Ingin Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi ? Simak Tipsnya

Source: pexels.com

Hai Miks!

Anda  punya bisnis apa? Bagaimana kelangsungan  bisnis yang Anda  jalani, di masa pandemi ini.  Rasanya agak sulit mempertahankan bisnis di tengah pendemi ini. Hampir semua bidang dan sektor perekonomian masyarakat tergerus dengan kondisi pandemi. Tetapi usaha di tengah pandemi juga bukan hal yang mustahil.

Keberadaan Virus corona memaksa semua orang mengisolasi diri dan harus tetap di rumah saja agar tidak terkena virus. Semua aktivitas terpaksa terhenti dan menjadi terhambat, begitupun banyak bisnis yang tidak mampu bertahan karena tidak beradaptasi dengan keadaan.

Mengembangkan  dan mempertahankan usaha di saat semua normal saja terasa sulit dan sekarang dihadapkan pada kondisi pandemi, pasti sangat sulit sekali.  Akan tetapi, kita tidak bisa juga hanya berpasrah dengan kondisi. Bisnis di tengah pandemi? Kenapa tidak?

Sebagai pelaku bisnis, apalagi yang berada di daerah yang termasuk kategori zona merah sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus cepat tanggap dan segera melakukan penyesuaian dengan melakukan tips berikut agar usaha Anda bertahan di tengah Pandemi.

  • Berpikir kreatif dalam mengambil langkah dan keputusan apa yang akan dilakukan terkait kelangsungan usaha.
  • Lakukan inovasi terhadap produk, layanan, kemasana ataupun hal lainnya, guna menarik minat pembeli dan meningkatkan daya saing dengan produk lainnya.
  • Pilih mekanisme pemasaran yang tepat, yang sesuai dengan kondisi masa pandemi yang mengharuskan di rumah saja, misal dengan menawarkan layanan pesan antar, layanan service di tempat dan lain sebagainya.
  • Jika memungkinkan, gunakan bermacam channel media sosial untuk promosikan usaha Anda.
  • Lakukan penjualan secara online, tawarkan produk atau layanan melalui media sosial, lalu lakukan transaksi secara online.
  • Gunakan jasa pengantaran online untuk mengantarkan pesanan kepada pelanggan.
  • Cermat melihat peluang mengembangkan usaha dari berbagai sisi
  • Berikan keunggulan terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan, misalnya menu yang lebih bervariasi atau harga yang lebih terjangkau.
  • Utamakan kepuasan pelanggan, agar pelanggan tidak kecewa dan kembali melakukan pemesanan produk atau layanan yang kita tawarkan.
  • Terapkan protocol kesehatan pada layanan yang Anda berikan, misalnya pada layanan service yang datang ke rumah, mekanik dilengkapi masker dan sarung tangan.

Bagaimana Miks? Siap bertahan di tengah pandemi?  Jangan putus asa, percayalah setiap usaha pasti akan membuahkan hasil.

#Tantangan Makmood Hari ke-9

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like