Inilah 8 Kiat Bisnis Online Bagi Pemula

Source: pexels.com

Hello, Miks!

Di masa pandemi ini hampir semua bisnis konvensioal mengalami penurunan omzet karena adanya PSBB. Produktivitas kerja yang tidak maksimal, dikarenakan karyawan harus WFH menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Banyak pengusaha yang akhirnya gulung tikar dan terpaksa harus mem-PHK karyawannya. Karyawan yang terkena PHK harus memutar otak agar bisa bertahan hidup. Dimasa sekarang banyak ditawarkan kursus online dari bidang kuliner, tulis menulis, mejadi reseller, membuka online shop dan masih banyak lainnya. Carilah usaha sesuai dengan hobby dan kemampuan  anda sehingga hasilnyapun maksimal karena dikerjakan sepenuh hati.

Mencoba bisnis online adalah solusi yang tepat, karena keterbatasan aktivitas. Anda bisa memasarkan produk yang  dibuat sendiri seperti membuat aneka makanan kemudian mengupload di instagram, whatsup dan facebook. Memperkenalkan usaha kita lewat dunia maya menjadi ajang promosi yang tepat saat ini. Menjadi reseller  bisa dicoba, reseller dari beberapa marketplace seperti Lazada, Shopie atau produk customer good lain yang mencari reseller.

Miks, inilah beberapa kiat bisnis online bagi pemula yang bisa kita coba sebagai berikut :

  1. Mencari Produk Yang Unik

Di zaman ini produk yang unik baik kemasan, bentuk, rasa akan menarik minat konsumen. Dengan kreativitas sendiri anda bisa menciptakan produk yang berbeda dari produsen lain. Dengan keunikan produk akan meningkatkan omzet penjualan.

  1. Mengetahui Target Pemasaran

Melakukan riset pemasaran, pasar mana yang hendak dituju

Contoh : Souvenir pernikahan sasarannya adalah pasangan yang hendak menikah oleh karena itu sering mengikuti pameran wedding maka konsumen akan mengenal produk kita.

  1. Menguasai Marketing Online

Harus belajar bagaimana mengoperasikan teknologi internet. Penggunaan whatspp, facebook ads, instagram menjadi media promosi online. Kita bisa menjaring konsumen dari media sosial dari berbagai kota bahkan sampai luar pulau. Zaman sekarang konsumen lebih memilih belanja online, sebagai produsen yang cerdas harus bisa menangkap peluang tersebut dan dijadikan ladang rezeki.

  1. Testimoni

Pelanggan yang sudah membeli produk anda bisa dijadikan testimoni bagaimana mereka menggunakan produk yang sudah dibeli. Apakah menyukainya?, Puas dengan produk dan layanan kita?. Bisa diupload di halaman lapak anda, sehingga konsumen baru merasa nyakin untuk membeli produk kita.

  1. Terus Berinovasi

Mengeluarkan produk baru secara kontinue supaya konsumen tidak bosan dengan produk lama. Memberi pilihan kepada konsumen akan produk yang akan dibeli.

  1. Packing Yang Unik

Mencari kemasan atau packaging yang unik dan menarik dari lainnya. Kemasan yang bagus kadang lebih unggul meskipun produknya tidak lebih bagus daripada kemasan biasa. Untuk itu sebagai pemilik usaha harus memahami keinginan konsumen.

  1. Memberikan Discount/Promo

Di saat tertentu memberikan discount khusus untuk pembelian lebih dari berapa buah akan menarik minat konsumen, produk lama diberikan discount supaya stock cepat habis dan berganti model baru. Konsumen akan terpancing untuk melakukan pembelian jika konsumen memberikan discount khusus.

  1. Ketepatan Pengiriman

Bisnis online harus didukung dan bekerjasama dengan jasa pengiriman. Pemilik usahan harus mencari partner pengiriman yang bisa dipercaya. Karena ketepatan pengiriman menjadi kepuasan tersendiri bagi konsumen untuk membeli barang dari toko online kita.

Dengan memanfaatkan HP dan laktop yang kita punya kita bisa mulai dengan bisnis online. Zaman sudah berubah, kecanggihan teknologi yang berbasis internet harus anda kuasai. Banyak belajar dan mengikut perkembangan zaman supaya tidak tertinggal. Dengan kondisi pandemi seperti ini mereka yang update teknologi lebih bisa survive.Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like