4 Jenis Usaha Anti Baper Di Masa Pandemi

Halo Miks!

Pandemi COVID-19 yang sekarang terjadi di negara kita memang berpengaruh pada gaya hidup masyarakat pada umumnya, terutama masyarakat di kota. Kalau tadinya kita bebas bepergian ke mana saja, makan di mana saja, bikin acara kumpul-kumpul seperti arisan, acara pernikahan, ulang tahun dan lain-lain, sekarang kita tidak bisa lagi melakukan hal-hal tersebut. Kita harus melakukan semua kegiatan sehari-hari seperti belajar, bekerja bahkan berbelanja dari rumah. Tentu saja hal ini akhirnya berpengaruh pada perputaran roda ekonomi di negara kita. Banyak usaha yang terpaksa tutup karena tidak ada pembeli, banyak pegawai yang dirumahkan dan dipotong gajinya, bahkan banyak juga orang terpaksa kehilangan pekerjaan. Ini masa yang cukup berat, tapi karena kehidupan harus jalan terus, kita sebagai manusia yang berakal dan beriman tidak boleh baper dan menyerah, lalu putus asa.

Nah, ternyata tidak semua usaha terpaksa gulung tikar,lo. Ada beberapa jenis usaha yang anti baper dan tetap bisa bertahan di masa pandemi.

Usaha Masakan Siap Saji

Banyak rumah makan dan restoran terpaksa tutup karena mall tempat mereka berada juga tutup. Tapi, warung-warung makan atau usaha rumahan yang menyediakan masakan siap saji tetap bisa bertahan. Ya, karena tidak bisa makan di luar, banyak orang yang beralih ke pemesanan masakan siap saji yang diantar ke rumah. Orang-orang bisa memesan untuk diri mereka sendiri, atau dikirimkan pada teman dan keluarga mereka yang tinggal berjauhan, sebagai tanda kepedulian mereka. Bahkan banyak juga badan-badan amal yang bekerja sama dengan warung-warung makan untuk memberi bantuan makanan pada masyarakat miskin atau yang menjadi miskin karena pandemi ini. Jadi masyarakat bekerja sama dan saling membantu agar bersama-sama bisa bertahan melewati pandemi ini.

Usaha Makanan dalam Kemasan

Selain masakan siap saji, masyarakat mulai tertarik juga untuk membeli makanan dalam kemasan. Makanan ini sudah matang dan dikemas dalam kemasan, sehingga pembelinya tinggal memanaskan sebentar saat mereka hendak menikmatinya. Bahkan ada beberapa makanan kemasan yang bisa langsung disantap. Beberapa pengusaha restoran atau rumah makan mulai membuat dan menjual menu mereka dalam bentuk makanan dalam kemasan, agar mereka tetap mendapat pemasukan dan bisa bertahan.

Usaha Makanan Beku

Bisnis yang satu ini mendadak melonjak peminatnya. Bagi mereka suka memasak sendiri, pilihannya adalah membeli makanan beku atau frozen food. Makanan ini praktis dan tahan lama bila disimpan di lemari pendingin atau freezer. Jadi banyak orang yang membeli dan menyimpannya  sebagai stok bahan pangan di rumah.  Dengan demikian mereka tak perlu pergi berbelanja bahan makanan setiap hari dan tetap bisa membuat berbagai kreasi masakan yang mereka sukai.

Kelas  Pelatihan Daring

Karena banyak yang harus tinggal di rumah, orang-orang yang ingin menambah ilmu dan ketrampilan mereka sekarang banyak yang mengikuti kelas pelatihan daring atau training online. Ini memberi kesempatan bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaan saat pandemi, tapi mempunyai keahlian lain seperti membuat foto, menguasai bahasa asing, memasak, menulis dan lain sebagainya, untuk berbagi ilmu dan keahlian mereka melalui kelas daring. Sekarang banyak kelas-kelas pelatihan daring yang tersedia, sehingga masyarakat tinggal memilih kelas mana yang sesuai dengan bakat dan minatnya.

 

Nah, itulah 4 jenis usaha yang ternyata bisa bertahan di masa pandemi. Bila Anda tertarik untuk memulai bisnis sendiri, Anda bisa mencoba salah satu usaha di atas. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-9

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.