tidak segera kita detoksifikasi, maka akan mengganggu metabolisme tubuh kita, membuat tubuh kita memiliki berat badan berlebih. Beberapa hal yang membuat berat badan gampang naik, yaitu:

1.Tidak rutin olahraga

2. Mengkonsumsi Terlalu banyak Kalori

3. Makan sambil melakukan aktifitas lain

4. Sering begadang

5. Kurang aktifitas fisik

Otomatis jika berat badan berlebih maka menimbulkan beberapa keluhan akibat kegemukan / obesitas seperti sakit lutut, sakit tumit, sakit sendi, sakit kepala dan sakit hati (dibully).

Jika sudah merasakan beberapa keluhan seperti diatas, maka jangan lagi menganggap bahwa hidup sehat adalah sebuah pilihan, namun harus sudah menjadi rutinitas sehari-hari.

Kita mulai dari diri sendiri dulu yuk Miks, berikut tips untuk memulai hidup sehat yang mudah untuk dipraktekan

1. Memiliki motivasi yang kuat mengapa Miks ingin hidup sehat, contohnya “Saya harus sehat” karena lebih percaya diri, atau lebih mudah memilih ukuran baju, atau lebih mudah beribadah, atau penampilan lebih menarik, atau bisa juga karena tahun depan akan menikah dan lain sebagainya. Jadikan motivasi tadi sebagai semangat untuk bisa mencapai tujuan, karena tidak ada yang bisa memotivasi diri kita selain diri kita sendiri.

2. Mengubah mind set untuk hidup sehat dan bonusnya langsing, jangan terbalik ya. Memberikan kalimat positif pada setiap makanan dan minuman sehat yang kita konsumsi, karena mendisplinkan sesuatu yang baru tentu tak mudah, sama halnya dengan membiasakan makan dan minum sehat tidak mudah, Miks harus menyeimbangkan pikiran dengan tubuh Anda. Katakan pada makanan sehat yang masuk dalam tubuh Anda “Ini sehat, ini enak, ini bergizi”. Maka alam bawah sadar kita akan mengikuti kalimat positif tadi, sehingga tubuh kana mudah menerima.

3. Mulai menghitung asupan yang masuk ke tubuh, mulai dari karbohidrat yang masuk, minuman air putih harus 2 liter sehari, membiasakan sarapan yang rendah karbo, menggunakan gula stevia, dan ganti ngemil dengan buah. Selain itu mewajibkan sarapan adalah kunci untuk menjaga kestabilan nafsu makan sehari itu, jika kita sarapan yang bergizi, tidak banyak kalorinya, maka tubuh akan segar dan meminimalkan lapar mata terhadap makanan.

4. Rutin berolah raga, baik di dalam rumah atau di luar rumah tidak menjadi masalah selama konsisten melakukannya. Perlu di garis bawahi bahwa olah raga hanya membantu sebesar 20% menurunkan berat badan, persen terbesar adalah pola makan sehat. Namun bukan berarti tidak olah raga sama sekali ya. Miks bisa jogging, pilates, yoga, lari, renang dan lain sebagainya yang enjoy dilakukan.

5. Konsisten, kunci dari semua poin diatas adalah konsisten, mulai dari konsisten mind set-nya, konsisten pola makan sehatnya, konsisten olahraganya dan konsisten istirahatnya.

Jika kita konsisten maka tak akan menjadi mustahil memiliki kebiasaan hidup sehat dengan bonus tubuh langsing.

Selamat mencoba y Miks …

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-8

47 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like