Tetap Sehat dan Bugar? Ini Dia, 10 Tips Sehat dan Bertahan dari Covid-19

Source: pexels.com

 

Apa kabar, Miks?

Saat ini, kita dalam situasi yang tidak menentu. Musibah pandemic Covid-19 menimpa seluruh aktivitas kehidupan di seluruh dunia. Banyak orang menjadi korban, baik secara langsung maupun tidak langsung. Baik dari segi keselamatan,  kesehatan, kesejahteraan, dan ketenangan.  Kepanikan dan ketidaknyamanan yang melanda, malah menyebabkan kondisi tubuh tidak fit dan gampang sakit. Sampai kapan, tidak ada seorang pun yang tahu.

Akan tetapi , hidup harus terus berjalan. Kita masih mempunyai masa depan, anak-anak kita masih harus banyak belajar dan panjang jalannya. Kita tetap harus bahagia kan, Miks?

Ketika Pemerintah menetapkan dari kondisi lock down menuju kondisi New Normal, apa yang harus kita lakukan? Mengingat sampai dengan saat ini pandemic belum berakhir, korban masih terus berjatuhan. Bahkan wilayah yang tadinya sudah tidak ada penambahan lagi, memunculkan lagi kluster baru penularan virus Covid-19.

Maka, kita tetap memberlakukan protokol kesehatan pada masa New Normal ini, dimana kita tetap beraktivitas di masa pandemic ini, seperti memakai masker ketika keluar rumah, membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak ,dan menghindari kerumunan.

Lalu, bagaimana agar kita tetap sehat dan bugar di masa New Normal ini? Menjaga kesehatan adalah wajib bagi kita dan keluarga kita. Menjaga kesehatan diri artinya kita juga menjaga keluarga kita, menjaga kesehatan di lingkungan kita dan menjaga orang lain agar tidak tertular virus Covid-19. Tubuh yang tidak sehat dan tidak fit, akan memudahkan virus menyerang tubuh kita.

 

Nah, Miks, Ini Dia, 10 Hal Untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar!

 

Rajin Berolahraga Secara Rutin

Lakukan olahraga ringan secara rutin dan di tempat yang tidak banyak keramaian. Ya, hindari tempat yang ramai, karena ketika kita berolahraga, masker tidak kita gunakan. Olahraga berjalan kaki, senam di rumah, atau bersepeda santai dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

 

Menjaga Tubuh dengan Makanan Sehat dan Bergizi

Menjaga kesehatan tubuh tidak terlepas dari asupan makanan yang kita santap. Makan yang teratur dengan menu yang memenuhi standar kesehatan, yaitu dengan lauk pauk dan sayuran sesuai porsi gizi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Perbanyak juga makan buah-buahan yang mengandung vitamin.

 

Cukup Istirahat dan Menjaga Pola Tidur

Cukup istirahat dan menjaga pola tidur sangat penting, agar metabolisme tubuh kita tidak terganggu. Dengan cukup istirahat, kita juga lebih segar dan bahagia.

 

Minum Vitamin dan Suplemen untuk Kesehatan

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kita perlu asupan vitamin dan suplemen yang secara rutin dikonsumsi. Meminum madu, propolis, atau lemon akan membantu imunitas tubuh kita dari serangan penyakit, menambah energi dan stamina. Minum vitamin juga akan menambah daya tahan kita serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

 

Tetap Menggunakan Masker Saat Beraktivitas Di Luar

Ketika kita beraktivitas di luar rumah, jangan lupa tetap menggunakan masker dengan cara yang benar, baik masker kain maupun masker medis. Hal ini adalah upaya untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19. Ganti dan cucilah masker kain kita setelah dipakai beraktivitas di luar rumah.

 

Membawa Hand Sanitizer

Bawalah selalu hand sanitizer di tas, agar setiap saat kita bisa membersihkan tangan , ketika tidak ada air dan sabun untuk mencuci tangan.

 

Bersihkan Terlebih Dahulu Barang yang Akan Disentuh

Bersihkan terlebih dahulu permukaan barang yang akan kita sentuh, misalnya datangnya paket, handphone, dompet, sepatu atau sandal, tempat duduk umum, atau tempat cuci tangan di luar.

 

Membawa Peralatan Sendiri

Ketika bepergian, biasakan membawa peralatan sendiri, seperti tempat minum, alat makan, mukena dan sajadah bagi yang muslim. Lakukan hal ini untuk menghindari penyebaran virus.

 

Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan

Saat keluar rumah untuk suatu keperluan, sebaiknya kita menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Sebisa mungkin hindari kontak fisik apabila social distancing tidak bisa kita lakukan. Hal ini merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib kita patuhi dan kita juga tidak mengetahui apakah orang lain sehat atau tidak.

 

Bersyukur dan Bahagiakan Hatimu, Hindari Stres dan Banyak Pikiran

Sudah pasti, bahwa upaya menjaga agar badan kita tetap sehat dan bugar, tentu saja dengan selalu merasa bahagia, dan mensyukuri nikmat Allah.  Jangan terlalu banyak pikiran yang akan menyebabkan stres, bahkan depresi. Kondisi tubuh yang sehat dan bahagia, akan memicu tubuh terasa lebih sehat dan segar. Sebaliknya, kondisi tubuh yang tidak bahagia, stress, dan depresi, akan membuat daya tahan tubuh kita menurun, sehingga akan mudah terpapar virus.

 

Bagaimana, Miks? Mudahkan usaha kita agar tubuh kita tetap sehat dan bugar? Hidup terus berjalan, usaha dan ikhtiar tetap berjalan. Saatnya di masa New Normal ini, kita berjuang melawan virus Covid-19 dari diri kita dan keluarga kita sendiri dengan selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita ya, Miks!

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-8

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like