Siap Menyambut New Normal? 9 Tips Sehat dan Bugar Berikut Dapat Anda Terapkan

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Bagaimana kabar Anda dan keluarga hari ini? Tentunya kita semua berharap selalu dalam kondisi sehat dan bugar. Pandemi Coronavirus Disease  (Covid-19) yang menyerang seluruh dunia mulai akhir tahun 2019, menyebabkan perubahan pola aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat menyebabkan lumpuhnya beberapa sektor kehidupan, terutama ekonomi.

Kehidupan new normal mulai didengungkan di tengah pandemi Covid-19, termasuk Indonesia. New normal adalah aktivitas yang tetap dilakukan masyarakat seperti biasa meskipun berada di tengah pandemi. Epidemiolog Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika Yamani seperti dikutip detik news pada Selasa 26 Mei 2020 menyatakan bahwa kebijakan untuk melaksanakan new normal memang layaknya harus segera disusun. Namun, hal ini menimbulkan kekhawatiran banyak pihak.

Penerapan protokol kesehatan menjadi kunci berlangsungnya kegiatan di masa new normal. Dokter Reisa Broto Asmoro di Graha BNPB pada hari Jumat tanggal 12/6/2020 menyatakan bahwa hal utama yang harus dilakukan saat menerapkan new normal adalah menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan. Dokter Reisa mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja meski pemerintah telah melonggarkan sejumlah aktivitas. Jika terpaksa keluar rumah, wajib menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Protokol kesehatan hendaknya menjadi bagian dari Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat.

Dokter Reisa juga mengatakan bahwa menjaga hubungan dengan keluarga menjadi kunci dalam menghadapi kondisi saat ini. Anda dapat menyediakan waktu yang berkualitas bagi keluarga terutama anak-anak untuk membangun kedekatan. Kondisi saat ini akan menjadi momen yang tidak terlupakan hingga mereka dewasa kelak.

Nah, Miks. Bagaimana agar Anda tetap sehat dan bugar di masa new normal ini? Berikut tips yang dapat anda perhatikan.

1.Tidak Keluar Rumah

Tetap di rumah menjadi hal utama agar Anda terhindar dari penularan Covid-19. Lakukan semua aktivitas di dalam rumah. Bila Anda terpaksa keluar rumah, laksanakan sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Hindari keluar rumah saat tubuh sedang tidak sehat, karena imun tubuh yang lemah akan memudahkan Anda terpapar virus.

2. Menggunakan Masker

Lembaga Kesehatan AS, Centers for Disease Control and Prevention, menganjurkan penggunaan masker saat keluar rumah. Hal ini dilakukan sebagai upaya memperlambat penyebaran dan penularan Covid-19.

3. Menghindari Kerumunan (Physical Distancing)

Penularan Covid-19 terjadi melalui penyebaran droplet. Anda dapat menghindari berkumpul di kerumunan orang saat harus keluar rumah. Hal ini dilakukan karena sulit untuk mengetahui kondisi kesehatan orang yang berada di sekitar Anda. Jika Anda terpaksa berada dalam kerumunan, tetap jaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik.

4. Tidak Menyentuh Barang di Jalan atau Membersihkannya Terlebih Dahulu

Saat berada di luar rumah, besar kemungkinan Anda menyentuh beberapa barang. Bila memungkinkan, hindari kegiatan tersebut, namun, Anda dapat membersihkan dahulu permukaan barang yang akan disentuh bila hal itu terpaksa dilakukan. Hingga saat ini, benda disebut sebagai salah satu media penularan Covid-19, karena dapat bertahan hidup selama beberapa hari disana.

5. Rajin Mencuci Tangan

Tangan merupakan media yang paling sering menularkan infeksi. Kebersihan tangan sangat menentukan kesehatan tubuh. Hal ini dinyatakan oleh Ketua Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dokter Agus Dwi Susanto. Organisasi kesehatan dunia, WHO (World Health Organization) juga menyarankan untuk mencuci tangan dengan benar agar dapat mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh. Gerakan cuci tangan dengan sabun kemudian digaungkan oleh Global Handwashing Partnership, sebuah koalisi yang beranggotakan para pemangku kepentingan internasional seperti UNICEF, USAID, dan Bank Dunia.

6. Tidak  Memegang Wajah

Saat berada di luar rumah, Anda akan sulit untuk menjaga kebersihan tangan. Covid-19 dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Memegang wajah menggunakan tangan yang tidak bersih, akan menyebabkan Anda terpapar.

7. Membawa Hand Sanitizer

Hand sanitizer diperlukan karena saat di luar rumah, Anda tidak selalu bisa mencuci tangan dengan air. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen untuk membantu bersihkan tangan Anda.

8. Membawa Peralatan Sendiri

Saat Anda beraktivitas di luar rumah, bawalah barang-barang pribadi seperti alat makan, botol minum, mukena dengan sajadah, serta alat-alat lain sehingga tidak digunakan bersama. Membawa peralatan sendiri dilakukan untuk meminimalkan paparan Covid-19 melalui perantaraan alat-alat tersebut.

9. Menjalankan Kebiasaan Hidup Sehat

Menjaga badan agar tetap sehat dan bugar merupakan hal utama. Dokter Reisa Broto Asmoro menganjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, minum air putih, mencukupi kebutuhan tidur, dan rutin berolahraga. Anda juga dapat melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin.

Nah, Miks. Sudah siapkah Anda menyambut new normal?

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-8

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like