5 Alasan Berbisnis Buku di Masa Pandemi

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Pandemi Covid-19 tidak hanya mengubah kebiasaan, bahkan memutarbalikkan sendi-sendi kehidupan. Berbagai bisnis dan profesi terpuruk akibat adanya lockdown atau PSBB di masa pandemi. Omset bisnis turun drastis, dan karyawan mengalami PHK tanpa pesangon. Hal ini mendorong masyarakat untuk melakukan banyak cara agar pemasukan tetap ada. 

Begitu pula yang terjadi dengan penjualan buku. Saat ini masyarakat mengencangkan ikat pinggang dan lebih fokus memenuhi kebutuhan pokoknya. Membeli buku adalah opsi ke sekian setelah kebutuhan pokoknya terpenuhi. Namun, tidak ada salahnya untuk berjualan buku di masa pandemi. Lima alasan berikut bisa memotivasi kita untuk tetap berjualan buku di masa pandemi. 

1. Pembaca Buku Masih Ada

Anjuran tetap di rumah pada masa pandemi membuat masyarakat tidak dapat melakukan  beberapa kegiatan. Karena ruang gerak yang terbatas, masyarakat jenuh dan mencari kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Membaca buku adalah kegiatan yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, jadi tidak salah bila membaca buku menjadi alternatif pengisi kegiatan yang akan dilirik oleh masyarakat. 

2. Membaca Buku untuk Mengatasi Stres.

Kecenderungan masyarakat mengalami stres di masa pandemi cukup tinggi. Di tengah ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi, masyarakat mencoba mencari jawaban dan obat untuk menghilangkan stres. Salah satunya dengan membaca.

Salah satu motif masyarakat mencari bacaan adalah untuk mengatasi stres. Internet menjadi sumber bacaan pilihan karena ruang gerak terbatas. Namun, tidak selamanya bacaan yang didapat melalui internet bersifat informatif dan memenuhi jawabannya. Membaca buku bisa menjadi alternatif lain untuk mengatasi stres. Jadi, tidak ada salahnya, kan, berbisnis buku di masa pandemi?

3. Memberi Kegiatan Tambahan untuk Anak

Beralihnya kegiatan sekolah ke dalam rumah membuat banyak ibu rumah tangga  kebingungan bagaimana membagi waktu antara mengurus rumah tangga dan mengajari anak. Terkadang karena tugas rumah tangga yang banyak, tugas mengajar menjadi terbengkalai. Anak lebih banyak bermain ketimbang belajar. 

Oleh karena itu orang tua mencari cara bagaimana agar anaknya bisa mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat, tanpa banyak menyita waktunya. Salah satunya dengan menyuruh anak membaca buku. Saat ini banyak, lo, buku anak yang menyajikan permainan interaktif sehingga membaca tidak akan membosankan bagi anak-anak. 

4. Meningkatkan Spiritual

Pada masa sebelum pandemi, masyarakat menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Sehingga banyak yang abai terhadap kebutuhan spiritualnya. Ini berbanding terbalik dengan masa pandemi, tiba-tiba saja masyarakat peduli dengan kebutuhan spiritualnya karena kesenggangan waktu. Hal ini mendorong masyarakat mencari bacaan atau tontonan yang memberikan tuntunan bagi jiwanya. 

Saat ini banyak tontonan bertujuan meningkatkan spititual masyarakat, yang tersebar di internet. Namun, terkadang dengan menoton saja tidaklah cukup. Karena keterbatasan waktu tidak semua hal yang dibutuhkan ada dalam tontonan. Tetap saja, membaca buku menjadi alternatif yang tidak bisa dikesampingkan dalam memenuhi pengetahuan spiritual masyarakat.

5. Mencari Ide

Di masa pandemi, masyarakat dituntut lebih kreatif dalam mengatasi permasalahan hidupnya. Mereka mencoba mencari perhatian yang lainnya agar tujuannya tercapai. Ini mendorong masyarakat menjadi haus informasi, mencari cara-cara baru atau memperbaharui cara yang lama agar lebih segar. Mencari ide-ide kreatif inilah yang menjadi alasan masyarakat banyak membaca buku. 

 

Demikian lima alasan mengapa bisnis buku masih bisa dijalankan di masa pandemi. Pandemi Covid-19 telah membuat perekonomian masyarakat terpuruk. Namun, ada yang merugi ada juga yang mendapat untung karena pandemi. Tetap berusaha mencari peluang, ya, Miks! Berbisnis buku layak untuk dicoba. 

 

Ditulis untuk Tantangan Menulis Makmood Publishing hari ke-9

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like