Yuk, Intip 5 Tips Tetap Sehat dan Bugar di Masa New Normal

Source: pexels.com

 

Halo, Miks!

Kini secara  bertahap  hidup sudah normal di masa pandemi yang masih belum berlalu.  Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yang disebut new normal. New normal merupakan fase ketika aktivitas umum kembali dilaksanakan secara normal namun dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan virus corona.

Dengan kebijakan new normal ini, semua masyarakat diharapkan tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga agar hidup tetap sehat dan imunitas kuat. Lantas tips apa saja yang mampu menciptakan itu semua? Berikut beberapa tips-nya.

 

  1. Perhatikan Asupan Gizi Terbaik

Walaupun kegiatan di luar rumah belum   sebebas sebelumnya namun tidak ada alasan mengabaikan gizi terbaik untuk diri dan keluarga. Gizi terbaik adalah makanam segar bukan makanan instan cepat saji. Usahakan menu  makanan dengan nutrisi penting di dalamnya. Pola makan yang  seimbang dengan mengonsumsi 40-60% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 15-20% protein. Kurangi makanan yang mengandung kalori berlebih dan buatlah variasi dalam menu sehari-hari.

 

  1. Minum Air Putih

Selain asupan  gizi yang  baik, jangan  abaikan   konsumsi air putih  yang cukup. Air  putih  tidak  sekadar menghilangkan rasa  haus tetapi  agar tubuh tidak terkena dehidrasi, membantu memaksimalkan fugsi otak, dan melancarka peredaran darah, hingga kesehatan pencernaan Anda. Mengonsumsi air putih sebaiknya tidak kurang dari delapan gelas per hari.

 

  1. Olahraga Rutin

Olahraga tidak harus yang berat dan di luar rumah. Jika masih enggan ke luar rumah untuk berolahraga dan bertemu  banyak orang,  manfaatkan area di dalam rumah atau   sekitarmya. Misalnya   dengan berjalan kaki  atau berlari kecil. Bisa juga dengan yoga. Yoga sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan pikiran serta tidak memerlukan tenpat yang luas. Bila perlu instruktur, bisa melihat di video-video atau lewat Youtube. Sesekali bersepeda bersama keluarga ke luar rumah bisa juga, tentu saja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tetap menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain.

 

  1. Istirahat yang Cukup dan Menjaga Kebersihan Tubuh

Setelah tiga hal di atas dilakukan hal terpenting lainnya yaitu tidur atau istirahat yang cukup. Jangan tidur terlalu malam walaupun sedang ada jadwal Work from Home (WFH). Tidur terlalu larut malam atau sampai begadang akan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda, apalagi sedang dalam masa pandemi seperti ini. Menjaga kebersihan tubuh juga wajib. Sering mencuci tangan dengan memakai sabun atau  hand sanitizer, dan jangan lupa mandi secara teratur minimal dua kali sehari.

 

  1. Konsumsi Suplemen atau Vitamin jika Diperlukan

Mengonsumsi multivitamin guna membantu menjaga Kesehatan tubuh, tidak ada  salahnya. Anda tidak tahu makanan yang disantap sehari-hari sudah memenuhi gizi yang seimbang atau belum. Boleh ditambahkan dengan minum atau konsumsi multivitamin  sebagai pelengkapnya. Dianjurkan yang mengandung vitamin C dan B Complex. Banyak pilihan dengan harga sesuai kantong Anda tentunya.

 

Itulah  kelima tips untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, bugar, dan kesehatan selalu terjaga. Tetaplah mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga pola makan sehat. Selamat menerpkan pola hidup sehat.

 

#TantanganMenulisMakmoodPublishing

#Day8

#SehatdanBugardiMasaNewNormal

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like